Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Yuk Pahami Ginjal Kita

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Assalamu’alaikum kawan-kawanku yang senantiasa semangat untuk menambah ilmu baru, kali ini kita akan membahas tentang organ tubuh manusia yang sering diperjual belikan olah beberapa orang, yaitu ginjal. Jadi mari simak baik-baik.

Pengertian Ginjal

Ginjal merupakan organ yang terletak di bawah tulang rusuk. Bentuknya seperti kacang dengan warna merah keunguan. Ginjal memiliki besar seperti kepalan tangan atau lebih tepatnya memiliki ukuran panjang sekitar 11 cm, lebar 5 cm, tebal sekitar 4 cm, dan berat sekitar 130-170 gram.

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Namun tidak semua orang memiliki ukuran dan berat ginjal seperti yang telah dijelaskan. Karena berat ginjal juga dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, dan ukuran tubuh.biasanya, setiap manusia memiliki 2 ginjal yang terletak di sisi kanan dan sisi kiri. 

Namun ada beberapa kelainan yang menyebabkan manusia hanya memiliki satu ginjal atau yang satunya tidak berfungsi.

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal


Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang dimiliki oleh manusia tentunya memiliki fungsi yang sangat penting. 

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Fungsi-fungsi tersebut antara lain:
1. Menyaring darah
Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh, darah mengalami proses penyaringan di ginjal, khususnya di bagian nefron. Sisa proses penyaringan akan dibuang bersamaan dengan urin.

2. Membentuk urin
Urin yang yang terdiri dari air, urea, dan amoniamengandung  zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Karenanya, demi lancarnya sekresi cairan, kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal kita.

3. Mengatur kadar asam dan basa tubuh
Jika jumlah salah satu dari asam atau bas dianggap telah melebihi batas normal, maka ginjal akan membuangnya bersamaan dengan urin. 

4. Mengontrol tekanan darah
Hormon yang dihasilkan ginjal yaitu, renin dan angiotensin memiliki funsi untuk mengatur tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan fungsi ginjal yang sangat berkaitan dengan tekanan darah pada tubuh kita. Jika ginjal berfungsi baik, tentu tekanan darah akan lebih terkontrol.

5. Merangsang pembentukan sel darah merah
Fungsi ginjal selanjutnya ialah untuk memproduksi hormon eritropoietin. hormon ini yang akan merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.

6. Menjaga kesehatan tulang
Fungsi ginjal lainnya adalah turut dalam produksi calcitriol, zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.

7. Menjaga jumlah air dalam tubuh
Meskipun tubuh kita di dominasi oleh air, namun jumlah air yang terlalu tinggi justru dapat memengaruhi konsentrasi darah. Fungsi ginjal lainnya kemudian menjalankan fungsi osmoregulasi yaitu dengan membuang kelebihan air pada tubuh kita  dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.

8. Mengatur jumlah kalium dalam darah
Tahukah kalian, bahwa jumlah kalium yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akna mengganggu kesehatan tubuh kita, jika jumlah kalium terlalu banyak, maka kalian akan mengalami kondisi bernama hiperkalemia yang dapat berakibat kerja otot jantung melambat, bahkan hal tersebut bisa berujung pada kematian.

Sedangkan, apabila kalium pada tubuh kita terlalu rendah, maka otot tubuh akan melemah sehingga kita akan lebih mudah mengalami kondisi kelelahan. Oleh sebab itu ginjal yang berfungsi untuk menjaga jumlah kalium yang ideal agar tubuh dapat bekerja dengan normal.

9. Mengendalikan kadar gula darah
Fungsi ginjal sangat erat kaitannya dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Fungsi dari kedua hormon tersebut antara lain, jika insulin bekerja untuk menyetabilkan kadar gula yang tinggi pada tubuh kita, maka adrenalin yang akan bertugas untuk meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.

10. Mendaur ulang zat dalam tubuh
Fungsi ginjal terakhir yang harus kalian ketahui yaitu untuk mendaur ulang zat yang ada di dalam tubuh. Glukosa, asam amino, dan garam merupakan beberapa zat yang didaur ulang oleh ginjal. Jika zat tersebut sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh, maka zat tersebut akan dibuang bersamaan dengan urin. Namun, bila zat tersebut masih dibutuhkan tubuh, maka akan langsung diedarkan kembali bersamaan dengan darah.

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit Yang Menyerang Ginjal

Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang ginjal kita yang disebabkan karena kita yang tidak menjaga ginjal kita atau juga dapat disebabkan penyakit keturunan. 

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal


Penyakit-penyakit tersebut antara lain:
1. batu ginjal
2. kista ginjal
3. uremia
4. asidosis
5. caliectasis
6. nefritis akut
7. hidronefrosis
8. pielonefritis
9. glomerulonefritis
10. sindrom nefrotik
11. penyakit ginjal kronis
12. penyakit ginjal polikistik
13. infeksi saluran kemih
14. gagal ginjal

Ginjal: Pengertian, Fungsi, Kalainan Ginjal, Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang ginjal, oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan ginjal kita agar tidak terkena penyakit seperti yang disebutkan diatas. Baiklah kawan semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang organ ginjal, terima kasih. Salam literasi !!!

Penulis : Moh. Rizky Perdana Ardiansyah