Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah

Memberi dan menerima sebuah kosa kata yang tidak bisa dipisahkan dari hidup ini. Menjalani hidup dengan kondisi seperti ini memang berat. Apalagi pada masa pandemi.

Memberi diibaratkan dengan tangan di atas, menerima diibaratkan dengan tangan di bawah. Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.

Kalimat ini populer di kalangan umat manusia terutama umat islam. Agama islam memerintahkan kaumnya untuk memberi kepada yang lainnya.

Perintah shodaqoh yaitu memberikan sebagian yang dimilikinya kepada orang lain dengan niat tulus ikhlas karena Allah ta'ala hanya mengharap ridho Allah SWT semata.


Infaq juga diperintahkan agama Islam yaitu memberikan hartanya sebagian untuk kebaikan dengan ikhlas karena Allah SWT semata.

Perintah zakat yaitu memberikan hartanya kepada orang lain dengan ukuran dan kadar tertentu yang telah diatur dalam syariat Islam.

Jadi umat Islam oleh Allah SWT didik mentalnya untuk menjadi pemberi bukan penerima. Muslim yang baik adalah muslim yang kuat, kuat imannya, kuat iwa raganya, dan kuat ekonominya. Sehingga dengan kuat maka banyak orang yang bisa dibantu. Allah SWT lebih menyukai orang-orang mukmin yang kuat.