Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Optimasi SEO WordPress: Meningkatkan dan Gratis


9 Cara Optimasi SEO WordPress: Meningkatkan dan Gratis

Menurut Wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. Sumber lain menjelaskan bahwa WordPress merupakan suatu layanan Content Management System yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis online seperti forum atau company profile, took online, blogging, portal berita dan hal lainnya. WordPress dipilih karena memiliki keunggulan yang lumayan baik dibanding cms lainnya.

Keunggulan wordpress antara lain adalah merupakan cms fantastis, open source dan juga gratis. Dengan gratisnya wordpress dan fitur nya yang bagus hal ini merupakan alasan mengapa wordpress dipilih oleh beberapa kalangan karena memang sangat cocok bagi kalian yang ingin berbisnis online menggunakan cms.

Terkhusus bagi kalian yang menekuni bidang blogging pasti sudah tidak asing dengan istilah wordpress. WordPress biasanya dipilih untuk ngeblog karena penggunannya yang gampang dan juga fitur nya yang lebih asik dibanding platform lain. Namun perlu anda ketahui tidak hanya cukup dengan posting artikel saja namun suksesnya ngeblog juga didukung oleh SEO yang bagus. Nah wordpress memang sudah dikenal dengan platform yang memiliki SEO yang bagus.


Namun masih ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi untuk lebih mengoptimalkan SEO pada blog kita. Berikut saya akan menjelaskan Cara SEO WordPress Yang Paling Mudah dan Ampuh serta sudah terbukti memang bisa berefek ke blog kita jika anda melakukannya dengan telaten. Berikut saya akan menjelaskan caranya simak caranya dibawah ini ya.


9 Cara Optimasi SEO WordPress: Meningkatkan dan Gratis


#1. Mengatur Permalink

Untuk mengatur URL terbilang cukup penting juga agar URL dapat dibaca dengan baik oleh mesin pencari ( Search Engin Firendly ) atau biasa disingkat dengan SEF. Caranya pun mudah hanya dengan mengatur nya di permalink settings dan menambahkan /%category%?%postname%/ pada custome structure tepatnya setelah link utama blog kita.


#2. Menginstall Plugin All in One SEO Pack untuk SEO

Sebelum menginstall plugin ini pasti judul halaman artikel anda dan postingannya menjadi default untuk judul tag html nya dan juga meta deskripsi serta keyword pasti belum ter setting. Sedangkan meta tag keyword dan deskripsi merupakan hal yang tergolong penting untuk diatur. Oleh karena itu dengan menginstall plugin ini kalian bisa menyesuaikan keyword dan deskripsi semaksimal mungkin.


#3. Memberi Nama Gambar Agar Seo

Suatu postingan tidak hanya harus dimaksimalkan artikelnya. Gambarnya pun harus diberikan nama yang cocok dan pas agar menjadi seo friendly dan juga bisa terdeteksi oleh mesin pencari dengan baik. Pada gambar ada beberapa attribute penting yang harus diisi. Pada gambar attribute yang harus diisi adalah title dan alt. Alt diisi untuk perantara mesin pencari menemukan gambar kita sehingga sangat diwajibkan sekali untuk mengisinya. Untuk mengisi nya anda bisa dengan menggunakan plugin SEO Friendly Images.



#4. Memasukan URL Ping Otomatis

Fungsi URL ping adalah untuk mempercepat blog anda muncul di pencarian hal ini tentunya sangat menguntungkan jika kalian ingin blog maupun artikel yang kalian publish cepat di index mesin pencari. Jika kalian melakukan pembaruan ke artikel maupun blog otomatis jika kalian sudah memberi URL ping maka url tersebut juga otomatis akan bekerja memberitahukan kalau situs anda telah melakukan hal baru.



#5. Mengganti Nama Kategori yang Uncategorized

Jika anda memposting artikel di wordpress otomatis kategori yang muncul adalah uncategorized dan jika tidak diganti dampaknya bisa fatal dan berpengaruh ke mesin pencari sehingga artikel atau blog anda bisa tidak terdeteksi atau terdeteksi mesin pencari nya bisa lelet. Dan untuk menggantinya cukup mudah caranya adalah ke menu post lalu pilih categories kemudian klik quick edit atau bisa juga edit cepat jika dalam versi bahasa indonesianya dan rename sesuai dengan apa yang anda inginkan.

#6. Menginstall Plugin XML Sitemaps

Selain menggunakan ping memasang plugin untuk Google XML Sitemaps juga berpengaruh pada artikel kita agar cepat terdeteksi di mesin pencarian. Cara memasangnya pun sangat mudah. Jika anda sudah berhasil memasang sitemap di blog anda maka langsung saja masukan sitemap tersebut dan daftarkan ke webmaster tools milik bing dan google supaya cepat terdeteksi.


#7. Mengatur Privasi Situs

Fitur ini disediakan oleh wordpress untuk kalian yang masih dalam tahap pembangunan blognya. Jika kalian tidak ingin blog kalian yang masih dalam masa pembangunan di review oleh google maka aturlah pengaturan ini agar google tidak akan mengindeks situs kita sampai kita benar benar memberikan izin untuk bisa di indeks. Caranya adalah pada pengaturan Search Engine Visibility memberi tanda centang memberi tanda bahwa situs anda belum siap untuk di indeks google sedangkan menghilangkan tanda centang menandakan bahwa kalian siap jika blognya di pantau dan di indeks oleh google.


#8. Menggunakan Google Analytics

Google analytics digunakan untuk anda melihat traffic blog anda. Disini kalian bisa melihat berapa pengunjung yang mengunjungi situs kalian. Kata kunci apa saja yang sering dibuka oleh pengunjung dan lain sebagainya. Jadi bisa dikatakan google analytics digunakan untuk memantau traffic di blog kita dengan mudah.


 #9. Tulis Artikel Original

Ini salah satu kunci utama artikel kita bisa one page google. Dengan artikel kita onepage google, maka peluang kita akan semakin tinggi dalam menaikan peringkat web kita.




(www.mastekno.com)