Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Saat Membeli Jas Hujan

Jas hujan dibutuhkan oleh kita semua saat datang musim hujan untuk melindungi tubuh dan pakaian kita dari air hujan yang membuat kita basah semua bila tidak dilindungi dengan jas hujan.

Jas hujan yang beredar di pasaran berjenis dan bertipe sangat banyak sekali. Pabrik jas hujan membuatnya mulai dari tipe sederhana dengan bahan yang tidak berkualitas dan dengan harga murah sekali dan ada yang dibuat dari bahan yang bagus dengan harga yang mahal dan didesain secara baik.

Kita sebagai konsumen pemakai produk jas hujan yang telah dibuat dapat memilih sesuai selera kita dan disesuaikan dengan budget kita.

Melihat beberapa belakangan ini hujan bisa tiba-tiba turun deras saat kita di tengah jalan, jadi tak ada salahnya untuk menyiapkan jas hujan sebelum berpergian. Tapi apakah kita sudah benar dalam memilih jas hujan?

Buat Anda yang berencana ingin membeli jas hujan, maka tidak ada salahnya memerhatikan 5 tips khusus memilih jas hujan terbaik berikut.

1. Cek proses penjahitan

Sebenarnya pemilihan jas hujan sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan. Salah satu langkah yang tepat dalam memilih jas hujan terbaik haruslah terasa nyaman dipakai dan bisa melindungi tubuh pengendara dari terpaan air hujan.

Buat kita yang berencana membeli jas hujan, maka harus memerhatikan sambungan pada bagian detail jas hujannya. Hindari memilih jas hujan yang dijahit pada setiap bagiannya, karena akan membuat air masuk melalui pori-pori pada di sepanjang jalur proses penjahitan.

Sebaiknya pilih jas hujan yang melalui proses dipres untuk mengurangi terjadinya pakaian basah akibat rembesnya air hujan.

2. Memilih bahan jas hujan yang nyaman dipakai

 Selain proses penjahitan, sebaiknya kita memilih jenis bahan jas hujan yang nyaman dipakai. Dengan penggunaan bahan dasar jas hujan yang nyaman, maka akan membuat kita tidak terganggu saat memakainya.

Nah, hindarkan menggunakan jas hujan berbahan PVC atau plastik seperti yang banyak dijual di pinggir jalan. Sebab bahan tersebut akan membuat kita kepanasan dan merasa tidak nyaman, sedangkan bahan plastik terbilang lebih mudah robek.

Disarankan kita memilih jas hujan yang berbahan parasut, karena bersifat anti air, ringan dan halus jika dibandingkan dengan jas hujan berbahan PVC.

Selain itu bahan parasut taslan ini terbilang aman dijemur, berbeda dengan bahan PVC yang kalau dijemur bisa mengeras.

3. Perhatikan bagian resleting

Nah, untuk langkah yang satu ini kita harus lebih teliti. Sebaiknya kita memeriksa bahan apa yang digunakan untuk resleting pada jas hujannya.

Agar awet, pilihlah jas hujan yang menggunakan resleting berbahan tembaga atau kuningan. Dengan menggunakan bahan kuningan atau tembaga, maka akan membuat jas hujanmu lebih awet.

Hindari memilih resleting jas hujan berbahan plastik atau besi. Sebab bahan plastik sangat mudah rusak, sedangkan resleting berbahan besi akan cepat berkarat.

Jadi sebaiknya pilihlah jas hujan dengan resleting yang terbuat dari kuningan atau bahan tembaga, ya.

Namun jika resleting berbahan tembaga atau kuningan sulit ditemukan, kita bisa memilih berbahan besi dengan penutup pada bagian retsletingnya agar tidak mudah berkarat.

4. Tidak membeli model ponco

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat hendak membeli jas hujan adalah tidak memilih jas hujan berjenis ponco. Sebab model ponco terbilang berbahaya, karena bagian belakangnya yang menjuntai panjang dapat mengganggu pengendara lain. Hal ini bisa berakibat fatal, apalagi dalam kondisi hujan sangat lebat.

Kita pun bisa memilih jas hujan model setelan yang terbilang lebih aman.

Selain itu perhatikan bagian setelan jas hujan, khususnya celana. Kita bisa memilih bentuk yang agak besar, sehingga tidak mudah robek.

5. Warna yang mencolok

Ketika hujan turun dengan lebatnya dan kita dalam keadaan mengendarai sepeda motor, maka sebaiknya berhenti sejenak dan segeralah mengenakan jas hujan.

Namun dalam pemilihan jas hujan, kita harus membeli yang berwarna cerah, terang dan mencolok.

Hal ini diperlukan agar pengguna jalan lain dapat melihat keberadaan kita di jalan saat intensitas hujan terbilang cukup besar, apalagi di malam hari.

Dengan kata lain warna terang pada jas hujan akan membuat kita lebih aman. Ada beberapa warna-warna jas hujan yang direkomendasikan seperti warna hijau muda, kuning atau orange dan terdapat garis berwarna terang yang dapat memantulkan sorotan lampu.

Meski terlihat sepele, namun kita perlu memilih jas hujan dengan baik dan benar agar merasa nyaman saat memakainya di tengah berkendara.

Setelah mengetahui tips di atas, maka kita sudah bisa memilih jas hujan yang terbaik untuk dipakai.