Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kita Meningkatkan Traffic Blog Adsense

Traffic atau jumlah kedatangan dan kunjungan netizen ke sebuah situs menjadi ukuran keandalan sebuah website atau blog. Kualitas blog akan berdampak pada traffic atau jumlah kunjungan. Semakin berkualitas sebuah blog baik dari sisi template maupun konten akan meningkatkan jumlah kunjungan.



Para blogger dan pemilik blog memiliki tujuan meningkatkan traffic blog mereka. Saat ini, internet benar-benar penuh dengan berbagai macam konten. Blogger dan pemilik blog harus memastikan bahwa mereka bisa bertahan di antara blog dan blog lainnya sehingga mereka bisa mendapatkan traffic yang stabil di blog mereka.

Definisi Traffic

Traffic blog bisa kita definisikan dengan jumlah orang yang mengunjungi blog kita, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat mereka melihat atau membaca halaman-halaman di blog kita.

Ketika seseorang mengunjungi blog kita, kunjungan tersebut direkam oleh domain kita. Nanti angka-angka ini bisa memberi kita petunjuk seberapa populernya blog kita.

Pentingnya Traffic

Kalau blog kita tidak dikunjungi oleh banyak orang, blog kita terancam akan tenggelam di antara blog-blog lain di dunia maya. Setiap blog butuh traffic. Seberapa pun bagusnya blog Kita, jika pengunjungnya sedikit, blog dan bisnis kita mungkin tidak bisa bertahan. Pada dasarnya, blog kita akan hanya bertahan jika ada traffic yang stabil.

Ada tiga alasan kenapa Kita perlu mempertimbangkan pentingnya traffic blog:

Traffic dari pengguna yang tertarik dengan isi blog atau produk-produk Kita akan lebih mungkin untuk menghabiskan lebih banyak waktu di blog Kita dan memberi tahu tentang blog tersebut ke orang banyak.

Jika orang menghabiskan lebih banyak waktu di blog Kita, ada kemungkinan mereka akan mendaftarkan diri untuk ikut blog kita atau menerima konten promo yang nantinya bisa membuat mereka menjadi konsumen untuk jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan traffic blog Kita.

Headlines atau Judul Artikel

Headlines atau judul artikel adalah elemen penting dalam sebuah konten. Headlines adalah hal pertama yang menarik perhatian orang-orang untuk membaca konten blog Kita, terutama jika Kita membagi konten Kita ke media sosial. Pastikan headlines yang digunakan menarik perhatian dan menggambarkan dengan jelas isi dari konten tersebut.

Long-tail keywords

Salah satu cara untuk membawa traffic ke blog kita adalah dengan memastikan kita fokus memilih long-tail keywords. Pastikan keyword yang digunakan relevan dan berhubungan dengan topik setiap postingan kita.

Konten yang berkualitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten yang tepat dan berkualitas adalah hal yang penting dalam meningkatkan traffic blog. Perlu diperhatikan bahwa konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif sehingga perlu dilakukan riset yang mendalam. 

Hal ini untuk memastikan bahwa isi konten terperinci, menarik, dan unik. Kita juga bisa menggunakan multimedia seperti gambar, video, dan infografik untuk membuat konten yang menarik. Artikel yang lebih panjang biasanya dinilai lebih informatif. 

Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam membuat konten:


  1. Hindari copy paste dari artikel milik orang lain.
  2. Gunakan sinonim sehingga kita tidak menggunakan kata yang sama berulang kali.
  3. Hindari pembahasan mengenai hal-hal yang tidak berhubungan dengan inti artikel.
  4. Buat artikel yang profesional.
  5. Konten yang berkualitas juga dapat membantu linking root domain.


Seperti yang disebutkan sebelumnya, linking root domain adalah jumlah backlinks unik yang diterima oleh blog Kita. Akan lebih baik jika Kita menerima backlinks dari 100 blog yang berbeda dibanding dengan mendapatkan 200 backlinks dari satu blog yang sama. Jika konten Kita dianggap berkualitas oleh banyak orang, dijamin Kita akan mendapat banyak backlinks dari berbagai blog. Kita pun dapat membuat backlink yang berkualitas untuk itu.

