Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Garasi dan Ide Kreatif Desain Garasi Mobil

Oke sobat blogger..

Kali ini saya akan membagikan ide kreatif tentang garasi. Para pemilik mobil atau sepeda motor tentu tidak asing dengan kata garasi. Mobil dan sepeda motor akan aman terlindungi dari berbagai kendala atau masalah khususnya masalah cuaca dengan adanya garasi.

Membangun garasi motor maupun mobil tidak asal jadi ya sobat blogger...desain yang bagus merupakan kepuasan tersendiri dan akan menginspirasi orang lain untuk membuatnya.

Desain Garasi Yang Benar

Garasi idealnya juga harus diperlakukan seperti layaknya ruangan-ruangan lainnya seperti kamar ataupun ruang tamu. Selain menentukan ukurannya, desain yang garasi yang benar juga harus memenuhi beberapa unsur seperti ventilasi udara, pemilihan lantai, menentukan model pintu yang cocok, menyediakan sarana penyimpangan barang sparepart dan lain-lain.

Idealnya garasi juga harus dekat ataupun berada dalam satu pola dengan gudang, bisa saja kedua ruangan ini hanya dipisahkan dengan dinding massive ataupun tidak. Gudang ini berfungsi sebagai media penyimpanan barang-barang yang berkaitan dengan mobil seperti ban cadangan, oli, dongkrak, mesin pompa steam dan lain-lain.

Diperlukan cara cerdas untuk manajemen barang dalam gudang supaya ada tambahan barang baru bisa dikontrol. Terlebih lagi bahwa sebagian dari kita selalu merasa sayang untuk membuang aksesoris mobil yang sudah tidak terpakai, seperti jok bekas, ban bekas, oli bekas dan lain-lain karena berbagai alasan.

Pilihan Lantai Garasi

Ini amatlah penting seperti pentingnya unsur-unsur lainnya. Pertimbangan beban kendaraan haruslah pikirkan. Tumpahan oli bekas, asap kendaraan dan lain-lain akan cepat mengotori lantai. Untuk itu pilihkan material lantai garasi mobil yang memiliki pori-pori kecil seperti keramik atau granit agar tidak menyerap dan mudah untuk dibersihkan. Pilih yang bertekstur untuk menghindari permukaan lantai yang terlalu licin (unpolished), sebaiknya untuk menentukan lantai garasi mobil, konsultasikan dengan sang ahli.

Tipe-tipe lantai garasi adalah sebagai berikut:

1. Beton/ Plester

Yang paling umum digunakan sebagai material lantai untuk garasi mobil adalah lapisan beton atau plesteran. Selain relatif murah, lantai dari juga lebih terlihat simpel. Namun apabila menggunakan beton sebagai lantai untuk garasi mobil, maka harus membuatkan jalur air kecil yang mengarah ke selokan depan rumah. Hal ini perlu dilakukan mengingat lantai beton tidak bisa menyerap air. Sehingga saat sedang mencuci mobil ataupun sebagainya, air tidak menggenang di dalam garasi.

2. Batu Alam

Batu alam cocok digunakan sebagai lantai garasi. Tekstur kasar yang dihasilkan memberikan daya cengkeram pada kendaraan.. Pilihlah batu-batuan andesit dan batu kali lempeng agar kesan alami pada lantai garasi mobil terlihat. Agar hasilnya lebih menarik, bisa memilih batu alam yang sudah dibentuk kemudian bisa mengkreasikan dengan desain sedemikian rupa untuk lantai garasi rumah.

3. Keramik

Jika ingin memiliki lantai garasi mobil yang lebih berwarna, bisa menggunakan material dari keramik. Selain kaya warna, keramik juga banyak dipilih karena memiliki banyak motif, dan juga tekstur yang variatif. Untuk lantai garasi, pilihlah keramik dengan tekstur yang kasar agar ban mobil lebih memiliki daya cengkeram. Selain itu, pilihlah ukuran keramik yang tidak terlalu besar agar lebih kuat menahan beban kendaraan roda empat.

Selain itu, jangan pernah mencuci mobil di dalam ruangan garasi, sebab dapat membuat garasi Anda akan lembab. Akibat fatal dari kelembaban rendah ini adalah bahwa mobil Anda akan mudah diserang karat.

Berikut kami kumpulkan beberapa gambar garasi mobil yang menarik dan menginisiatif. Mari kita lihat beberapa gambar garasi yang inspiratif di sini.