Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperingati Hari Kartini

Peringatan hari Kartini setiap tanggal 21 April di Indonesia umumnya diwarnai dengan busana kebaya sebagai gambaran seorang perempuan bernama Kartini yang dulu ketika masa perjuangan masih mengenakan kebaya.
Foto: wikipedia.org
Selintas dalam pikiran waras saya bahwa kita hanya mampu meneladani pakaiannya. Ini dan begini sudah bagus tetapi alangkah baiknya yang ditiru dan diteladani adalah pemikirannya.

Kartini mikir gimana caranya wanita dapat setara secara hak sepadan dengan laki-laki yang memiliki kebebasan dalam segala hal walaupun Kartini sadar bahwa secara kodrati itu tidak mungkin tetapi usaha untuk mengubah sesuatu lebih baik itulah perjuangan.

Berjuang dengan pikiran merupakan perjuangan orang orang cerdas. Orang berilmu pengetahuan berjuang dengan menulis. Menuangkan pemikirannya dalam ketikan artikel lebih bermnfaat daripada mengajari satu per satu orang. Dengan artikel yang ia tulis akan lebih banyak pembaca yang akan tersadarkan terdidik dan terpelajar dengan tulisannya. Kiranya begitulah Kartini berjuang.

Lantas cara apa yang harus kita lakukan untuk memperingati kelahiran beliau sebagai rasa hormat atas perjuangan beliau..

1. Harus meneladaninya

Yaitu meniru pola perjungan Kartini dengan mengasah pikiran untuk berjuang di masa kini dengan konteks kekinian.

2. Banyak baca

Orang tidak akan pintar dan cerdas cuman dengan main game otak dan pikiran butuh asupan nutrisi pengetahuan dan wawasan yaitu dengan banyak membaca baik membaca buku, membaca koran, majalah, internet, dan lain sebagainya.

3. Sering nulis

Pengingat ide pikiran kita adalah tulisan tanpa Anda tulis ide cemerlang Anda bagaikan buih yang akan hilang tersapu angin waktu.

4. Tekat kuat

Menjadi manusia harus sehat dan kuat sehat badannya dan kuat tekatnya. No pain no gain.