Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Kunyit atau kunir yang dalam bahasa kerennya disebut Curcuma longa Linn adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika.

Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, obat, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Manfaat Kunyit (Kunir) untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan demam pada anak

Bagi Anda yang memiliki anak yang sedang demam, maka kunyit bisa menjadi obat mujarab. Kandungan minyak atsiri dapat menurunkan demam dan juga panas pada tubuh. Kunyit yang digunakan bisa kunyit kuning atau putih lalu dihaluskan dengan diparut. Setelah itu ditempelkan di kening atau perut. Setelah itu diamkan selama semalam dan oleskan berkali-kali hingga demam turun. Maka Anda juga tidak harus selalu memberikan obat untuk anak Anda.

2. Mengobati radang sendi

Kunyit sudah jelas mengandung kurkumin atau curcumin maka warna kunyit terutama kunyit kuning menjadi berwarna dan membekas. Kurkumin memiliki fungsi sebagai bahan yang bisa mencegah radikal bebas dan menghindari sendi dari penyakit peradangan yang bahaya atau kronis.

3. Mengurangi rasa nyeri pada sendi (osteoarthritis)

Kunyit mengandung anti-inflamasi yang ditengarai dapat membantu meringankan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis, yakni sebuah kondisi yang menyebabkan sendi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.

Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Bila kamu ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis, kamu bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

3. Mengobati Kulit gatal

Kulit gatal dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Bisa karena terkena ulat bulu, alergi, ataupun terpengaruh kondisi lingkungan. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan kunyit yang dicampur dengan ektrak lada hitam atau cabe jamu. Kandungan kurkumin tinggi dalamnya dipercaya bisa membantu menyembuhkan gatal-gatal.

3. Melindungi usus besar

Kunyit dapat melindungi usus terutama usus besar sebagai bagian dari organ vital yang mencerna makanan. Kandungan kurkumin pada kunyit menjaga usus besar agar tetap bisa bekerja dan memanfaatkan bahan tersebut untuk menyembuhkan jika terjadi luka pada usus besar.

Usus besar bisa sangat berbahaya dan juga rentan jika salah makan. Beberapa kali terjadi kanker usus karena kesalahan gaya hidup. Dengan begitu kunyit bisa membantu Anda dalam merawat usus jika mengalami kesalahan pola hidup Anda. Memang rasanya yang pahit dan kurang enak, namun kesehatan usus yang paling utama.

Cara mengonsumsinya, ambil beberapa potong ibu jari kunyit segar yang telah dibersihkan kulit arinya dengan dikerik menggunakan sendok. Parut kunyit, kemudian tambahkan segelas air matang satu gelas, saring dengan kain atau saringan halus bersih sambil ditekan-tekan. Sebelum diminum, tambahkan 1 sdm madu asli dan jeruk nipis untuk menambah rasa. Jika tak ada madu, Anda bisa menggantinya dengan gula merah. Minum satu gelas setiap pagi, 2-3 kali selama seminggu.

4. Mengobati Serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dapat disebabkan karena tingginya kolesterol dalam peredaran darah, begitupun dengan stroke. Turunkan kolesterolmu dengan mengonsumsi air perasan kunyit secara rutin. Menurut penelitian, rempah alami ini mengandung kalium tinggi yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Mengatasi masalah seputar menstruasi

Mungkin kamu sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit diklaim mampu mengatasi rasa sakit akibat menstruasi.

Ya memang benar, menurut penelitian konsumsi ekstrak kunyit dapat membantu mengatasi rasa sakit tersebut. Konsumsilah sekitar satu gelas ukuran kecil dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

6. Mencegah kanker usus besar (kolorektal)

Tidak hanya menyembuhkan, menurut beberapa penelitian kunyit juga bisa dipakai untuk mencegah kanker usus besar dengan cara mengurangi jumlah pra kanker di tubuh orang tersebut. Penanda-penanda tumor kanker usus besar pun menurun setelah mengonsumsi kunyit secara rutin.

Masih banyak lagi manfaat kunyit yang tidak saya cantumkan dalam artikel kali ini.

Namun selain bermanfaat banyak bagi kesehatan kunyit juga memiliki beberapa efek samping yang ketika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Efek Samping Kunyit Pada Tubuh

Mengonsumsi kunyit sebaiknya tidak melebihi 500 mg setiap harinya. Hindari mengonsumsinya dalam jumlah 1.500 mg atau lebih, guna meminimalisir efek sampingnya. Menurut sebuah laporan, mengonsumsi kunyit dalam jumlah berlebihan dapat membuat detak jantung menjadi abnormal.

Efek samping lain yang ditimbulkan akibat pemakaian kunyit tak wajar antara lain:

  1. Munculnya alergi yang berlebihan
  2. Gangguan pada kantung empedu
  3. Pendarahan
  4. Gangguan hati
  5. Kontraksi uterus
  6. Munculnya gangguan perut dan pencernaan
  7. Mengurangi kesuburan pada pria

Dengan begitu maka sebaiknya mengonsumsi kunyit dilakukan secara hati-hati. Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat.