Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Manusia Menjaga dan Melestarikan Alam?

Hallooo, Assalamu’alaikum wr.wb teman-teman online ku. Jumpa lagi bersama saya, tentunya dengan pembahasan yang berbeda ya. 
Bagaimana Cara Manusia Menjaga dan Melestarikan Alam? Mar'atus Sholikah

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara manusia menjaga dan melestarikan alam itu? Karena mengingat seiring bertambahnya jumlah manusia dan berkembangnya zaman, semakin banyak manusia yang kurang bisa bahkan tidak bisa menjaga alam ini.

Tak jarang juga anak muda yang sering merusak alam. Padahal kita kaum muda sebagai generasi penerus bangsa seharusnya dapat menjaga alam sekitarnya. Contohnya saja sering membuang sampah sembarangan.

Kalau ini mah menurut saya tidak hanya anak muda saja, tetapi hampir dari semua kalangan, termasuk ibu-ibu juga sering membuang sampah rumah tangga ke sungai yang dapat mengakibatkan banjir. Lalu contoh berikutnya yaitu penebangan hutan secara liar, penambangan yang ilegal, penangkapan ikan menggunakan bahan peledak, dan masih banyak lagi.

Contoh-contoh di atas tersebut sudah pasti menyebabkan kerusakan pada alam, yang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan, mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Oleh karena itu, bagi kalian-kalian yang belum tahu cara menjaga dan melestarikan alam.

Saya di sini akan memberitahu cara-cara apa saja sekarang juga. Tapi kalian harus janji, setelah membaca tulisan saya ini, kalian harus wajib hukumnya untuk menjaga dan melestarikan alam di sekitar kalian!

Bagaimana Cara Manusia Menjaga dan Melestarikan Alam?

  1. Membangun therasering dengan menanam bermacam-macam pohon di berbagai daerah yang susunan tanahnya miring, guna mengantisipasi terjadinya tanah longsor yang dapat merugikan dan membahayakan warga sekitar.
  2. Melakukan tebang pilih, jika suatu perusahaan dirasa benar-benar butuh bahan dari hutan seperti kayu, maka harus melakukan proses tebang pilih agar tidak menimbulkan masalah yang serius dan juga kelestarian hutan tetap terjaga.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan, yaitu dengan melakukan kerja bakti di sekitar pemukiman warga,  supaya dapat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan terjaga. Sekarang juga banyak komunitas pecinta alam yang sering mengadakan bersih hutan, pantai, dan lain-lain. 
  4. Larangan  penebangan pohon secara liar, dampak penebangan liar selain dapat merusak alam juga menyebabkan pendapatan negara menurun, hilangnya kesuburan tanah, sumber daya air menurun, keanekaragaman hayati perlahan akan punah, banjir, global warning dan masih banyak lagi.
  5. Melakukan reboisasi yaitu melakukan penghijauan kembali. Tujuannya untuk mengurangi polusi udara, melestarikan hutan yang tandus, dan juga dapat mencegah terjadinya longsor.
  6. Menjaga ekosistem laut. Laut merupakan sumber kekayaan di Indonesia dengan jumlah ikan yang melimpah yang kemudian dijual dan diekspor ke negara-negara lain. Oleh karena itu kita perlu menjaga ekosistem laut. Kita juga harus mengingatkan para nelayan agar tidak menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan. Hal tersebut dikarenakan akan merusak dan merugikan ekosistem laut. Bagi para nelayan yang melakukan hal tersebut, sebaiknya diberi sanksi yang tegas agar jera.
  7. Mendaur ulang sampah dengan memanfaatkan sampah-sampah yang dapat digunakan untuk kerajinan. Selain itu juga ramah lingkungan dan dapat mengasah kreativitas kita dalam membuat karya, yang nantinya juga dapat bernilai jual tinggi.
  8. Menghindari perburuan liar. Demi menjaga populasi hewan-hewan langka yang semakin hari semakin berkurang karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak punya hati. Sebisa mungkin membentuk anggota-anggota yang bertugas  untuk mengawasi dan menjaga di tempat-tempat yang sering terjadi perburuan liar.
  9. Mengolah limbah. Sebaiknya limbah pabrik dan rumah tangga sebisa mungkin untuk diolah atau dibuang ke tempatnya. Karena apabila limbah-limbah tersebut dibuang ke sembarang tempat seperti sungai, selokan, tentunya akan mengakibatkan pencemaran lingkungan dan juga pasti berdampak buruk bagi kelestarian alam dan kesehatan. Karena pemukiman warga yang tinggal di dekat sungai, sebagian besar menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mandi, dan lain-lain.
Cukup sekian pembahasan tentang bagaimana cara manusia menjaga dan melestarikan alam.

Semoga bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat alam di sekitar kalian. Sampai jumpa di pembahasan-pembahasan berikutnya.

Penulis: Mar'atus Sholikah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani