Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cave Tubing dan Rafting di Wahana Wisata Goa Pindul

Wisata goa pindul gunung kidul menjadi trend wisata belakangan ini. Dengan terbukanya jalur lintas selatan JLS. berbagai wahana dan tempat wisata di gunung kidul bermunculan, salah satu wahana wisata gunung kidul yaitu goa pindul
Goa Pindul salah satu tempat wisata menarik dan recommended untuk Anda coba. Kegiatan menyusuri sungai menggunakan perahu atau ban karet mungkin sudah sangat biasa, namun berbeda di Goa Pindul anda akan menyusuri Sungai yang mengalir dalam Goa. Gimana? Petualangan yang menarik bukan. Lalu apa saja kegiatan lain yang bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat ini?

Istilah Rafting Goa Pindul sebenarnya merupakan sebutan untuk dua jenis kegiatan pengunjung saat berwisata di tempat ini, yakni kegiatan Cave Tubing dan Rafting Sungai Oya yang berada di Goa Pindul. Goa ini diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2010 silam sebagai salah satu bagian dari lokasi tujuan wisata Gunung Kidul. Goa Pindul merupakan salah satu dari 7 buah Goa yang mengalir Sungai di bawahnya. Panjang tempat ini ialah sekitar 350 meter dengan lebar mencapai 5 meter, kedalaman Goa ini kira-kira 5-12 meter dan dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menyusuri tempat ini.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan baru pertama kali mendengar informasi tempat ini tentu ingin tau apa saja jenis Rafting Goa Pindul. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Cave Tubing

Jenis Rafting pertama yakni Cave Tubing Goa Pindul, biasanya aktivitas Rafting dilakukan menggunakan perahu atau sampan kecil. Namun berbeda dengan yang ada di Goa Pindul yang hanya menggunakan ban dalam. Anda tertantang untuk mencobanya? Kegiatan Cave Tubing ini yakni menyusuri aliran Sungai di dalam Goa Pindul dengan menggunakan ban dalam dan beberapa peralatan keselamatan lainnya yang telah disediakan.

Saat melakukan Cave Tubing Goa Pindul ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam. Nanti anda akan melewati 3 zona yang ada dalam Goa Pindul yang menjadi daya tarik lainnya, ada zona terang, zona remang, dan zona gelap.

Jika Anda ingin menyaksikan keindahan Goa Pindul dan juga ingin berenang di Sungainya maka Anda bisa melakukannya saat berada di zona terang. Tempat terakhirnya nanti Anda akan sampai pada sebuah dam yang masih berada dalam kawasan Goa Pindul. Namun sebelum sampai di tempat terakhir, nanti Anda akan melalui suatu tempat yang pada bagian langit-langit Goa berlubang tempat sinar matahari masuk.

Harga paket Cave Tubing Goa Pindul ini sekitar Rp. 35.000,- dan itu sudah termasuk peralatan Rafting serta kelengkapan keamanan. Seru sekali bukan, ayo rencanakan liburan Rafting Goa Pindul segera.

Rafting Sungai Oya

Tidak jauh berbeda dengan kegiatan Cave Tubing Goa Pindul tadi yakni sama-sama menggunakan ban dalam sebagai alat menyusuri Sungai Oya. Harga untuk kegiatan ini per pengunjung ialah Rp. 45.000,- . Harga tersebut juga sudah termasuk biaya sewa pemandu, alat Rafting, dan peralatan keselamatan. Jadi anda tidak perlu khawatir liburan anda pasti akan menyenangkan.

Aktivitas Rafting Sungai Oya ini menyusuri Sungai Oya sepanjang 4 Km dengan menggunakan ban dalam dan peralatan lainnya. Anda tidak perlu khawatir akan membahayakan karena aliran Sungai ini tidak terlalu deras sehingga aman jika membawa anak-anak. Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang asri dan indah diiringi dengan suara air Sungai yang menenangkan. Saat melakukan jenis  yang satu ini Anda juga dapat menyaksikan tebing purba yang berada di kedua sisi Sungai.

Dari tebing tinggi tersebut Anda juga akan disuguhkan keindahan air terjun. Menyenangkan sekali bukan? Yuk siapkan rencana liburan ke Goa Pindul.