Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid (Gus Solah)

Salahuddin Wahid lahir pada 11 September 1942, di Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Putra dari  KH Wahid Hasyim. Gus Solah wafat diusianya yang ke-77 tahun pada hari Ahad tanggal 2 Februari 2020 pukul 20.55 di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) adalah salah seorang tokoh NU yang telah lama dikenal sebagai sosok yang idealis dan memiliki komitmen tinggi untuk memajukan NU ke depan. Tokoh yang dipercaya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. 

Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Dia merupakan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).


Di kancah politik, pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat pada masa awal reformasi 1998.  Gus Sholah pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, dia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.