Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Anggur adalah buah yang telah banyak dikenal dan mudah ditemukan hampir diseluruh dunia. Banyak orang yang akan terpesona dengan buah yang manis dan lezat ini. bahkan selain memiliki kelezatan yang memikat lidah kita, buah anggur juga dikenal  memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.
Dalam bahasa latin buah anggur dikenal dengan Vitis vinefera atau vitis labrusca. Buah ini termasuk tanaman buah berupa perdu yang merambat dan digolongkan dalam keluarga vitaceae. Buah anggur diyakini berasal dari kawasan selatan, antara laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia kecil.

Tanaman anggur telah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Dari Mesir, teknologi pengolahan dan budidaya anggur ini mulai masuk ke Yunani dan menyebar sampai ke Spanyol, Jerman, Perancis, dan Asutralia. Sejalan dengan perjalanan Columbus, anggur mulai menyebar ke Mexico, Amerika Serikat, Afrika selatan, Asia termasuk Indonesia dan Australia.
Hasil penyebaran ini menyebabkan anggur memiliki beberapa sebutan seperti Grape di Eropa, orang Cina menyebutnya Pu tao dan di Indonesia disebut anggur.

Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Pada tahun 1682-an tanaman buah anggur ini mulai dibudidaya di daerah Bayuwangi & Besuki. Pada tahun 1899 anggur dari Probolinggo yaitu jenis biru (ungu) dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo super dan Prabu Bestari.

Salah satu jenis olahan buah anggur yang sering kita jumpai adalah kismis. Kismis adalah anggur kering yang memiliki kadar gula sekitar 60%.

Kismis diyakini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Manfaat yang dihasilkan dari kismis juga tidak kalah dengan hasiat yang dihasilkan dari buah anggur yang segar. Kini para ahli gizi dan pakar medis telah merekomendasikan buah kurma maupun buah anggur sebagai makanan yang kaya gizi dan mampu memenuhi kebutuhan asupan gizi penting bagi tubuh kita.

Mereka menilai bahwa buah buah tersebut setelah kita konsumsi akan mudah diserap tubuh dan masuk ke aliran darah sehingga orang yang mengonsumsi sedikit anggur maupun kismis akan memperoleh energi yang besar bagi aktivitas fisik dan otak mereka.

Kandungan Buah Anggur

Menurut USDA nutrient database, setiap 100 gram (3,5 oz) anggur hijau atau anggur ungu mengandung karbohidrat (18,1 gram), gula (15,48 gram), serat makanan (0,9 gram), lemak (0,16 gram), protein (0,72 gram); vitamin B1 (0,069 mg), B2 (0,07 mg), B3 (0,188 mg), B5 (0,05 mg), B6 (0,086 mg), B9 (2 μg), C (10,8 mg), E (0,19 mg), K (22 μg); fosfor (20 mg), kalium (191 mg), kalsium (10 mg), magnesium (7 mg), mangan (0,071 mg), natrium (3,02 mg), seng (0,07 mg), zat besi (0,36 mg), turunan stilbene, trans-Resveratrol (trans-3,5,40-trihydroxystilbene).

Biji anggur mengandung flavonoid (4-5%), termasuk kaempferol-3-O-glucosides, quercetin-3-Oglucosides, quercetin, dan myricetin. Flavonoid merupakan senyawa fitokimia pemberi warna ungu pada anggur.

Anggur juga kaya polifenol. Sekitar 60–70% polifenol anggur ditemukan di bijinya. Polifenol biji anggur merupakan derivatives (turunan) flavan-3-ol. Komponen utamanya adalah (+)-catechins, (−)-epicatechin,(−)-epicatechin-3-O-gallate, procyanidins dimers (B1-B5), procyanidin C1, dan procyanidin B5-3′-gallate. Termasuk juga procyanidins atau proanthocyanidins yang sebagian besar heksamer.

Anggur juga kaya akan anthocyanin, 3-glucosides, 3-acetylglucosides, 3-coumaroylglucosides, 3-caffeoylglucosides, 3,5-diglucosides, 3-acetyl-5 diglucosides, 3-coumaroyl-5-diglucosides, dan 3 caffeoyl-5-diglucosides of cyanidin, delphinidin, peonidin, petunidin, dan malvidin.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Migran

Jus anggur dikenal sebagai obat rumahan yang mampu membantu menyembuhkan migran. Jika Anda termasuk dalam penderita migran kronis, maka Anda patut mencoba obat alami ini. Caranya dengan membuat jus anggur murni tanpa air dan diminum setiap pagi hari.

2. Memperlambat Penuaan

Benih dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk menunda penuaan. Anda pun dapat memasukkan buah ini ke dalam sarapan pagi Anda secara teratur.

3. Jantung sehat

Anda tak perlu khawatir lagi akan kesehatan Jantung. Karena saat ini Anda dapat menjaga jantung Anda dengan meminum satu gelas jus anggur atau memakannya dalam keadaan mentah. Cara ini sangat efektif untuk menyehatkan jantung Anda.

4. Mengatur Gula Darah

Anggur memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga anggur diklaim sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah yang tidak seimbang. Fitonutrien yang hadir dalam buah berbentuk mungil ini sangat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Mencegah kanker

Antioksidan dan anti inflamasi nutris pada anggur dapat menghambat menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidins yang sangat kuat hadir dalam buah anggur dan memiliki sifat anti peradangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.

6. Menyembuhkan Sembelit

Kandungan gizi dari buah anggur sangatlah penting untuk menyembuhkan sembelit. Karena anggur mengandung asam organik, selulosa dan gula yang membantu Anda mengatasi masalah sembelit.

Bagaimana? Luar biasa sekali bukan? Itulah manfaat buah Anggur untuk kesehatan yang bisa kita peroleh, semoga bermanfaat.