Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Senin Kamis

Assalamu’alaikum sahabat seperjuangan, bertemu dengan saya lagi, semoga kalian tidak bosan-bosan untuk membaca artikel saya. Kali saya akan membahas tentang manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan. Pasti kalian semua pada penasaran kan apa sih manfaat dari puasa senin kamis?

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Disini saya akan mengulas tentang manfaat puasa senin kamis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pasti kalian mengira kalau puasa itu tidak ada manfaatnya karena hanya membuat kalian lapar dan haus saja. Yuk baca artikel dibawah ini!

Definisi Puasa

Arti dari puasa yaitu menahan, menahan dari sesuatu yang membatalkan, disertai dengan niat mulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari.Puasa merupakan amalan yang utama setelah ibada sholat, karena pada saat menjalankan puasa seseorang itu akan terhindar dari godaan syahwat yang berkaitan dengan dunia.

Manfaat puasa bagi kesehatan

Meskipun yang kita tahu puasa itu hanya dijalankan saat bulan ramadhan, tetapi puasa sunnah juga sangat dianjurkan oleh Nabi kita Muhammad. Karena dengan kita menjalankan anjuran Rasulullah kita bisa menjadi peyempurna iman kita. 

Dengan adanya puasa senin-kamis bisa menyempurnakan puasa-puasa wajib yang tidak sempurna. Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk melaksanakan puasa senin-kamis, karena rasululah juga selalu mengamalkan puasa senin-kamis itu. 

Beberapa manfaat puasa senin kamis:
1. Menjadikan perisai untuk kejiwaan
2. Relatif menyehatkan
3. Dapat melatih kedisiplinan diri

Puasa senin kamis  juga dapat memberi manfaat kesehatan pada tubuh yaitu:
1. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan kita
2. Meurunkan kadar lemak yang ada didalam tubuh kita
3. Mampu mengendalikan hawa nafsu
4. Menjaga berat badan agar tetap ideal
5. Menjaga daya ingat agar tetap optimal
6. Mengoptimalkan fungsi usus
7. Mengurangi resiko serangan jatung
8. Mencegah pertumbuhan sel kanker
9. Mencegah penuaan dini.

Keutamaan puasa Senin Kamis

Berikut keutamaan didalam puasa senin dan kamis:
1. Pada hari senin dan kamis pintu-pintu di surga dibukakan
2. Pada hari senin dan kamis merupakan hari lahirnya Nabi Muhammad dan Hari pertama Nabi Muhammad menerima wahyu
3. Pada hari senin dan kamis Rasulullah sering melakukan perjalanan
4. Puasa pada hari senin dan kamis menjauhkan kita dari penyakit dan dapat menjaga kecantikan kita sebagai kaum hawa.
5. Pada hari senin kamis adalah hari dimana amalan akan disetorkan kepada Allah Swt.

Keistimewaan puasa Senin Kamis

Beberapa keterangan yang menjelaskan bahwa dianjurkannya untuk berpuasa senin-kamis karena pada hari Senin adalah hari kelahiran Rasulullah Saw. Dan pada hari kamis itu  terdapat peristiwa dimana, bahwa pada hari kamis terjadi pemeriksaan amalan manusia dan diperiksa oleh Allah Swt.

Puasa Senin Kamis

Sebab didalam puasa senin-kamis tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi baik pula untuk amal kita. Semakin kita sering melakukan puasa senin-kamis berarti kita sayang kepada tubuh kita. Karena didalam organ pencernaan juga harus kita jaga untuk tidak selalu memakan makanan terus. 

Organ pencernaan juga membutuhkan istirahat agar sisa-sisa makanan yang ada didalam perut kita tidak selalu menggiling makanan selalu. Allah Swt memberikan hadiah kepada orang-orang yang melaksanakan puasa senin kamis berupa pahala secara langsung bagi orang yang menjalankannya.


Author: Siti Maesaroh