Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanfaatkan Lahan Kosong di Desa untuk Lebih Bermanfaat

Bagi Anda yang hidup di desa dan memiliki lahan yang luas Anda wajib bersyukur, tanah atau lahan kosong di sekitar Anda dan yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda, perlu dimaksimalkan keberadaannya dengan dimanfaatkan secara baik.
Kebiasaan orang dulu yang hidup di pedesaan, membeli dan memiliki tanah yang luas sebagai celengan, tabungan atau investasi masa tuanya dan sebagai warisan atau peninggalan anak - anak mereka.

Bagi generasi penerus atau pewaris tanah mbah-mbah kita doeloe, alangkah baiknya kita manfaatkan tanah-tanah yang ada atau mungkin tidak ada tanah yang diwariskan orang tua kita karena orang tua kita doeloe miskin. Tetapi sebagai pewaris bumi pertiwi ini sebaiknya juga ikut andil dalam kemakmuran negara ini dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada.

Lahan lahan kosong di desa sebaiknya dimanfaatkan untuk:

1. Ladang alias tegalan

Kalau tanah kosong yang ada kiranya dapat dimanfaatkn untuk kebun atau ladang dapat ditanami tanaman yang cocok untuk kebun. Misalnya ditanami ketela, jagung, ubi-ubian, dan suweg atau porang.

2. Kebun Sayur

Jika lahan yang kosong tersebut memungkinkan ditanami sayur, lebih menguntungkan ditanami sayuran seperti ditanami bayam, kangkung, sawi, dan lain sebagainya.

3.Kebun buah

Kebun jeruk, kebun pisang, kebun melon, kebun semngka, kebun tomat, kebun cabai, kebun lemon, kebun durian dan lain sebagainya. Semua buah dapat ditanam di lahan kosong yang tidak atau belum dimanfaatkan.

4. Lahan tanaman herbal


Lahan kosong di desa juga dapat dimanfaatkan untuk menanam dan mengembangbiakkan tanaman herbal seperti, jahe, kunir, kunyit danlain sebagainya.

5. Lahan sengon

Sengon kini banyak dibutuhkan dunia industri, permintaan yang tinggi akan kayu sengon dapat dimanfaatkan untuk mengisi lahan kosong di desa dengan 5 tahunan  panen sengon dapat dijadikan investasi.

6. Kolam budidaya ikan

Lahan di sekitar rumah atau di lingkungan dapat dijadikan kolam ikan lele, Belut, gurame, nila dan yang lainnya.

7. Kolam pemancingan

Lahan yang belum terolah dapat dimanfaatkan untuk kolam pemancingan ikan. Selain untuk hiburan juga dapat digunakan untuk perlombaan.

8. Sekolah, madrasah, pesantren

Bila lahan yang ada cukup luas dan secara letak strategis untuk didirikan lembaga pendidikan, sebaiknya didirikan lembaga tersebut untuk kegiatan belajar mengajar.

9. Masjid atau mushola

Lahan kosong di lingkungan sekitar dapat diwakafkan untuk pendirian masjid atau mushola sebagai tempat ibadah.

10. Panti asuhan atau yatim

Pemanfaatan lahan kosong juga dapat dilakukan dengan pendirin penampungan anak-anak yatim piatu dengan mendirikan panti asuhan atau yayasan.

11. Tempat parkir

Jika lahan kosong tersebut berada di dekat sekolah, terminal atau stasiun, lahan tersebut dapat dimanfaatkan dengan membuka tempat parkir.

12. Taman desa

Kini desa-desa berlomba memperelok dirinya dengan membangun spot-spot yang menarik untuk liburan dan hiburan. Jadi, lahan yang tidak terpakai dapat dimanfaatkan untuk membamgun taman desa sebagai ruang refreshing dan berolahraga.

13. Taman bermain

Anak-anak desa membutuhkan ruang gerak untuk bermain, maka lahan yang masih kosong dapat dibangun di atasnya berbagai permainan untuk bermain anak-anak.

14. Lapangan volly

Lapangan bagi sebuah desa merupakan sesuatu yang harus dimiliki, sebab lapangan dapat dimanfaatkan untuk mendukung berbagai kegiataan masyarakat desa. Para remaja di desa juga akan betah berkarya di desa bila didukung dengan fasilitas, salah satunya adanya lapangan olahraga. Misalnya lapangan voli, lapangan bola, lapangan futsal, lapangan takraw, dan lain sebaginya.

15. Lahan peternakan

Ternak hewan di desa sangat mendukung perekonomian keluarga, untuk itu lahan-lahan yang masih kosong dapat dimnfaatkan untuk beternak ayam, kelinci, unggas, kambing, sapi, dan kerbau.

16. Kampung wisata atau kampung edukasi

Kini orang - orang suka untuk menghabiskan waktu liburan dengan travelling ke kampung-kampung wisata. Kini telah menjamur berbagai kampung antara lain kampung susu, kampung cokelat, kampung herbal, dan lain sejenisnya. Oleh sebabnya lahan - lahan kosong tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun kampung - kampung edukasi. Bahkan sawah pun dapat dijadikan wahana wisata edukasi berbasis alam.

Jadi jangan dibiarkan lahan kosong tanpa pemanfaatan yang baik. Eman lebih baik dimanfaatkan syukur - syukur kalau bisa menghasilkan uang dan keuntungan dari pada dibiarkan tak berguna hanya sebagai lahan pembuangan sampah dan ditumbuhi ilalang. Semoga berguna.