Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi IPA SD/MI: Alat Pencernaan Manusia

Pencernaan adalah proses melumat makanan yang semula kasar menjadi halus. Makanan yang sudah dicerna, telah diubah menjadi sari makanan dalam bentuk yang lebih halus sehingga mudah diserap oleh pembuluh darah. Kemudian oleh darah, sari makanan tersebut diedarkan ke seluruh bagian tubuh.


Ada dua jenis proses pencernaan makanan dalam tubuh, yaitu:

1. Pencernaan makanan secara mekanis

Pencernaan makanan secara mekanis terjadi di dalam mulut. Makanan dilumatkan oleh gigi. Makanan yang telah hancur mudah untuk di telan.

2. Pencernaan makanan secara kimia

Pencernaan makanan secara kimia dilakukan oleh enzim, yang berlangsung di dalam mulut, lambung, dan usus. Tujuan pencernaan dengan bantuan enzim adalah mengubah zat-zat makanan sehingga mudah diserap tubuh.

Adapun beberapa hal yang dipelajari pada alat-alat pencernaan, yaitu:

Susunan Alat Pencernaan

Alat-alat pencernaan makanan pada tubuh kita bertugas untuk, di antara lain yaitu:
  1. Menghancurkan makanan menjadi bentuk yang halus.
  2. Menyerap zat-zat makanan yang larut sehingga masuk ke dalam darah.
  3. Mengeluarkan dari tubuh zat-zat yang tidak dapat dicerna.

    Alat-alat Pencernaan Manusia


    Alat pencernaan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Berikut penjelasannya:

    1. Rongga Mulut

    Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan air ludah (air liur). Gigi berguna untuk mengunyah makanan supaya menjadi halus. Sesuai dengan  fungsinya, ada tiga macam gigi, yaitu:
    1. Gigi seri berfungsi memotong makanan, bentuk permukaannya menyerupai mata kapak.
    2. Gigi taring berfungsi merobek atau mengoyak makanan, bentuk permukaannya runcing.
    3. Gigi graham berfungsi menggilas makanan, bentuk permukaannya lebar dan bergelombang.
    Lidah terletak dibagian dasar rongga mulut. Lidah berfungsi untuk mengatur letak makanan pada waktu mengunyah, membantu menelan makanan, dan mengecap rasa makanan. Permukaan lidah kita dapat mengecap 4 rasa dasar, yaitu manis, pahit, asam, dan asin. Di dalam mulut juga terdapat tiga kelenjar ludah. Kelenjar ludah bawah terdapat di bagian bawah lidah dan di daerah pangkal rahang bawah. Kelenjar ludah atas terdapat dekat telinga. Kelenjar ludah menghasilkan air ludah dan enzim amilase (ptialin). Enzim amilase berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula. Itulah sebabnya mengapa nasi (mengandung amilum) yang kita kunyah lama-kelamaan terasa manis.

    2. Kerongkongan

    Kerongkongan adalah bagian saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Di dalam kerongkongan terjadi gerakan peristaltik, yaitu gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan. Gerakan peristaltik inilah yang mengakibatkan makanan terdorong masuk ke lambung.

    3. Lambung

    Lambung menghancurkan makanan menjadi bagian-bagian yang sangat kecil. Makanan di dalam lambung hanpir semuanya berbentuk lunak seperti bubur.  Di dalam lambung, makanan yang sudah dikunyah oleh gigi di mulut, dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-macam getah lambung. Getah lambung dihasilkan oleh dinding lambung. Getah lambung berguna untuk memecahkan makanan agar mudah diserap oleh pembuluh darah dan membunuh kuman yang terbawa oleh makanan. Getah lambung mengandung asam dan enzim, diantara lain:

    1. Enzim pepsin, berfungsi mengubah protein menjadi pepton
    2. Enzim renin, berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein.
    3. Asam klorida, berfungsi membunuh kuman dan mengasamkan makanan


    4. Usus halus

    Usus halus merupakan usus terpanjang dari saluran pencernaan makanan. Usus halus terdiri dari 3 bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan.

    a. Usus dua belas jari


    Makanan di dalam usus dua belas jari dicerna lagi dengan bantuan getah pankreas dan getah empedu. Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Getah pankreas mengandung enzim-enzim berikut ini:
    • Enzim amilase, berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula
    • Enzim tripsin, berfungsi mengubah protein menjadi asam amino
    • Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak


    b. Usus kosong

    Di dalam usus kosong masih terjadi proses pencernaan kimiawi. Dinding usus kosong mempunyai kelenjar yang menghasilkan getah pencernaan, tetapi tidak sebanyak usus dua belas jari.

    c. Usus penyerapan

    Usus penyerapan merupakan tempat penyerapan sari-sari makanan. Terdapat ujung-ujung pembuluh darah pada seluruh permukaan dinding usus. Sari makanan diserap oleh pembuluh darah sehingga masuk ke dalam aliran darah. Kemudian, darah membawa sari makanan tersebut ke seluruh tubuh.

    5. Usus besar

    Usus besar berfungsi untuk menyerap air. Selanjutnya, sisa makanan dibusukkan oleh bakteri pembusuk di dalam usus besar. Pembusukan dibantu oleh bakteri Escherichia Coli.

    6. Anus

    Anus berfungsi untuk mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh. Sisa pencernaan dari usus besar dikeluarkan melalui anus. Sedangkan, sisa pencernaan yang berupa cairan disalurkan dan disaring dalam ginjal. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang kemih berupa air seni.

    Penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia

    1. Diare

    Diare adalah penyakit keluarnya kotoran encer yang terlalu sering. Penderita diare dapat kehabisan cairan tubuh. Diare disebut juga mencret. Penyakit ini golongan penyakit ringan tetapi dapat perawatan apabila tidak mendapat perawatan yang benar. Hal ini diakibatkan alergi terhadap makanan, terlalu banyak  makan makanan yang asam dan pedas.

    2. Mag (Radang Lambung)

    Mag ditandai dengan gajala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Penyakit ini timbul karena adanya produksi asam klorida yang berlebihan di lambung.

    3. Radang Usus Buntu

    Radang usus buntu ditandai dengan perut bagian kanan bawah terasa sangat nyeri, perut terasa mual disertai muntah, kadang mencret, dan tubuh mengalami demam. Pada keadaan yang lebih parah, penderita harus mengalami operasi pemotongan umbai cacing.

    4. Tifus

    Suatu penyakit peradangan pada usus. Penyakit ini dapat menular cepat. Tifus juga timbul akibat kebersihan makanan dan minuman tidak terjaga dengan benar. Gejala tifus ditandai tubuh menggigil, lemah, disertai mual, akibat demam tinggi, penderita dapat mengigau, punggung terasa sakit, kadang disertai mencret atau sembelit.

    5. Sembelit

    Gejala penyakit sembelit adalah susah buang air besar. Penyakit ini diakibatkan makanan yang dimakan kurang berserat. Makanan kurang berserat dapat mengganggu proses pencernaan.