Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara mengelola uang dengan baik dalam Rumah Tangga

Pengelolaan uang perlu perhatian ekstra. Cermati cara hemat uang dalam rumah tangga! Cara mengelola uang dengan baik diperlukan dalam kehidupan berumah tangga. Karenanya Anda bisa menyisihkan uang untuk dana pensiun atau keperluan penting tak terduga.

Bagaimana cara menghemat uang dapat terlihat rumit, terutama jika Anda memiliki keluarga. Oleh sebab itu kami mengumpulkan berbagai cara terbaik untuk mengelola uang.


  1. Perhatikan uang yang masuk dan keluar – ini merupakan langkah awal untuk mengelola dan cara menghemat uang.
  2. Buat menu makanan per bulan sesuai budget. Ini termasuk menentukan berapa kali Anda bisa bersantap di luar atau harus membawa bekal makan siang di kantor.
  3. Pertimbangkan membeli produk-produk rumah tangga yang dapat diisi ulang, seperti Cif.
  4. Menghemat energi di dalam dan luar rumah. Matikan AC dan lampu yang tidak terpakai, tutup kran air dengan rapat agar tak mengalir percuma. Jika pergi ke tempat-tempat dekat, biasakan berjalan kaki.
  5. Rapikan seluruh isi rumah dan letakkan masing-masing di tempat yang benar. Terkadang kita harus membeli sesuatu yang sama hanya karena lupa atau tak dapat menemukan di mana barang tersebut tersimpan.
  6. Rumah yang tertata rapi juga mudah dirawat dan dibersihkan tanpa harus mempekerjakan seorang pembantu. Ini akan mengurangi pengeluaran Anda. 
  7. Tanam sendiri buah dan sayuran Anda. Tak perlu lahan luas untuk menanam cabai, serai atau jeruk lemon. Anda bisa menanamnya dalam pot dan letakkan di teras rumah yang terkena sinar matahari. Ini merupakan cara mengelola uang yang dapat menumbuhkan hobi baru, berkebun!
  8. Jual barang yang tidak lagi dibutuhkan dan beli barang bekas jika memungkinkan.