Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Jerawat pada Wajah

Cara menghilangkan jerawat dalam sekejap memang tidak mudah, dan tentunya kalau ada sangat diinginkan oleh setiap orang yang memiliki masalah pada wajah mereka.

Tak heran di luar sana banyak beredar obat kimia yang nyasar kepada penderita dengan iming-iming dapat dengan cepat membasmi jerawat di wajah.

Ada baiknya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, lakukan pengobatan cara mengatasi jerawat dan bekasnya dengan bahan bahan alami yang tidak memiliki efek samping pada wajah ke depannya.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Sebelum membahas hal itu perlu kita ketahui beberapa info penting seputar masalah kulit satu ini. Terdapat dua jenisnya, yakni aktif dan bekasnya. Untuk mendapatkan pengobatan dan treatmen yang pas kita perlu tahu perbedaan keduanya.

Keduanya memiliki prosedur perawatan yang berbeda. berikut perbedaannya.

Jerawat aktif : terlihat menonjol, berwarna kemerahan. menimbulkan rasa sakit.
Bekas jerawat : tidak sakit, kempes terkadang berbentuk kawah. terlihat mulai menghitam.

Jerawat sendiri dalam bahasa inggris disebut Acne Vulgaris, merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena adanya kelenjar minyak di Foliker bulu halus/rambut. Penyakit kulit sering terjadi pada wanita maupun pria pada masa pubertas. Disebabkan ketika pubertas horman sebaceous mulai tumbuh.

Sebenarnya masih banyak pembahasan dari mulai beberapa fakta mengenai jerawat, penyebab utama, dan hal hal yang perlu dilakukan ketika timbul bintil unyu ini, kita bahas nanti dibawah saja. sekarang langsung ke intinya saja. Cara efektif untuk menghilangkanya

Pertama yang kita bahas adalah cara menghilangkan jerawat dengan herbal / bahan yang ada di sekitar kita. Keuntungan yang didapat di antaranya mudah ditemukan di mana saja, tidak berefek samping, biaya murah, bahkan cenderung gratis hehe..

Berikut ini beberapa bahan alami di sekitar kita yang berguna untuk menghilangkan acne tanpa efek samping. Cukup pilih salah satu dengan bahan yang paling mudah didapat.

Tidak semua cara di bawah cocok digunakan untuk semua kulit, semua tergantung sensitivitas kulit wajah, alangkah baiknya jika anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit terdekat.


Madu – Obat segala macam masalah kulit, ampuh atasi jerawat


Tak diragukan lagi, madu memiliki banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Madu memiliki zat antibiotik tinggi yang dapat membantu kamu mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan pada kulit.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan madu
  1. Bersihkan terlebih dahulu wajahmu menggunakan air hangat, supaya pori pori terbuka, sehingga kotoran yang masuk kedalam pori pori lebih mudah untuk keluar.
  2. Keringkan wajah dengan handuk atau tisu, jangan digosok-gosok, tetapi di tepuk-tepuk pelan saja. Supaya tidak meninggalkan kotoran yang menempel pada kulit.
  3. Oleskan madu pada bagian wajah, diamkan sampai mengering, selama 10-15 menit.
  4. Setelah kering bilas wajahmu dengan air sampai bersih, jangan lupa pastikan tidak ada lagi madu yang tertinggal di wajah.
  5. Lakukan hal ini secara teratur 2-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  6. Menggunakan madu asli sebagai obat jerawat tidak hanya mudah dan murah. Tetapi cara ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi masalah kulit. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan bahan lain semisal kayu manis.


Bawang Putih – cocok untuk jerawat membandel

Salah satu manfaat bawang putih yakni sangat ampuh untuk mengangkat jerawat membandel. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan membantu dalam mencegah dan menghilangkan kemunculannya.

Terlebih bawang putih mengandung zat sulfur yang sangat diperlukan dalam proses penyembuhan jerawat membandel.

