Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Learning Cell: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Teknik Pembelajaran Learning Cell

Dalam kamus Besar Indonesia, Teknik adalah cara atau kepandaian membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian. Menurut Warsono, Teknik pembelajaran adalah implementasi metode pembelajaran yang langsung di dalam kelas, merupakan kiat atau taktik untuk mencapai tujuan. Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Learning Cell: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, Kelebihan dan Kekurangannya
Teknik pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan bahan ajar yang telah disusun (dalam metode) berdasarkan pendekatan yang dianut. Teknik yang digunakan oleh guru tergantung pada kemampuan guru atau siasat agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik.

Istilah lain dari teknik adalah keterampilan. Dalam keterampilan, pembelajaran juga mencakup kegiatan perencanaan yang dikembangkan guru, struktur dan fokus pembelajaran, serta pengelolaan pembelajaran. Dengan demiukian, dapat dipahami bahwa teknik pembelajaran adalah siasat yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk memperoleh hasil yang optimal. Teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode yang digunakan.

Kemampuan guru dalam pengelolahan pembelajaran pada hakikatnya terkait dengan tafsiran tentang sejauh mana kemampuan para guru mampu dalam menerapkan berbagai variasi metode mengajar. Dalam praktik pembelajaran, seorang guru seharusnya mengimplementasikan apa yang sudah direncanakan atau dengan kata lain desain pembelajaran.

Oleh karena itu, teknik bersifat implementasional (pelaksanaan dan terjadinya pada tahap pelaksanaan pengajaran, penyajian, dan pemantapan). Jika kita perhatikan guru yang sedang mengajar di kelas, yaitu tampak pada kegiatan guru-murid itu adalah teknik mengajar.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran adalah sisasat atau cara yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar untuk dapat memperoleh hasil yang optimal.

Teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode yang digunakan. Dengan kata lain, pendekatan menjadi dasar penentuan metode,  dari metode dapat ditentukan teknik. Oleh karena itu teknik yang digunakan oleh guru dapat bervariasi. Untuk metode yang sama dapat digunakan teknik pembelajaran yang berbeda-beda, bergantung pada berbagai faktor.

The Learning Cell dikembangkan oleh Marcel Goldschmid dari Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne. Ini merupakan salah satu cara study yang efektif dari kelompok berpasangan (dyad).  Learning cell adalah suatu bentuk belajar kooperatif dalam bentuk berpasangan dimana peserta didik bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergantian berdasar pada materi bacaan yang sama.

Dalam metode Learning Cell siswa dituntut untuk kerja sama guna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama, berpikir kritis dan pada saat yang sama meningkatkan prestasi akademiknya.

Dalam pembelajaran tersebut memungkinkan siswa untuk lebih terlibat secara aktif dalam belajar karena ia mempunyai tanggung jawab belajar yang lebih besar dan memunginkan berkembangnya daya kreatif siswa.

Tujuan Teknik Learning Cell

Tujuan dari teknik Learning Cell untuk menciptakan suasana belajar yang mendorong siswanya aktif dalam proses belajar mengajar. Keaktifan ini dapat dicapai melalui ketergantungan metode yang digunakan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam segala bidang yang terjadi pada saat ini sudah semakin pesat. Dengan perkembangan tersebut maka akan menuntut perubahan cara mengajar atau metode yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya, adalh misi pendidikan yang menjadi tanggung jawab profesional setiap guru.

Dalam proses pembelajaran, yang mana guru menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa, maka seorang guru akan menjadi sumber informasi penting. Agar seorang guru tidak menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa, maka seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai teknik pengajaran. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat menyesuaiakan metode yang dipakai dalam proses pembelajaran dengan bahan pengajaran atau pokok bahasan.

Salah satu dari beberapa system terbaik untuk membantu pasangan peserta didik belajar dengan lebih efektif adalah dengan menggunakan teknik learning cell.

Langkah-langkah Teknik Learning Cell

  1. Sebagai persiapan, siswa diberi tugas membaca suatu bacaan kemudian menulis pernyataan yang berhubungan dengan masalah pokok yang muncul dari bacaan.
  2. Siswa ditunjuk untuk berpasangan dengan mencari teman. Siswa A mulai dengan membacakan pertanyaan pertama dan dijawab oleh siswa B.
  3. Setelah mendapatkan jawaban dan mungkin siswa telah dilakukan koreksi atau diberi tambahan informasi, giliran siswa B mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa A.
  4. Jika siswa A selesai mengajukan satu pertanyaan kemudian dijawab oleh siswa B, ganti siswa B yang tanya dan begitu seterusnya.
  5. Selama berlangsung tanya jawab, guru bergerak dari satu pasangan ke pasangan yang lain sambil memberi masukan atau penjelasan dengan bertanya atau menjawab pertanyaan.

Kelebihan Teknik Learning Cell

  1. Siswa lebih siap menghadapi materi yang akan dipelajari karena siswa telah memiliki informasi materi yang akan dipelajari melalui berbagai sumber di antaranya buku, internet, guru, dan orang yang ahli di bidang materi tersebut.
  2. Siswa akan memiliki kepercayaan diri dalam pembelajaran karena pembelajaran ini menggunakan teman sebaya dalam proses pembelajarannya. Siswa yang ditutori tidak akan segan-segan dalam memberikan pertanyaan yang tidak dipahami. Sebaliknya bagi siswa tutor selain pengetahuannya bertambah, kemampuan dalam mengkomunikasikan ilmu pengetahuan pada teman sebaya meningkat.
  3. Siswa aktif dalam pembelajaran baik sebelum dan sesudah pembelajaran itu sendiri maupun pada saat pembelajaran. Hal itu terjadi karena siswa diberi panduan untuk mencari sendiri pada saat setelah atau sebelum pembelajaran dari berbagai sumber, sedang pada saat pembelajaran siswa yang menjelaskan kembali materi yang diperoleh kepada siswa.
  4. Kemandirian siswa dalam proses pembelajaran sangat besar karena siswa dituntut memperoleh informasi sebelum dan setelah pembelajaran kemudian mengkomunikasikan kembali materi yang diperoleh pada siswa lainnya pada saat pembelajaran berlangsung.
  5. Hubungan sosial siswa semakin baik, antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan orang lainnya. Dalam kelas berorientasi pada siswa, tiap siswa merupakan seorang siswa sekaligus pengajar.

Kelemahan Teknik  Learning Cell

Kelemahan pembelajaran dengan menggunakan teknik learning cell adalah memerlukan banyak waktu, dan tidak ada penengah jika ada perselisihan di antara pasangan ketika guru jauh dari posisi mereka (ketika guru berada di area pasangan lain). Oleh karena itu guru harus selalu berkeliling dan mengawasi siswa.