Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Besar Olahraga Murah Jalan Kaki

Perkembangan zaman yang begitu sangat pesat dan semakin canggih tak ayal memiliki pengaruh bagi masyarakat saat ini. Perkembangan tersebut tidak melulu menguntungkan, tetapi dapat juga merugikan terhadap kehidupan manusia. Hal tersebut dapat ditandai dengan kehidupan yang serba mesin. Gaya hidup ini merupakan salah satu yang merugikan.
Manusia saat ini tidak lagi bekerja terlalu lelah. Begitu pun banyak kemudahan dalam mengakses berbagai hal termasuk dalam pemenuhan kebutuhan pokok seperti makan dan juga dalam berpergianpun sudah tidak lagi dengan berjalan kaki melainkan menggunakan motor, mobil, dan sebagainya.

Bahkan hanya untuk sekadar berjalan kaki membeli makan di dekat rumah. Masyarakat saat ini lebih memilih berdiam di rumah kemudian memesan makanan melalui "delivery order" dan menunggu makanan datang.

Astrand dalam Sudarno (1992:4) mengatakan bahwa, "pada masyarakat modern saat ini manusia serba elektronik otomatik telah merampas sebahagian besar kerja jasmaniah yang bagi mereka nenek moyang kita porsi utama mereka".

Kebiasaan - kebiasaan tersebut akan sangat berpengaruh tetunya bagi kesehatan tubuh manusia jika dibiarkan terus menerus dan jarang melakukan aktivitas fisik.

WHO mendefinisikan Aktifitas fisik sebagai suatu gerak tubuh yang dihasilkan dari kerja otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Inaktifitas fisik (kurangnya aktifitas fisik) telah dikenal sebagai faktor utama keempat penyebab kematian global (6% dari kematian secara global).

Selain itu, inaktifitas fisik diperkirakan menjadi penyebab utama untuk sekitar 21-25% dari kanker payudara dan usus, 27% dari diabetes dan sekitar 30% dari beban penyakit jantung iskemik (WHO, 2016).

Penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa lebih dari dua juta kematian setiap tahun disebabkan oleh kurangnya bergerak atau aktivitas fisik. Oleh sebab itu, beraktivitas fisik sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan.( DEPKES RI, 2000 )

Berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik  yang murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang perbedaan wanita atau pria, muda atau tua semua bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Hanya dengan berjalan kaki dapat menyehatkan tubuh, aktivitas ini juga aman dilakukan karena tidak memiiliki risiko cedera yang tinggi.

Menurut Junaidi, 2011 melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik. Dengan melakukan aktivitas fisik ini dapat mengurangi berat badan, meningkatkan fleksibilitas, daya tahan serta kekuatan otot dan meningkatkan kebugaran jantung, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup.

Menurut Iknoian (1996:9), berjalan kaki adalah olahraga yang memiliki efek samping yang rendah yaitu hanya sedikit menimbulkan rasa kaku pada tulang dan jaringan tubuh.

Pejalan kaki menggunakan kakinya 1 hingga 1 1/5 kali berat tubuhnya setiap langkah, sedangkan pelari membutuhkan 3 hingga 4 kali berat tubuh untuk berlari.

Studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Center baru-baru ini ditemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab tingginya risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.(Rina T.A, 2007)

Hanya dengan berjalan kaki kita mendapatkan banyak manfaat bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Nozomi Okamoto dari Nara Medical University School of Medicine yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Medicine menjelaskan bahwa berjalan kaki selama 20 menit sebanyak dua kali dalam sepekan di rumah sudah efektif secara signifikan meningkatkan stamina, vitalitas, dan kesehatan fisik dan mental. Jika jumlah langkah tiap harinya ditambah, dalam 32 minggu kita bisa merasakan efek positif secara nyata.

Dalam penelitian yang dilakukan sabar subakti, 2014 di Rumah Sakit Dolog Sanggul juga menyimpulkan bahwa latihan jalan kaki 30 menit memberikan pengaruh pada penurunan tekanan darah pada pasien penderita hipertensi.

Beberapa manfaat lainnya yang dapat kita rasakan hanya dengan berjalan kaki, antara lain:

1. Kebahagiaan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine Saat mengalami hari atau hati yang suram, berjalan kaki di luar ruangan selama 15 menit efektif meningkatkan suasana hati.

2. Kreativitas

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengasah kemampuan berpikir konvergen dan divergen, yang keduanya terkait dengan peningkatan kreativitas dan 'kelahiran' ide-ide baru. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa jalan kaki bisa menjadi 'makanan' terbaik bagi otak yang sedang buntu.

3. Awet muda

Berjalan kaki dapat membatu efektivitas perawatan antikeriput yang sedang Anda jalani dengan cara mempertahankan atau memperpanjang telemor, ungkap studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Telemor sendiri merupakan bagian dari DNA yang memendek seiring bertambahnya usia.

4. Vitamin mata

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, para peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas aerobik secara teratur memiliki bola mata yang lebih sehat dan lebih kecil kemungkinannya menderita masalah mata, seperti degenerasi retina dan kehilangan penglihatan terkait usia.

5. Terapi untuk insomnia

Dalam sebuah studi besar mengenai tidur, para peneliti menemukan bahwa orang yang rutin berjalan kaki memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Peneliti menyarankan untuk rutin berjalan kaki setiap hari sebagai salah satu terapi untuk mengatasi gangguan tidur.

Dalam Sadoso (1996:8) menambahkan manfaat atau keuntungan dari melakukan jalan kaki Otot-otot dan peredaran darah akan bekerja lebih efisien, menaikkan elastisitas pembuluh-pembuluh darah, jantung akan lebih efisien yaitu memompa darah lebih banyak, menurunkan kadar lemak dalam darah, mengurangi terjadinya penggumpalan darah, akan bertambah kuatnya ketahanan terhadap stress, dapat menurunkan kadar gula darah, serta dapat mengurangi kegemukan dan tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari dari resiko ini, dalam sebuah diskusi para ahli jantung dari Washington DC, team dokter dari Universitas of Colorad, AS, menyarankan agar kita rajin berjalan kaki paling sedikit 45 menit setiap hari, oleh Cahyani dalam (Majalah Tempo, Edisi 26-1 Juni 2003:60).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minimnya melakukan aktivitas fisik dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi tubuh, oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan aktivitas fisik walaupun hanya sebentar.

Melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki contohnya saja begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan bagi tubuh kita. banyak keuntungan yang kita dapatkan hanya semudah kita berjalan kaki saja. Maka dari itu marilah kita ubah kebiasaan kita untuk kesehatan yang lebih baik.