Cara menggunakan bawang putih untuk wajah
  1. Mengiris dan memotong 2-3 siung bawang putih
  2. Kemudian menempelkan irisan tersebut ke bagian wajah yang mengalami jerawat atau perdagangan.
  3. Diamkan selama 7-12 menit, setelahnya bilas dengan air bersih
  4. Lakukan perawatan tersebut secara rutin setiap hari. hingga jerawat hilang dan bersih.
  5. Cara tersebut adalah yang paling simple. Ini sangat efektif tetapi membutuhkan waktu yang lama. Kamu juga bisa menjadikan bawang putih sebagai masker. dengan memblender terlebih dahulu 4 siung bawang putih setelahnya dioleskan pada wajah TIPIS saja. Hati hati jangan sampai mengenai mata.

Jeruk Nipis – peremajaan kulit, melarutkan lemak

Jeruk nipis yang biasa dikenal sebagai bumbu dapur ini memiliki manfaat lain jeruk nipis yakni untuk wajah berjerawat. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan membantu peremajaan sel kulit dan melarutkan kandungan lemak pada wajah.

Cara menggunakan jeruk nipis
  1. Pertama siapkan jeruk nipis jangan terlalu matang, jangan pula terlalu muda, sedang saja. Peras airnya, kemudian campurkan dengan air hangat. Basuhkan ke seluruh permukaan wajahmu hingga merata setelah kering basuhlah dengan air dingin. Air hangat berfungsi untuk membuka pori pori wajah sehingga diharapkan air jeruk bisa bekerja secara maksimal pada wajah.

Mentimun – masker wajah murah meriah

Menggunakan mentimun sebagai masker wajah mampu menghilangkan jerawat yang meradang pada wajah. Cara ini terbilang ampuh dan tanpa efek samping. Mentimun bekerja sebagai anti-inflamasi, berguna untuk mengobati jerawat yang mulai memerah dan memberikan efek peradangan.

Cara menggunakan mentimun untuk wajah
  1. Terdapat dua cara yakni untuk yang baru cukup iris mentimun segar, letakkan irisan mentimun pada wajah. biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin setiap hari, sampai jerawat hilang.
  2. Yang kedua untuk jerawat yang meradang atau membandel. Jadikan mentimun segar sebagai Juice tanpa campuran air. Gunakan juice mentimun sebagai masker layaknya masker pada umumnya. diamkan 30-45 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin.


Daun Pepaya – kandungan antioksidan tinggi penangkal jerawat membandel

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya dapat dipakai untuk mengatasi jerawat membandel yang tidak kunjung hilang. kandungan nutrisi dan antioksidan pada pepaya bisa memberikan efek tersebut.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya
  1. Siapkan 2 lembar daun pepaya yang sudah tua. Setelah itu jemur sampai layu.
  2. Tumbuk daun pepaya yang sudah dijemur tadi hingga halus. Setelahnya tambahkan air sedikit.
  3. Setelah menyerupai pasta ramuan siap dipakai. oleskan pada jerawat, diamkan selama 15-30 menit.
  4. Bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut pada malam hari. Kamu bisa langsung merasakan Perbedaan selama 1 minggu perawatan.

Gel Lidah Buaya – mempercepat penyembuhan kulit berjerawat

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai bahan alami ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel. Zat aktif yang terkandung pada lidah buaya semisal hormon gibberellin dan polisakarida mampu untuk membunuh bakteri pada wajah.

Lidah buaya juga mengandung antioksidan, vitamin C, mineral dan Vitamin E yang dapat mempercepat penyembuhan kulit bermasalah.

Cara pemakaian lidah buaya untuk wajah.
  1. Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi dua. hilangkan duri di samping-sampingnya dengan cara memotong. Iris bagian atas lidah buaya untuk mengambil gelnya. kemudian masukkan kedalam wadah. Haluskan terlebih dahulu gel lidah buaya.
  2. Kemudian oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 3-5 menit. Terakhir bersihkan dengan air dingin.

Air Lemon – membersihkan pori pori wajah penyebab jerawat

Kandungan asam askorbat-L pada lemon bisa mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat juga mampu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal sebagai pencerah kulit dan penghilang noda  wajah.

Cara pembuatan dengan menyiapkan satu buah lemon, kemudian peras, air perasan lemon dioleskan ke wajah. biarkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari.

