Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musim Hujan di Desa dan di Kota

Musim hujan merupakan bagian siklus musim di dunia. Musim hujan datang setelah musim kemarau. Jika musim kemarau identik dengan cuaca panas dan hangat sebaliknya musim hujan dingin dan curah hujan yang lebih sering turun.

Saat ini di Indonesia mengalami musim hujan, di berbagai daerah telah diguyur air hujan. Para petani di desa tentu sangat mengharapkan datangnya musim hujan. Sawah dan ladang mereka membutuhkan curah hujan.

Jika musim hujan para petani menyiapkan sawah dan ladangnya untuk ditanami padi. Para peladang pun pergi ke kebun dan ladang mereka untuk menanam jagung dan ketela.

Di desa air hujan dapat dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah dan ladang mereka tanpa biaya yang mahal, ketika mereka harus mengeluarkan ongkos ndisel untuk sawah mereka.

Setidaknya air hujan telah meringankan beban mereka dari mahalnya biaya sewa diesel air untuk mengairi sawah mereka.

Sedangkan di kota yang sudah penuh sesak dengan manusia, bangunan, dan kendaraan musim hujan dan turunnya hujan dapat mendinginkan cuaca yang biasanya sangat panas ketika musim kemarau.

Derasnya hujan di kota dapat menyebabkan air lebih banyak dan sulit untuk mengalir. Maka di kota rawan banjir karena padatnya bangunan dan perumahan.