Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Blog dan Artikel Anda Diindeks Oleh Google

Menulis artikel yang SEO friendly secara rutin merupakan bagian penting dilakukan para blogger untuk blognya, tapi hal penting lainnya yaitu bagaimana tulisan artikel Anda dapat dibaca oleh orang lain. Sementara media sosial terus meningkat lebih cepat dan lebih bnanyak dari sebelumnya, pencarian melalui Google masih nomor satu sebagai salah satu cara orang untuk menemukan konten Anda.
Google  secara alami akan menjelajah situs Anda secara teratur untuk mengindeks konten Anda. Menyiapkan file sitemap Anda dan mengkonfigurasi file robots.txt juga akan membantu dalam proses ini.

Tapi di bawah ini saya akan menunjukkan sedikit trik kecil tentang cara untuk mendapatkan konten Anda diindeks lebih cepat dengan Google. Saya menggunakan teknik ini ketika saya mempublikasikan konten baru serta ketika saya melakukan re-write atau update konten yang masih baru.

Saya juga akan menunjukkan beberapa cara untuk memverifikasi bahwa konten Anda telah diindeks.

Metode I : Memanfaatkan Google Search Console

Google Search Console adalah alat diagnostik yang memungkinkan Anda untuk mensimulasikan bagaimana Google merayapi atau membuat sebuah URL di blog Anda. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan URL untuk mendapatkan artikel Anda diindeks. Google Search Console dapat diakses secara gratis dalam Google Search Console.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini tentang cara mengirimkan URL Anda untuk pengindeksan menggunakan Google Fetch Tool.
  1. Klik ke domain Anda dalam GWT. Jika Anda belum mendaftarkan situs atau blog anda di GWT, silahakan baca tutorial dibawah ini.
  2. Klik menu “Crawl” dan klik pada “Fetch as Google.”
  3. Masukkan URL halaman atau posting Anda yang baru anda tulis atau diperbarui bahwa Anda ingin mendapatkan diindeks. Dan kemudian klik tombol pada “Fetch”.
  4. Kemudian klik tombol pada “Submit to Index”.
Saya akan menyarankan “Crawl Only this URL” kecuali Anda mengirimkan konten yang memiliki konten saling terkait yang juga telah baru-baru ini diperbarui. Kemudian tekan tombol “Go”.

Maka Anda akan melihat status “Complete” hijau dan Anda dapat memverifikasi waktu dan tanggal URL tersebut diserahkan. Itu membuat log sehingga Anda selalu dapat referensi kembali ketika mengirimkan konten baru.

Dan itulah cara untuk mendapatkan artikel Anda di indek oleh mesin pencari Google. Ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk indek artikel Google, dan cara ini merupakan cara yang harus Anda terapkan dibanding cara lama di atas. Selain itu, cara tutorial ini merupakan versi baru Google Webmaster Tools Search Console versi terbaru.

Metode II : URL Inspections

Google Webmasters Tools saat ini telah memperbarui tampilan dan fiturnya. Ketika Anda masuk pada halaman Google Webmasters Tools, Anda akan melihat tombol baru dibagian atas disamping tombol bantuan dengan warna biru dan bertuliskan “Gunakan Search Console Baru”.

Silahkan klik tombol tersebut dan Anda akan dibawa masuk pada “Google Search Console” dengan antarmuka yang baru dan fitur-fitur baru yang lebih baik.

Sekarang untuk mendapatkan artikel Anda diindeks lebih cepat oleh Google, cukup masukkan URL artikel baru Anda pada kolom pencarian URL di paling atas atau klik menu “Inspeksi URL” di bagian sidebar kiri. Dan kemudian tekan “Enter”.

Biarkan Google merayapi URL Anda sampai menunjukkan hasil, Jika artikel Anda belum terindeks oleh Google maka status akan menunjukkan “URL tidak ada di Google”, dan jika sudah terindeks maka Google akan memberikan status “URL ada di Google”. Selanjutnya, klik tulisan “Minta Pengindeksan”.

Anda juga bisa melakukan cara tersebut pada artikel lama yang sudah terindeks jika Anda melakukan perubahan pada isi konten Anda untuk meminta Google memperbarui halaman artikel baru Anda.

Proses pengindeksan Google biasanya akan berlangsung sekitar sehari dan bahkan bisa lebih cepat. Tapi dengan cara ini artikel Anda akan jauh lebih cepat di indeks dan muncul di mesin pencari daripada menunggu Google secara otomatis mengindeks artikel Anda.

Setelah proses di atas Anda lakukan, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengecek artikel apakah benar-benar terindeks oleh Google.

Caranya : Silahkan copy URL artikel Anda dan ketikkan Site: di kolom mesin pencarian Google dan letakkan URL artikel setelah tanda titik dua dan tekan enter. Jika artike Anda sudah terindeks oleh Google maka Google akan memunculkannya, tetapi jika belum maka artikel snipet Anda tidak akan muncul. Dibawah ini contoh artikel yang sudah terindeks.

Untuk melihat apakah sudah diindeks apa belum, sebaiknya cek setelah setengah jam atau lebih. Hal ini tidak bisa dipastikan karena URL Anda masih dalam antrian crawl Google, hasil bisa cepat dan bisa lambat, tapi paling lambat adalah satu hari sepengetahuan saya.

Dan mohon jangan bertanya, urutan berapa artikel dengan cara ini. Hal tersebut tergantung dari kualitas artikel, persaingan dan kata kunci Anda. Di sini saya hanya memberikan panduan untuk agar artikel Anda segera diindeks dan ini bukan untuk menjadikan posisi artikel Anda pada posisi halaman pertama pencarian Google.

Itulah panduan cara cepat mendapatkan indeks dari Google, semoga artikel di atas bermanfaat buat Anda, dan Anda mendapatkan artikel baru anda terindeks oleh Google secara langsung.