Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan dan Membersihkan Stiker pada Kaca Mobil

Berbagai alasan mengapa orang menempel stiker di mobil. Sebagai tanda pengenal, promosi bahkan guyonan. Ada kalanya kita ingin mengganti atau melepas stiker tersebut. Cara melepas stiker di kaca mobil harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak lapisan kaca. Terdapat beberapa metode melepas stiker mobil.

Mulai dari menggunakan produk-produk khusus hingga menggunakan bahan rumahan. Terdapat dua bagian dalam proses cara menghilangkan stiker di kaca mobil, yaitu melepas bagian kertas stiker dan membersihkan sisa-sisa perekat yang menempel di kaca.

Terdapat banyak sekali jenis stiker yang dapat digunakan untuk ditempel di kaca, khususnya kaca mobil. Tapi pada umumnya stiker terbuat dari bahan vinil (plastik) dan kertas kedap air.

Stiker yang terbuat dari bahan apapun akan menggunakan cara dan bahan-bahan yang sama untuk dibersihkan. Bahan-bahan pembersihnya pun beragam, dari produk khusus pembersih kaca mobil hingga menggunakan bahan-bahan rumahan.

Anda sedang mencari cara melepas stiker di kaca mobil? Ikuti cara menghilangkan stiker di mobil berikut.

Langkah-langkah penting

  1. Jangan melepas stiker secara paksa karena akan meninggalkan bekas-bekas yang akan lebih sulit untuk dibersihkan.
  2. Gunakan sarung tangan karet ketika menggunakan cairan pembersih yang kuat.
  3. Jika cairan agen pembersih yang sudah disebutkan tidak ampuh dalam membersihkan stiker, coba gunakan larutan penghapus cat kuku.
Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat digunakan dalam proses cara menghilangkan stiker di kaca mobil:

1. Produk komersil pembersih kaca. 

Produk pembersih kaca yang dijual bebas dapat membantu membersihkan stiker dari kaca. Bahan kimia yang terkandung di dalam larutan cairannya dapat dengan mudah mengangkat plastik atau kertas stiker beserta sisa-sisa perekatnya.

2. Alkohol gosok. 

Jika Anda tidak sempat membeli produk pembersih kaca, manfaatkan bahan-bahan di rumah yang bisa dijadikan agen pembersih, seperti alkohol gosok. Tuangkan sedikit pada lap, gosok ke bagian stiker hingga menjadi basah, tunggu kira-kira 3-5 menit dan kemudian gosok kembali. Stiker akan terangkat dalam sekejap.

3. Soda kue. 

Selain untuk mengembangkan kue, soda kue dapat dijadikan agen pembersih yang efektif menghilangkan noda, termasuk stiker yang menempel erat di kaca. Campurkan soda kue dengan minyak goreng hingga menjadi pasta. Kemudian lumurkan ke bagian stiker dan tunggu selama 5 menit, lalu gosok dengan lap.

4. Larutan sabun dan air panas. 

Masukkan air panas ke dalam botol semprotan dan campurkan dengan sabun cuci piring cair, lalu kocok hingga berbusa. Kemudian semprotkan ke bagian stiker, tunggu beberapa menit agar larutan meresap ke dalam stiker. Terakhir, gosok dengan lap hingga kaca benar-benar bersih.

    Berikut ini adalah cara melepas stiker di kaca mobil:

    1. Berikan air panas ke stiker hingga menjadi lembap atau basah.
    2. Tunggu kurang lebih 2 menit hingga air menyerap hingga menyentuh lem perekat di belakang stiker.
    3. Kemudian berikan agen pembersih rumahan atau pun produk pembersih kaca. Tunggu beberapa saat hingga akhirnya lapisan stiker mulai memecah.
    4. Gosok dengan lap mikrofiber sambil ditekan-tekan agar sisa lem ikut terangkat.
    5. Bersihkan sisa-sisa kertas yang menempel dengan air biasa.
    6. Menghilangkan bekas stiker di mobil
    Terkadang sisa-sisa lem perekat stiker tidak terangkat walaupun awalnya kaca sudah terlihat bersih. Ini terjadi ketika kaca sudah kembali mengering dan akan mulai muncul tanda-tanda sisa peninggalan stiker yang membandel. Inilah yang disebut tahap kedua dalam proses menghilangkan bekas stiker di mobil. Agen pembersih yang dibutuhkan tidak berbeda dengan apa yang sudah disebutkan di atas.

      Ikuti cara menghilangkan bekas stiker di mobil berikut ini:

      1. Oleskan campuran soda kue dan minyak goreng yang sudah menjadi pasta ke  bagian sisa-sisa perekat stiker.
      2. Pasta soda kue dan minyak dapat digantikan dengan alkohol gosok.
      3. Kemudian gosok bagian yang masih kotor hingga bersih.
      4. Jika masih ada gumpalan yang menempel, ulangi lagi tahap di atas hingga kaca benar-benar bersih.
      Memasang stiker di mobil mungkin memberikan kesan tampilan yang berbeda dari mobil lainnya. Tapi jika terdapat stiker yang sengaja ditempelkan oknum lain dengan tujuan-tujuan tertentu serta merusak keindahan mobil, ikuti langkah-langkah cara melepas stiker di kaca mobil di atas.  Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan cara melepas stiker di mobil. Terima kasih telah berkunjung.