Jika Kita ingin membuat konten yang lebih menarik, Kita bisa menambahkan multimedia di post Kita seperti gambar, infografik, dan video. Apapun industri bisnis yang Kita miliki, pasti ada banyak hal yang bisa dibahas. Kita juga bisa membuat webinar tentang topik yang ingin Kita bahas dan mempresentasikannya.

Jika Kita merasa kurang nyaman berada di depan kamera, Kita juga bisa mencoba membuat podcasts. Podcast adalah salah satu medium yang saat ini mulai mendapat banyak perhatian. Podcast sendiri adalah rekaman asli audio atau yang tersedia di internet. Kita hanya perlu berlangganan tanpa membayar biaya apapun. Salah satu keunggulan podcast adalah bisa didengar kapan saja dan di mana saja.

Untuk menambah nilai lebih pada podcast Kita, Kita bisa mengundang ahli dan influencer di industri Kita. Dengan begitu orang-orang akan tertarik untuk mendengarkan podcast tersebut dan tamu Kita juga bisa mempromosikan podcast Kita di media sosial milik mereka. Ini bisa membantu blog Kita agar dikenal lebih luas.

On Page SEO

Jangan lupa untuk mengaplikasikan teknik-teknik On Page SEO. Apakah kita sudah menggunakan keyword yang tepat? Apakah Kita sudah menggunakan alt text untuk gambar-gambar yang disertakan di post Kita? Apakah Kita sudah memasukkan external dan internal link? Bagaimana dengan meta descriptions? On Page SEO tidak membutuhkan banyak waktu untuk diaplikasikan dan masih merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan traffic blog Kita.

Komunitas Blogging

Kita juga bisa bergabung dengan komunitas blogger seperti ProBlogger atau Copyblogger. Ini adalah salah satu cara untuk berhubungan dengan blogger lain dan mempromosikan blog satu sama lain. Interaksi dengan blogger lain dan influencers juga sangatlah penting untuk meningkatkan traffic blog Kita. 

Menjaga hubungan baik dengan blogger dan pemilik blog lain di bidang yang sama juga penting. Orang yang berhubungan baik dengan Kita akan  but lebih mungkin menghubungkan readers dan followers mereka ke blog Kita. 

Kita juga bisa berkontribusi untuk blog atau blog satu sama lain. Mereka juga akan lebih mungkin membagi konten Kita di blog atau media sosial milik mereka. Selain dengan blogger dan pemilik blog lain, penting juga untuk membangun hubungan dengan para influencers. 

Kita bisa memulai dengan membagi konten mereka. Kita bisa mencoba berinteraksi dengan mereka melalui konten atau akun media sosial yang Kita miliki. Berinteraksi dengan mereka dapat membantu Kita karena mereka akan menghubungkan readers dan followers mereka ke blog Kita. 

Ini akan sangat membantu blog Kita untuk menerima backlinks dari berbagai blog authoritative. Kita juga bisa meminta bantuan dari bloggers dan influencers yang lain untuk memberi saran mengenai konten yang diterbitkan.

Forum

Kita bisa mencoba membagi artikel Kita ke forum seperti reddit atau stumbleupon. Salah satu keunggulan forum adalah Kita bisa menemukan niche dan pembaca yang tepat bagi konten blog Kita.

Internal Linking

Internal linking adalah link dari satu halaman blog menuju halaman lain di blog yang sama. Perlu diperhatikan bahwa untuk internal linking, hanya gunakan link post dari blog Kita yang isinya masih berhubungan dengan artikel yang akan Kita unggah. Internal linking membantu Google untuk menjelajahi halaman blog Kita. Internal linking juga memungkinkan para pengunjung blog untuk menemukan informasi yang terkait dengan apa yang mereka baca. 

Hal ini dapat meningkatkan durasi pengguna saat menjelajahi blog Kita. Internal linking sendiri adalah salah satu teknik on-page SEO yang sangat penting karena mereka akan membantu crawler mesin pencari untuk mencari konten dan menjelajahi blog Kita. Inter linking juga membantu meningkatkan page authority dan memperbolehkan pengguna untuk menjelajahi blog dengan lebih mudah.

