Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Kingdom Animalia

Kingdom Animalia

Pengertian Kingdom Animalia

Kingdom animalia berasal dari bahasa inggris yaitu kingdom yang artinya kerajaan dan animal yang artinya binatang. 

Klasifikasi Kingdom Animalia

Kingdom animalia ini bisa juga di sebut dengan kumpulan dari binatang binatang. Baik uniseluler atau multiseluler baik vetebrata atau invetebrata.


Ciri ciri Kingdom Animalia

  • Memiliki banyak sel (multiseuler)
  • Memperoleh makanan dari individu lain (heterotrof)
  • Membutuhkan oksigen unutk bernafas
  • Kebanyakan Mimiliki alat gerak berupa otot dan kerangka
  • Kebanyak berkembang biak secara seksual dan ada sebagian filum yang berkembang biak secara aseksual
  • Ber sel diploid ketika dewasa 2n

Klasifikasi Kingdom Animalia

Kingdom animalia sendiri terbagi menjadi 2. Yaitu vetebrata (bertulang belakang) dan invetebrata (invetebrata)

1. Vetebrata

Vetebrata ialah binatang yang mempunyai tulang belakang hewan ini sering kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari. Karena hewan ini merupakan hewan yang multi seluler dan kasat mata.umumnya hewan vetebrata di bagi menjadi 5.

Pisces

Kelompok  ini merupakan hewan yang hidup nya di air. hewan pisces biasanya mempunya ciri-ciri: sisik yang menutupi bagian luar tubuhnya atau disebut rangka exsoskeleton, bernafas dengan insang.

Hewan ini termasuk hewan berdarah dingin kara suhu tubuhnya mampu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar, Mempunyai sirip yang digunakan sebagai alat gerak ketika berenang.

Amphibi

Hewan amfibi ini merupakan hewan yang hidup di dua alam yaitu di darat dan di air. 

Hewan ini akan menaruh telurnya di ari dan ketika telur mulai menetas menjadi kecebong, kecebong akan hidup di air hingga dia menjadi dewasa. 

Kecebong bernapas dengan insang, setelah kecebong berubah menjadi katak dewasa maka insang yang di miliki akan terreduksi dan akan menghilang sehingga diganti oleh paru-paru.

Reptile

Reptile atau sering disebut juga hewan melata mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. 
  • di bagian luartubuhnya di lapisi oleh sisik seperti pisces, 
  • mampu bertahan di daerah yang panas seperti gurun, 
  • sebagian reptile ini bersifat autotomi atau dapat memutuskan ekor nya ketika dia merasa terancam dari musuh. 
  • berkembang biak dengan cara bertelur.


Aves

Aves atau bias di sebut dengan burung mempunyai ciri ciri sebagai berikut:
  • mempunyai bulu yang menutupi tubuhnya, hewan ini merupakan hewan yang berdarah panas (homoiterm), 
  • mempunyai kantung udara (saccus peneumaticus) berfungsi sebagai alat respirasi ketika terbang, 
  • membungkus organ dalam dan menjaga organ dalam agar tidak kedinginan. 
  • hewan aves ini menghasilkan keturunan  dengan cara bertelur.


Mamalia

Mamalia atau seringdi sebut hewan menyusui. Mengapa demikian karena hewan ini memiliki kelenjar mamae. Ciri dari hewan ini adalah: memiliki kelenjar susu, di bagian tubuh nya tertutup oleh rambut. 

Mamalia ini terbagi menjadi beberapa bagian ada yang bertelur, ada yang melahirkan, ada yang mempunyai kantung.

2. Invetebrata

Invetebrata atau sering di sebut hewan tidak bertulang belakang

Porifera 

Porifera atau seriing juga di sebut hewan berpori. Hewan ini berproduksi secara aseksual, dan tuubuh berpori, serta memperoleh makanan dengan cara mnyaring makanan dari ari yang masuk ke pori porinya.

Colenterata (hewan berongga)

Habtita hewan ini kebanyakan terdapat di laut, pase hidupnya terbagi menjadi 2 bgaian ada polip dan medusa dan berproduksi secara aseksual dengan membentuk tunas polip secara seksual dengan cara membentuk gamet oleh medusa.

Platyhelminthes

Hewan ini juga sering disebut dengan cacing pipih, bentuk tubuhnya luak, tidak betulang belakang, kebanyakan hidup di air dan kebanyakan hidupnya sebagai parasit.

Nemathelmintes

Hewan ini biasa disebut denga cacing giling. Hewan ini memilki salura pencernaan yang sangat baik, tidak ada system peredaran darah, hidup sebagai parasit di tubuh manusia. Contoh cacing keremi.

Anelida

Annelida adalah hewan bertubuh lunak, tubuhnya simetris bilateral, dikelompokkan dalam tiga kelas: cacing tanah dan cacing air tawar (Oligochaeta), lintah (hirudineans), dan cacing laut (polychaetes).

Habitatnya di mulai dari dasar laut dalam gletser sampai gunung yang tinggi. Mereka hidup di habitat yang terlindungi seperti lumpur, pasir, dan celah-celah batu, dan dalam hewan invertebrata lainnya, seperti pada spons.

Molusca

Jenis hewan yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, dimana bentuk dari tubuh ini memiliki tubuh yang sangat lunak. 

Namun hewan ini memiliki ke unggulan tersendiri yaitu biasanya hewan ini memiliki cangkang sebagai perlindungan, dan jenis hewan ini misalnya : siput, kerang, sotong, cumi cumi dan Chiton

Echinonermata 

Ehinodermata adalah binatang berkulit duri yang hidup di wilayah laut dengan jumlah lengan lima buah. Beberapa organ tubuh echinodermata sudah berkembang dengan baik.

Tubuh ditutupi duri yang tersusun atas zat kapur, memiliki daya regenerasi yang tinggi, hidup di laut, berkembang biak secara kawin yang pembuahannya diluar tubuh. Contoh : Bintang laut, Landak laut, Bintang ular, lili laut, teripang.

Arthropoda

athropoda yaitu hewan dangan tubuh beruas yang biasanya bersatu menjadi dua atau tiga daerah yang jelas, Filum Artropda juga dikenal dengan sebutan hewan berbuku-buku. 

Filum Artropoda terbagi menjadi beberapa kelas, diantaranya adalah Chelicerata (laba-laba, tungau, kalajengking), Myriapoda (lipan), Krustasea (kepiting, lobster, udang) dan Hexapoda (serangga).


Penulis: Andra Rikhza Hamdani