Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menata Foto pada Dinding Ruangan


Dinding rumah tidak hanya dapat dihiasi dengan wallpaper unik, cat dinding berwarna-warni, ataupun ornamen ukir di dinding. Dinding juga dapat dihiasi dengan lampu, jam, ataupun berbagai barang yang dapat digantungkan. Nah salah satu yang menarik tentunya ketika dinding rumah dihiasi dengan foto ataupun gambar lukisan. Tidak hanya sebagai hiasan, berbagai foto tersebut juga memberikan flashback kenangan pada saat foto itu diambil.


Tentunya penataan foto dan gambar di dinding juga perlu diperhatikan. Tidak sekedar tertempel di dinding rumah, namun juga harus dapat disusun cantik dan menarik. Penyusunan dan penataan yang tepat akan membuat mata nyaman untuk memandang sekaligus untuk menikmati gambar tersebut.

Ruangan yang dihiasi dengan dinding dan furniture serba putih, dapat dipercantik dengan pigura ataupun gambar yang juga memiliki warna monoton putih dan hitam. Sehingga pigura gambar itu telihat tersamarkan dan juga menonjol di saat yang bersamaan.

Tangga pada rumah merupakan salah satu tempat yang cocok untuk meletakkan foto-foto keluarga di dinding. Pigura foto disesuaikan dengan warna yang terdapat pada ruang tersebut yaitu warna gelap. Foto-foto pun jadi terlihat menonjol di dinding yang putih.

Tidak sekedar foto keluarga yang terlihat bahagia saja, dengan membuat foto yang unik, juga dapat menghias dinding di rumah.

Foto disusun secara sejajar dan rapi, bisa mempercantik keseluruhan ruangan. Pigura berwarna putih dipadukan dengan foto-foto tempat ikonik saat kamu travelling. Jadi mengingatkanmu akan kenangan tempat tersebut.

Penyusunan foto landscape dan potrait saling dipadukan sehingga membentuk pola tertentu dan tetap terkesan rapi. Ukuran foto akan lebih baik lagi jika kamu sesuaikan dengan tempat yang akan kamu hias. Penataan foto dan ukurannya disesuaikan dengan letak dan ukuran sofa.

Foto lamamu dengan ukuran 4R ataupun foto hasil kamera polaroid pun juga bisa kamu gunakan untuk memperelok dindingmu. Dengan meletakkan tali pada dinding dan membentuk suatu pola, tali tersebut dapat digunakan untuk meletakkan foto dengan cara dijepit. Menarik dan juga mempercantik ruangan.

Kembali lagi dengan penataan foto di areatangga. Susunan foto berundak seperti anak tangga akan terlihat atraktif dan juga menyesuaikan pandangan orang ketika melihat ke arah foto. Sehingga tinggi foto akan tetap nyaman di pandang mata.

Untuk yang sayang sekali dengan anaknya, meletakkan foto anak dari kecil akan menyimpan memori tertentu. Selain itu akan menimbulkan suasana yang lebih akrab di antara anggota keluarga. Disusun rapi dengan bentukan foto persegi.

Lorong rumah yang biasanya terasa membosankan dapat kamu hias dengan berbagai foto yang ditempelkan pada kedua dindingnya. Orang yang melewati lorong ini tentunya akan dihibur dengan pemandangan yang menarik yang membuatnya menikmati galeri foto mini di rumahmu.

Jika dari tadi membahas pigura foto yang selaras dengan tema ruangan, penataan satu ini terbilang cukup berani. Dengan meletakkan berbagai warna pigura akan membuat ruangan jadi terlihat menyenangkan dan juga ceria. Jadi terkesan lebih dramatis juga kan dengan foto hitam putihnya.

Foto-foto dengan ukuran kecil berisikan foto keluarga yang keseluruhannya disusun menjadi bentuk hati. Susunan ini akan menunjukkan betapa berharganya orang-orang di dalam foto tersebut. Bentukan ini merupakan salah satu ekspresi kasih sayangmu untuk keluarga.

Susunan foto yang juga dipadukan dengan jam dinding, akan terlihat unik. Letakkan foto orang-orang kesayanganmu pada arah jam tertentu dan habiskan waktu bersama mereka.

Pigura dalam pigura seperti pada gambar diatas akan memberikan ilusi bahwa lukisan yang dipajang terlihat besar dan megah. Padahal pigura terluar hanya berupa bingkai kayu saja yang menyatu padu dengan dinding ruangan.

Foto yang diletakkan di dinding yang bergambar pohon cukup menarik untuk diterapkan. Selain menunjukkan silsilah keluarga, bentukan seperti ini juga dapat mengajarkan kepada anak untuk mengenal keluarga besarnya. Penyusunan foto pun diletakkan pada gambar ranting di pohonnya.

Susunan sembilan foto memang selalu tepat untuk membuat rumah jadi lebih hidup. Foto-foto anak semasa kecil dan beranjak dewasa dipajang dan dilengkapi dengan kata-kata motivasi. Memberikan semangat tersendiri untuk orang tua ketika melihat foto-foto tersebut.


Jika ukuran fotomu berbeda-beda, kamu perlu meletakkan foto dengan ukuran paling besar di bagian tengah dinding. Hal ini orang terbiasa memfokuskan satu hal ketika memandang secara sekilas pada sebuah ruangan entah itu pada benda yang mencolok, besar ataupun tepat berada di tengah ruangan. Dengan meletakkan foto ukuran besar di tengah, fokus pada ruangan tidak akan terbagi-bagi. Jangan lupa juga foto lainnya disusun mengikuti foto yang menjadi center dinding.


Penyusunan foto yang simetris dan beragam juga cukup menarik kamu letakkan di kamarmu. Foto dibuat tidak memenuhi keseluruhan pigura dan disesuaikan ukurannya. Tidak hanya sekedar tertempel pada dinding namun juga tertumpuk dengan pigura yang lebih kecil di atasnya. Memberikan nuansa berbeda dari penyusunan pigura pada umumnya.

Cara penataan foto pada dinding ruangan rumah dan beberapa inspirasinya bisa Anda melihatnya di sini.