Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keriput: Pengertian, Penyebab, Proses, Pencegahan, Penyembuhan, dan Wrinkles Esensial Oil

Yuk, Kenali Lebih Jauh Tentang Keriput!


Wrinkles Definition

Keriput yaitu lipatan, garis, atau kerutan yang muncul pada permukaan kulit. Ini merupakan tanda utama dari proses penuaan. 

Keriput pada umumnya muncul pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, dan tangan.

Wrinkles Causes

Keriput disebabkan oleh banyak faktor, yaitu:
Usia. 
Ketika usia seseorang bertambah, maka elastisitas kulitnya akan makin berkurang. Produksi lemak dan kolagen akan menurun yang akan menjadikan kulit kering dan menjadi keriput.

Paparan sinar matahari dan ultraviolet 
Radiasi sinar ultraviolet dalam jangka panjang, dapat mempercepat proses penuaan kulit. Ini disebabkan karena sinar UV merusak elastin dan kolagen di lapisan dalam kulit. Kerusakan tersebut akan menyebabkan kulit kendur dan menjadi keriput.

Merokok
Kandungan nikotin dapat mengakibatkan pembuluh darah di lapisan luar kulit menyempit. Kondisi ini menyebabkan aliran darah menuju kulit terganggu, sehingga kulit akan kekurangan oksigen dan nutrisi. 

4000 lebih zat kimia yang ada pada rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, sehingga mempercepat munculnya keriput.

Ekspresi wajah
Kebiasaan dalam mengekspresikan wajah bisa mengakibatkan keriput. Setiap seseorang memasang ekspresi wajah, seperti mengernyitkan dahi atau menyipitkan mata. 

Maka otot wajah akan membentuk lekukan di bawah permukaan kulit yang lama kelamaan akan menjadi keriput.

Wrinkles Prevention

Langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah keriput, yaitu:

Menghindari paparan langsung dari sinar matahari
Lindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, dengan memakai topi, kacamata, dan baju lengan panjang. 

Selain itu, bisa juga menggunakan tabir surya setiap keluar rumah. Pilih tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih, dengan perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

Gunakan pelembap
Produk pelembap kulit akan membantu mencegah kulit kering yang dapat menyebabkan keriput muncul lebih cepat

Berhenti merokok
Seseorang yang merokok selama bertahun-tahun, masih bisa mencegah keriput yang muncul lebih banyak dengan cara berhenti merokok.

Pola diet sehat
Penelitian menunjukkan bahwa dengan menkonsumsi vitamin yang baik dalam makanan, hal itu dapat melindungi kulit dari keriput lebih dini.

Wrinkles Treatment

Terdapat beberapa metode untuk menangani keriput, salah satunya adalah dengan obat-obatan, misalnya:

Asam alfa hidroksi atau AHA. 
AHA merupakan kelompok asam alami yang dapat ditemukan dalam buah, contohnya yaitu asam laktat atau asam glikolat.

AHA bekerja dengan mengangkat lapisan atas dari sel kulit mati, dan meningkatkan ketebalan lapisan kulit di bagian dalam.

Antioksidan
Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk mencegah atau memperlambat kerusakan sel. 

Senyawa ini dapat diperoleh secara alami pada sayuran dan buah-buahan, atau pada suplemen buatan manusia. Contohnya yaitu antioksidan betakaroten, lutein, serta vitamin A, C, dan E.

Pelembap
Pasien juga bisa menggunakan krim antikeriput yang dijual bebas di pasaran. Namun, krim-krim tersebut tidak menghilangkan keriput, melainkan hanya menyamarkannya saja.

Metode lain untuk menangani keriput yaitu dengan prosedur medis. Beberapa prosedur medis untuk mengatasi keriput, misalnya:

Peeling
Peeling merupakan prosedur pengelupasan kulit menggunakan asam. Prosedur ini bertujuan untuk membuang lapisan atas kulit, dan menumbuhkan kulit baru yang terlihat lebih muda. Beberapa jenis asam yang biasanya digunakan dalam prosedur ini yaitu asam glikolat, asam salisilat, dan asam trikloroasetat.

Terapi ultrasound
Ultrasound dapat digunakan sebagai penghilang keriput. Terapi ultrasound atau ultherapy dapat membantu menangani keriput yang ada di wajah, leher, dagu, dan dada.

Operasi plastik
Contoh operasi plastik untuk wajah adalah facelift atau operasi tarik wajah. Dalam facelift, dokter bedah plastik akan membuang kelebihan kulit dan lemak yang ada di bagian bawah wajah, kemudian mengencangkan otot dan jaringan ikat di sekitarnya.

Wrinkles Esensial Oil

Minyak Argan
Minyak essential ini terbuat dari 80 persen asam lemak yang dapat membantu melawan radikal bebas dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari penuaan. 

Di dalam minyak argan juga terdapat vitamin A dan E yang dibutuhkan oleh kulit untuk mengurangi garis-garis halus, meminimalisir adanya flek hitam serta kulit yang sudah mulai mengendur.

Minyak Zaitun
Di dalam minyak zaitun terdapat vitamin A dan E sama seperti minyak argan. Dengan rutin menggunakan minyak zaitun di pagi atau malam hari, selain dapat bekerja sebagai anti-penuaan. 

Minyak zaitun juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah serta memberi kelembapan alami pada kulit. Artinya, kulit akan terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat membantu dalam proses produksi kolagen pada kulit. Kandungan antioksidan yang ada sangat bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan, dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan tumbuhnya jerawat.

Minyak Almond 
Di dalam minyak almond terdapat vitamin E dan K yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit. 

Jika minyak ini digunakan di pagi dan malam hari, maka kulit akan terasa lebih lembab dan terlihat cerah. 

Minyak Lavender
Minyak lavender engandung antioksidan yang sangat bermanfaat sebagai anti-aging, aroma yang menyegarkan juga mampu memberi efek relax pada tubuh dan pikiran. 

Aromanya manisnya dapat membuat waktu istirahat malam menjadi lebih maksimal.

Penulis: Vera Nur Aini