Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Bak Kamar Mandi yang Mengerak

Kamar mandi adalah tempat untuk membersihkan diri, namun di sisi lain juga dapat menjadi sarang bakteri bila tidak dibersihkan secara rutin dan menyeluruh. Kerak hitam yang menempel di dinding dan bak kamar mandi dapat menyebabkan penyakit dan secara emosional mempengaruhi suasana hati, sehingga Anda mungkin penasaran bagaimana cara membersihkan bak mandi yang hitam.
Simak cara membersihkan bak mandi keramik agar bak mandi keramik tua tetap bersih berkilau.
Untuk membuat kamar mandi Anda tetap bersih dalam jangka waktu lebih panjang, Anda dapat menggunakan Cif, produk pembersih bak mandi yang ampuh memberi perlindungan pada kamar mandi Anda.

Ketika menggunakan produk pembersih, baca cara pemakaian yang tertera pada kemasan. Uji terlebih dahulu pada bagian bak mandi yang lebih kecil untuk menghindari efek buruk.

Cara membersihkan bak kamar mandi keramik dengan produk pembersih

Hal pertama yang dibutuhkan untuk membersihkan bak mandi adalah menyiapkan bahan-bahan yang memiliki kinerja maksimal. Berikut ini cara bersihkan bak mandi dengan mudah:

  1. Menguras bak kamar mandi. Cara menguras bak mandi adalah dengan membuang semua air yang tertampung. Jangan isi bak dengan air ketika berencana untuk membersihkan bak mandi. Ini adalah cara menguras bak mandi yang mudah dan umum digunakan.
  2. Gunakan sarung tangan karet. Cairan pembersih mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya sehingga mengenakan sarung tangan karet dapat melindungi tangan Anda.
  3. Gunakan penutup hidung. Cairan pembersih mungkin memiliki bau yang menyengat. Menggunakan penutup hidung menghindari Anda dari menghirup bau dari zat kimia pada produk pembersih.
  4. Menyiram air panas. Air panas berguna untuk membuka pori-pori keramik pada bak mandi.
  5. Menggunakan produk pembersih bak mandi. Kerak yang sudah menghitam agak sulit dihilangkan, sehingga memerlukan cairan pembersih dengan formula yang kuat. Anda dapat menggunakan Cif, produk pembersih serbaguna yang efektif menghilangkan berbagai jenis noda membandel dengan mudah. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot memikirkan cara membersihkan bak kamar mandi yang lain.

Cara bersihkan bak mandi dengan bahan alami

Anda dapat membersihkan bak mandi dengan bahan alami. Ikuti langkah pertama di atas kemudian gunakan bahan alami yang tertera di bawah ini.


  1. Menggunakan soda kue. Basahi lap dengan campuran air hangat, seperempat sendok soda kue dan amonia. Gosokkan pada permukaan bak mandi, diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Ini merupakan salah satu cara membersihkan bak mandi yang hitam yang efektif.
  2. Menggunakan garam kasar. Taburkan abu gosok dan garam kasar tanpa yodium pada bak mandi, sikat secara perlahan kemudian bilas.
  3. Menggunakan cuka. Menambahkan tiga cangkir cuka ke dalam bak berisi air panas dan diamkan selama empat jam dapat menghilangkan noda air yang mengeras.
  4. Oleskan minyak lemon. Jika bak mandi Anda terbuat dari porselen, mengoleskan minyak lemon dengan kain bersih dapat melindungi bak mandi.

Cara membersihkan interior bak mandi

Membersihkan bagian-bagian bak mandi semudah cara membersihkan bak mandi. Berikut langkah sederhana yang dapat Anda ikuti:


  1. Tutupi noda dengan garam meja.
  2. Campurkan perasan lemon pada garam.
  3. Diamkan garam dan lemon selama sekitar satu jam, lalu gosok dengan spons nilon. Bilas hingga bersih.

Setelah mengetahui cara membersihkan bak mandi keramik di atas, Anda akan siap untuk menjaga kebersihan kamar mandi sepanjang waktu. Untuk menghindari kerak hitam, bersihkanlah kamar mandi dan bak kamar mandi secara rutin.