Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD/MI

Pengertian mata pelajaran IPS

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD/MI. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi geografi, Sejarah, dan Ekonomi. Pelajaran tersebut disajikan di sekolah mulai dari kelas rendah sampai dengan kelas atas.
Pembelajaran IPS dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan pembelajaran di sekolah yang mempelajari masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat yang memuat keadaan geografis, perkembangan sejarah, dan kegiatan ekonomi masyarakat.

Pembelajaran di SD/MI merupakan suatu proses pembelajaran yang dapat memahami serta mengembangkan ilmu sosial yang dapat dipelajari di jenjang berikutnya. Pembelajaran IPS di SD/MI diharapkan peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dan lebih mendalam pada ilmu yang diberikan. 

Tujuan Pembelajaran IPS

Setiap mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum, telah ditentukan tujuan yang harus dicapai oleh mata pelajaran tersebut dalam Proses Belajar Mengajar. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan pembelajaran IPS secara keseluruhan, tujuan pembelajaran IPS di SD/MI adalah sebagai berikut :
  1. Membekali siswa dengan pengetahuan sosial yang dapat berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat.
  2. Membekali siswa dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
  3. Membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai keilmuan serta bidang keahlian.
  4. Membekali siswa dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap cara pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.
  5. Membekali siswa dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Ruang Lingkup Pembelajaran IPS

    Kebutuhan manusia dalam konteks sosial sangat banyak dan luas, maka pembelajaran IPS dalam setiap jenjang pendidikan perlu diadakan pembatasan sesuai dengan kemampuan peserta didik pada jenjang masing-masing.

    Misalnya ruang lingkup materi IPS untuk tingkat sekolah dasar dibatasi pada gejala dan masalah sosial yang mampu dijangkau pada geografi dan sejarah. Itu pun diutamakan pada gejala dan masalah sosial sehari-hari yang ada di lingkungan siswa.

    Ruang lingkup tersebut dikembangkan secara bertahap, sejalan dengan perkembangan tingkat kematangan cara berpikir siswa. Pada tingkat lanjutan, ruang lingkup dan bobotnya diperluas pada masalah-masalah lingkungan, penerapan teknologi dalam berbagai sektor kehidupan, transportasi, komunikasi, pengangguran, kelaparan, kemiskinan, dan sumber daya.

    Dalam proses pembelajarannya, berbagai metode dan pendekatan digunakan. Kesadaran para peserta didik terhadap gejala dan masalah-masalah sosial harus terus dipertajam dan dikembangkan. Kemampuan menalar (reasoning) pada siswa harus terus diasah. Dalam batas-batas yang masih mendasar.