Kentang – mencegah kerusakan sel pada kulit


Mineral seperti kalium, sulfur dan fosfor pada kentang baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu kentang merupakan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi jerawat

Cara pemakaian dengan mengupas kentang kemudian parut kentang tersebut dan kemudian peras kentang . Yang akan kita gunakan adalah airnya saja. untuk dioleskan ke wajah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin.

Kulit Pisang – mampu menghilangkan minyak berlebih pada wajah

Kandungan antioksidan pada kulit pisang mampu mengurangi jerawat dan minyak berlebih pada wajah. Kulit pisang juga mempunyai manfaat lain yakni sebagai anti jamur untuk mengatasi iritasi dan gatal pada kulit.

Kulit pisang mengangkat sel kulit mati sehingga mencegah datangnya jerawat baru karena penyumbatan minyak akibat terhalang tumpukan sel kulit mati tadi, Dan mampu mencerahkan kulit sehingga noda bekasnya akan memudar.

Cara mengolah kulit pisang untuk obat jerawat
  1. Terlebih dahulu ambil kulit pisang yang berwarna kuning atau sedikit kehitaman, yang hitam lebih efektif mengobati jerawat
  2. Gosokkan Bagian dalam kulit pisang ke wajah sampai bagian dalam kulit berwarna kehitam hitaman
  3. Jika sudah menghitam ganti dengan kulit pisang yang masih baru
  4. Gosok kulit pisang ke wajah selama 10 menit
  5. Biarkan wajah yang sudah digosok kulit pisang selama 1 jam / 30 menit baru setelahnya dibersihkan menggunakan air
  6. Lakukan pengobatan ini setiap hari hingga terlihat perbedaannya. Biasanya terlihat noda yang memudar dan tidak ada lagi jerawat yang muncul

Kulit Jeruk – menghilangkan kotoran dan kulit mati penyebab jerawat

Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang terkandung di kulit jeruk mampu membersihkan pori pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran juga mengangkat sel kulit mati.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan kulit jeruk

  1. Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga bener bener kering. Kemudian haluskan, sampai halus. Tambahkan air secukupnya saja. kemudian aduk hingga merata menyerupai pasta.
  2. Ramuan siap dioleskan pada wajah yang berjerawat, tunggu beberapa menit sebelum di bilas dengan air hangat.


Putih Telur – mengecilkan pori pori kulit, mengurangi minyak berlebih

Putih telur berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab utama jerawat. Enzim Lysozyme yang terdapat pada putih telur bisa menghancurkan dinding sel penyebab utama masalah kulit satu ini. Selain untuk wajah, putih telur juga efektif menghilangkan komedo.

Cara membuat nya, pertama pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Kocok putih telur hingga mengembang kemudian oleskan pada wajah sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Alpukat – mengurangi peradangan pada kulit wajah

Alpukat kaya akan vitamin e yang bisa menembus pori-pori kulit dan bisa mengurangi peradangan pada kulit. berikut cara menggunakan alpukat untuk mengobati jerawat

Ambil daging dari buah alpukat masukkan kedalam wadah. kemudian haluskan. Tambahkan satu sendok madu, setelah itu aduk hingga merata. Jadikan adonan tersebut sebagai masker untuk wajah. Ketika pemakaian diamkan selama 20 menit. Setelah lewat bilas wajah dengan air hangat.

Baking Soda – menyerap minyak berlebih pada wajah

Memang benar akhir akhir ini banyak beredar baking soda bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat. Baking soda berguna untuk menetralkan kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak bisa hidup lebih lama pada wajah. Baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat sertea menyerap minyak berlebih pada wajah.


Cara menggunakan baking soda

  1. Pertama dengan campurkan 2 sendok baking soda dengan satu sendok air, kemudian oleskan pada area kulit wajah. Diamkan pada wajah selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat kemudian keringkan
  2. Hal yang perlu diperhatikan yakni, sebelum menggunakan baking soda sebaiknya cek terlebih dahulu pada kulit anda yang lain. Jika tidak terjadi reaksi kulit yang kemerahan maka kamu bisa tetap melanjutkan dengan cara ini


Pasta Gigi – mencegah iritasi kulit berjerawat

Kandungan bahan aktif pada pasta gigi semacam fluoride, triclosan, hidrogen peroksida dapat mencegah iritasi kulit juga mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah.

