Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta-Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Bulan Februari

Waktu ternyata berjalan begitu cepat. Tanpa terasa, kini sudah memasuki bulan kedua pada tahun 2020. Februari, bulan setelah Januari dan bulan kedua dalam sistem kalender internasional ISO ini adalah bulan terpendek dalam setahun. Selain sebagai bulan kedua, bulan Februari juga dikenal masyarakat sebagai bulan kasih sayang karena pada bulan ini banyak orang yang merayakan hari Valentine. Apa saja fakta yang Anda tahu tentang bulan Februari? Ketahui juga fakta di bawah ini supaya Kamu mengenal bulan Februari dengan lebih baik.

1. Asal Nama Bulan Februari

Nama bulan Februari berasal dari kata Februa atau Februarius yang merupakan perayaan dan upacara penyucian atau pemurnian bagi bangsa Romawi kuno. Festival tersebut dilakukan setiap tanggal 13 hingga 15 Februari. Selain nama dari perayaan bangsa Romawi, kata Februari juga merujuk pada dewa bangsa Romawi kuno yakni Februus yang merupakan dewa pemurnian yang dipuja dalam festival tersebut.

2. Bulan Lumpur

Jika bulan februari dikenal sebagai bulan serigala maka kaum Anglo Saxon juga punya sebutan untuk bulan yang satu ini. Menurut kaum Anglo saxon tersebut yakni mereka yang tinggal didataran Eropa khususnya yang mendiami Inggris raya atau Great Britain, bulan februari dalam kalender mereka biasa disebut dengan nama Solmonath atau yang berarti bulan lumpur. Entah mengapa mereka menamainya demikian, ya!

3. Bulan Terpendek

Semua orang pastinya tahu bahwa bulan Februari adalah bulan terpendek dalam setahun meskipun jika tahun tersebut adalah tahun Kabisat. Bulan Februari hanya memiliki 28 atau 29 hari dan bahkan sebelum kalender Julius Caesar diperbarui pada tahun ke 49 sebelum Masehi, Februari juga masih merupakan bulan terpendek dengan 28 hari. Meski demikian tahukah kamu bahwa pada zaman dahulu meski Februari punya 29 hari mereka tetap menyebutnya 28 hari karena tanggal 24 februarinya ada dua.

4. Tanpa Bulan Purnama

Karena memiliki hari dengan jumlah yang paling sedikit yakni 28 atau 29 hari, Februari adalah satu-satunya bulan yang bisa tidak dilewati oleh bulan Purnama. Dengan kata lain, pada tahun-tahun tertentu bulan purnama tidak akan muncul pada bulan ini, seperti yang terakhir kali terjadi pada tahun 2018.

5. Batu Ametis

Lain halnya dengan bulan Januari yang diwakili oleh batu garnet, batu kelahiran untuk bulan Februari diwakili oleh batu ametis. Batu ametis atau yang juga disebut sebagai batu kecubung adalah salah satu batu mulia yang cukup populer tidak hanya di luar negeri tetapi juga di Indonesia dan biasa dikenal sebagai salah satu jenis batu akik. Batu ini memiliki warna ungu tua dan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi mereka yang lahir pada bulan februari.


6. Bulan Kue

Berdasarkan sebuah buku kuno yang ditulis pada abad ke 8 atau yang dikenal dengan sebutan bede, bulan Februari adalah bulan di mana masyarakat kuno terutama bangsa Romawi mempersembahkan kue kepada para dewa. Oleh sebab itu bulan Februari juga dijuluki sebagai bulan kue meskipun saat ini ritual tersebut sudah tak lagi dilakukan.

7. Tahun Kabisat

Anda tentunya tahu apa makna dari tahun kabisat atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan leap year. Tahun kabisat bergantung dan berkaitan dengan bulan Februari secara langsung karena tahun kabisat hanya terjadi jika bulan Februari memiliki 29 hari dan hal ini hanya terjadi sekali dalam empat tahun. Uniknya kamu yang lahir pada tanggal 29 Februari pada tahun kabisat berarti hanya akan merayakan ulang tahunmu empat tahun sekali.

