Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanfaatkan Lahan Kosong Jadi Lahan Uang

Terkadang kita bingung harus melakukan apa terhadap lahan kosong yang dimiliki. Bila ditanami sayuran, perlu mempertimbangkan bagaimana cara merawatnya dan akan dikemanakan hasilnya. Kadang-kadang kita juga mempunyai pikiran untuk menyewakan lahan kosong kepada pihak ketiga yang membutuhkan dan masih banyak lagi pemikiran seputar pemanfaatan lahan kosong.
Cara Memanfaatkan Lahan Kosong Jadi Lahan Uang
Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari pemanfaatan lahan kosong. Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa cara lain untuk memanfaatkan lahan kosong. Apa saja itu?

1.Membangun Batas di Area Lahan yang Dimiliki

Jangan sampai lupa untuk memberikan pembatas yang jelas di sekeliling lahan yang dimiliki. Jangan sampai membiarkan lahan tanpa pembatas. Pembatas ini sangat berguna untuk menunjukkan secara akurat batas antara lahan yang kita miliki dan lahan milik orang lain.

Selain itu, pembatas yang jelas juga memberikan tanda kepada orang lain bahwa lahan itu masih diperlukan atau ada yang memiliki sehingga menghindari pemanfaatan secara liar oleh orang lain.

Kita bisa menggunakan pembatas sederhana dengan pembatas kawat atau pembatas seng bergelombang. Jika mempunyai dana lebih, ada baiknya memberikan pembatas dengan tembok agar lebih aman dan permanen.

2.Dapatkan Untung dengan Menggunakannya sebagai Lahan Parkir

Apabila lahan kosong yang dimiliki mempunyai lokasi yang strategis, tentu ini jadi peluang untuk menggunakannya sebagai lahan parkir. Kita bisa menyewakan lahan kosong yang dimiliki kepada penduduk setempat yang tidak mempunyai lahan parkir untuk kendaraannya.

Di kota-kota besar semisal Jakarta, pemanfaatan lahan kosong sebagai tempat parkir menguntungkan sebagai passive income yang lumayan banyak. Sebagai misal kalau lahan dapat ditempati lima mobil, dengan biaya sewa antara Rp200-Rp250 ribu per bulan, kita dapat mengantongi uang sebesar Rp1 juta- Rp1,25 juta per bulannya. Belum lagi kalau mempunyai lahan parkir yang dapat ditempati sepuluh kendaraan atau lebih, akan makin besar passive income yang dapat diperoleh.


3.Menjadikan Apotek Hidup

Obat alam merupakan salah satu obat alternatif yang punya khasiat tak kalah dengan obat-obat pabrikan. Kita dapat memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki sebagai lahan untuk mengembangkan obat-obatan herbal atau yang biasa dikenal sebagai ‘apotek hidup’.

Kita bisa bercocok tanam dengan tanaman obat-obatan, seperti kunir, jahe, curcuma, atau banyak lagi jenis tanaman obat-obatan herbal lainnya. Dengan bantuan teknologi internet, kita bisa dengan mudah mendapatkan pembeli yang sedang mencari bahan obat-obatan herbal.

4.Dijadikan sebagai Lahan Budi Daya Ikan

Selain dijadikan sebagai lahan untuk bercocok tanaman, lahan kosong juga bisa digunakan sebagai kolam untuk budi daya ikan, seperti ikan lele, mujair, dan nila. Pemanfaatan lahan kosong untuk budidaya ikan akan sangat memberikan banyak keuntungan.

Untuk memulainya, kita dapat bekerja sama dengan orang yang memahami cara membudidayakannya. Dengan pembagian yang adil dan proporsional, budidaya ikan di lahan kosong ini menjadi salah satu sumber pendapatan. Selain itu, lahan kosong menjadi lahan yang produktif.

5.Mengembangkan Industri Kecil

Lahan kosong juga bisa digunakan sebagai lahan untuk mengembangkan industri kecil atau usaha industri kecil, seperti pembuatan dan penggorengan kerupuk ataupun industri-industri makanan kecil lainnya yang memerlukan lahan untuk pengerjaannya.

Sama halnya dengan budi daya ikan, kita juga bisa menawarkan kerja sama kepada orang yang sudah memahami industri yang akan kita bangun. Pengembangan industri kecil, selain dapat memanfaatkan lahan kosong dan memberikan tambahan income, juga dapat digunakan sebagai wadah untuk membuka peluang lapangan pekerjaan.