Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Uang dengan Baik

Tak ada gunanya membuat perencanaan biaya jika Anda tidak melakukan sesuai yang direncanakan. Berikut cara mengelola uang dengan baik.

  1. Pembulatan. Ketika membuat anggaran biaya atau mencatat pengeluaran, sebaiknya kita bulatkan angka tersebut. Tanpa Anda sadari, cara mengelola uang ini memungkinkan Anda untuk menyimpan selisih uang tersebut.
  2. Buka rekening cadangan. Pisahkan dana tabungan dan dana untuk keperluan sehari-hari di dua rekening berbeda. Bawa satu kartu ATM di dompet Anda dan simpan yang lainnya di rumah. Sulit mengeluarkan uang jika Anda tidak memiliki akses langsung untuk memakainya.
  3. Hindari kartu kredit. Selain terkena bunga jika Anda tak melunasinya tiap bulan, sulit untuk mengingat seberapa besar sebenarnya kartu kredit Anda telah terpakai bulan ini.
  4.  Atur debit langsung dan bawa uang tunai. Gunakan debit langsung untuk pengeluaran bulanan yang rutin. Ini membantu administrasi keuangan Anda dan menghindari salah pakai dana. Untuk pengeluaran harian, usahakan mengambil uang dari ATM seminggu sekali, gunakan hanya sejumlah uang yang ada di dompet. Anda akan terkejut seberapa banyak telah berhemat.
  5. Bedakan mana mau dan butuh. Sangatlah mudah untuk tergiur membeli barang baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan, atau makan di luar ketika bisa makan di rumah. Tanyakan lagi, “Apakah saya hanya mau ini atau memang butuh?” Pikirkan ini setiap kali ingin mengeluarkan uang, Anda akan bisa menabung.
  6. Belanja dengan bijak. Walaupun memerlukan usaha, teliti terlebih dahulu sebelum berbelanja dan Anda bisa menyimpan uang lebih banyak lagi. Cari kode potongan harga di Internet, bedakan harga di Internet dengan di toko, tunggu sampai ada diskon, beli produk kesukaan Anda secara bersamaan, dan selidiki merek lokal mana yang sama bagusnya dengan merek terkenal.
  7. Barter, daur ulang atau beli barang bekas. Peduli lingkungan dan komunitas sekitar secara tak langsung juga merupakan salah satu cara hemat uang dalam rumah tangga. Cari yayasan terdekat dan tukar keahlian mengetik Anda dengan berkebun secara gratis, toko amal untuk menjual barang-barang bekas Anda, atau situs daring untuk mendaur ulang barang-barang yang dapat didaur.