8. Salah Pengucapan

Kata Februari yang merupakan nama bulan adalah salah satu kata yang paling sering salah diucapkan atau dituliskan oleh masyarakat dimnegara berbahasa Inggris. Bahkan sebuah surat kabar atau press yang dikeluarkan oleh kepresidenan Amerika Serikat yang bermarkas di gedung putih salah melafalkan bulan Februari dengan kata Feburary.

9. Bulan Sarapan Panas

Hot breakfast month atau bulan sarapan panas juga disandangkan pada bulan Februari di Amerika Serikat. Pada bulan yang masih termasuk dalam musim dingin ini, masyarakat Amerika disarankan untuk menyantap hidangan yang panas atau hangat untuk sarapan dipagi hari. Tentunya supaya mereka tetap sehat dan bersemangat untuk beraktifitas meskipun hari sedang dingin.

10. Bulan Ketiga Musim Panas dan Musim Dingin

Berbeda dengan dunia belahan utara yang sedang mengalami musim dingin, di bagian bumi selatan seperti Australia dan Selandia baru, bulan Februari adalah bulan ketiga dalam musim panas. Perbedaan musim dan iklim tentu saja dialami oleh mereka yang tinggal di bagian utara maupun selatan. Di negara tropis seperti Indonesia sendiri, bulan Februari adalah bulan yang cerah menjelang kemarau meskipun masih sering turun hujan.

11. Sedikit Bayi Lahir

Perlu Anda ketahui bahwa Februari adalah bulan yang paling sedikit memiliki angka kelahiran dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya apalagi bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari bisa dikatakan langka. Belum ada penjelasan ilmiah mengapa pada bulan ini hanya sedikit ibu hamil yang melahirkan sementara angka kelahiran paling tinggi dimiliki oleh bulan Agustus.

12. Bulan Terakhir Yang Ditambahkan

Sebelum kalender bangsa Romawi diperbarui, musim dingin dianggap tidak memiliki bulan sehingga hanya musim panas, semi dan gugur saja yang dijadikan nama bulan. Meski merupakan bulan pertama dan kedua dalam kalender internasional, ternyata kedua bulan tersebut justru ditambahkan paling akhir pada kalender bangsa Romawi karena bulan tersebut khususnya Februari adalah akhir musim dingin. Lengkapnya bulan Februari ditambahkan pada kalender bangsa Romawi pada tahun 713 sebelum masehi.

13. Bunga Primrose

Bunga yang cantik kerap digunakan sebagai lambang dari bulan dalam setahun atau yang disebut dengan flowerbirth. Bulan Februari sendiri dilambangkan dengan bunga primrose. Bunga primrose adalah bunga cantik yang memiliki banyak warna dan merupakan bunga yang melambangkan cinta, pembaruan dan kesetiaan. Menurut sejarah bunga primrose juga merupakan bunga yang melambangkan dewi Freya atau dewi kesuburan.

14. Tahun Baru Cina

Mungkin Anda tidak menyadarinya bahwa tahun baru Imlek atau tahun baru bagi masyarakat Tionghoa biasanya dirayakan dibulan ini atau pada bulan januari meskipun lebih sering dan lebih banyak dirayakan pada bulan Februari tepatnya sekitar tanggal 21 Januari hingga 20 Februari. Karena Februari memiliki jatah kemungkinan perayaan lebih besar yakni 20 hari dibandingkan Januari yang memiliki 10 hari, itulah mengapa tahun baru Imlek lebih sering terjadi pada bulan Februari.

15. Bulan Penggemar Coklat

Di Amerika serikat dan negara di sekitarnya, bulan Februari adalah bulannya para penggemar coklat atau di sana dirayakan sebagai Chocolate Lovers Month. Tidak heran, karena memang bulan ini adalah bulan perayaan hari kasih sayang atau hari valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Tapi tahukah kamu bahwa pada bulan ini masyarakat di seluruh dunia banyak menghabiskan uang untuk membeli coklat dan diperkirakan jumlahnya mencapai 400 juta USD atau setara dengan bertrilyun-trilyun rupiah.

Itulah fakta tentang bulan Februari yang bisa Anda ketahui. Adakah fakta lainnya yang Anda ketahui tentang bulan ini? “Love February and have a great day ahead”