Guest-blogging

Guest-blogging adalah salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog. Yang dimaksud dengan guest-blogging adalah menulis konten untuk blog atau blog yang sudah terkenal. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic blog atau blog dan sekaligus membangun brand Kita. Namun Kita harus berhati-hati dan memastikan bahwa konten guest-blogging Kita berkualitas. Dalam membuat konten guest-blogging, pastikan bahwa konten tersebut kreatif dan sesuai dengan niche blog tersebut. 

Hindari link stuffing atau memasukkan banyak link sekaligus ke dalam artikel Kita untuk menambah traffic blog karena Kita bisa dikenakan penalti.

Selain guest-blogging, Kita juga bisa menulis untuk media lain seperti koran atau majalah yang berhubungan dengan topik blog atau blog Kita. Jangan lupa menyebutkan blog dan blog Kita karena menulis untuk media ternama membuka kesempatan untuk meraih lebih banyak pembaca.

Rutin menerbitkan konten

Banyak orang sering bertanya seberapa sering saya harus menerbitkan konten di blog? Jawabannya adalah Kita harus menerbitkan konten baru secara rutin. Rutin menerbitkan konten adalah salah satu langkah untuk menjamin bahwa blog Kita selalu up-to-date. 

Menulis secara rutin bukanlah hal yang mudah sehingga banyak bloggers dan pemilik blog yang tidak konsisten dalam menerbitkan konten baru. Hal ini menyebabkan fluktuasi di domain authority mereka. 

Traffic blog akan meningkat jika Kita rutin menerbitkan konten. Rutin menulis dan menerbitkan konten juga membantu meningkatkan page rank blog Kita. Kita juga akan memiliki banyak konten untuk interlinking. 

Pada dasarnya, semakin rutin Kita menulis dan menerbitkan konten baru, blog Kita akan menerima lebih banyak traffic blog.

Gunakan Media Sosial

Tidak cukup hanya dengan membuat konten yang berkualitas, kita perlu aktif mensosialisasikan konten untuk membuat orang-orang membacanya. Jika kita membagi konten Kita di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, Kita bisa mendapatkan audience baru untuk blog Kita. 

Apalagi jika konten Kita berkualitas, konten tersebut bisa mendapatkan lebih banyak share dan berkemungkinan untuk menjadi viral. Konten yang paling baik pun harus dibagi dan dipromosikan. 

Perlu diingat untuk tidak melakukan spamming di media sosial. Jika memungkinkan, susun jadwal untuk membagi post Kita ke situs-situs media sosial. Kita juga harus mengatur strategi media sosial. Gunakan desain yang tepat untuk branding dan marketing. Pada intinya, media sosial berperan penting dalam meningkatkan traffic blog.

Link Building

Link Building adalah kegiatan dimana kita mencoba untuk meningkatkan jumlah backlinks ke blog Kita. Jika blog Kita menerima backlinks dari blog lainnya, mesin pencari akan melihat blog Kita sebagai blog yang terpercaya di bidangnya. 

Dengan begitu, mesin pencari akan meletakkan blog Kita di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Apabila blog Kita berada di halaman pertama hasil pencarian, tentunya orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi blog Kita dan membaca konten di blog tersebut.

Konsisten dan sabar


Menjaga konsistensi blog Kita adalah faktor yang penting. Jika konsistensi Kita terjaga maka domain authority blog Kita juga akan meningkat. Kita juga harus bersabar karena SEO tidak akan berhasil hanya dalam semalam. Butuh waktu sebelum akhirnya Kita bisa melihat hasilnya.

Digital Marketing


Selain cara-cara gratis di atas, Kita juga perlu sesekali menggunakan teknik digital marketing untuk mengangkat traffic di blog Kita. Cara ini memang sedikit mahal namun, hasilnya akan berguna jika kita menaruh call-to-action yang benar di akhir konten yang kita promosikan. Artikel kami lainnya akan membantu kita mengenal lebih jauh cara menggunakan digital marketing dengan benar.

Itulah langkah-langkah yang dapat Kita lakukan untuk meningkatkan traffic blog Kita. Tapi satu hal yang harus Kita ingat adalah semua teknik SEO serta teknik-teknik di atas hanya akan benar-benar membuahkan hasil jika konten yang Kita miliki berkualitas. Dengan konten yang berkualitas, Kita akan dapat meningkatkan traffic blog, domain authority, organic search results, dan juga ranking blog.