Berikut cara menggunakannya

  1. Oleskan secara langsung pasta gigi ke jerawat. 
  2. Jangan mengoleskannya ke seluruh area kulit, cukup pada spotnya saja. 
  3. Biarkan selama 2 jam atau semalaman. 
  4. Kemudian bilas wajah dengan air dingin dan kering.

Perhatikan – Gunakan pasta gigi organik atau pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah. Jangan terlalu sering memakai pasta gigi untuk wajah, berbahaya.

Tea Tree Oil – ampuh menghilangkan jerawat batu

Tea tree oil atau dalam bahasa indonesia disebut minyak pohon teh merupakan bahan yang mudah ditemui dalam produk-produk anti jerawat. Minyak pohon teh adalah minyak daun dari tanaman melaleuca yang berasal dari Australia.

Zat terpenoid pada minyak pohon teh adalah salah satu yang bisa mengusir bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya?

Terlebih dahulu campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air kemudian oleskan pada area kulit menggunakan kapas. lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam sehari.

Cuka Sari Apel – mempercepat penyembuhan kulit berjerawat

Kamu bisa mendapatkan cuka sari apel di supermarket, bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan asam malat dan asam laktat pada cuka sari apel dapat mengangkat sel kulit mati juga kandungan antioksidannya telah terbukti efektif mengatasi masalah kulit.

Cara penggunaan cuka sari apel

  1. Campurkan 5 mili cuka sari apel dengan 95 mili air. Oleskan pada wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 10-20 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal. lakukan sebelum tidur dan biarkan selama semalam.


Gula Murni / Scrub – bisakah?

Di dalam gula murni terkandung AHA dan asam glikolat yang baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati juga menghilangkan jerawat dan bekasnya juga. Gula juga bisa membunuh bakteri pada wajah karena dinding sel bakteri pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

Cara penggunaan gula murni

  1. Campurkan 2 sendok gula dengan satu sendok air, aduk hingga merata menjadi pasta, oleskan scrub tersebut pada wajah selama 15 menit sampai 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.


Es Batu – mampu meningkatkan sirkulasi darah sekitar jerawat

Mungkin banyak diantara pembaca yang heran bagaimana mungkin hal ini bisa dihilangkan dengan es batu. Es batu berfungsi untuk mengecilkan pori pori pada kulit wajah, tak sampai disitu, es batu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada daerah sekitar jerawat. Berfungsi juga untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Cara memakai es batu untuk perawatan wajah

  1. Caranya cukup mudah, sediakan terlebih dahulu es batu kemudian bungkus dengan kain yang bersih. Tempelkan es batu yang telah dibungkus tersebut pada wajah  dan tahan selama beberapa menit. lakukan secara rutin sampai jerawat sembuh


Tomat – obat alami atasi jerawat

Sayuran tomat tentu tidak asing lagi untuk dipakai dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga bisa digunakan untuk mengobati masalah wajah. hal ini dikarenakan tomat mengandung vitamin A dan C yang baik untuk tubuh maupun kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat dengan tomat

  1. Sediakan tomat yang matang dan berwarna kemerahan. Potong tomat tersebut tipis-tipis kemudian tempelkan pada wajah. Biarkan tomat menempel diwajah selama 10 – 15 menit. lakukan hal ini dengan rutin supaya bisa segera hilang.


Pepaya – mencerahkan kulit kusam akibat jerawat


Buah pepaya mengandung enzyme papain yang berfungsi untuk mengikis sel kulit mati dan antioksidan juga vitamin yang mampu untuk mencerahkan kulit, mengatasi kulit kemerah-merahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara menggunakan pepaya untuk perawatan yaitu

  1. Bersihkan pepaya kemudian potong menjadi beberapa bagian. 
  2. Haluskan pepaya tersebut sampai menjadi bubur. 
  3. Tambahkan satu sendok madu atau lemon (otional). 
  4. Setelah tercampur, oleskan pasta pepaya ke wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.
Itu tadi bahan bahan yang berada di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai penangkal untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Setelah dibersihkan terkadang seringkali kita masih menjumpai bekas bekas yang masih menempel di wajah.