Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Tokoh Kartun Doraemon

Siapa yang tidak kenal film Doraemon, robot pintar yang punya segudang alat di kantongnya. Tapi, ternyata Doraemon punya banyak rahasia yang harus diketahui penggemarnya.

Berikut, adalah fakta unik tokoh kartun Doraemon:

1. Nama Asli Doraemon

Nama Doraemon sendiri jika diterjemahkan berarti kucing liar jantan. Kata ini berasal dari kata “Dora” dan “Emon”. Di mana Dora berasal dari kata “Nora” atau “Nora-Neko” yang berarti kucing liar, sedangkan "Emon" mengarah pada binatang jantan.

Meski begitu, ternyata Doraemon punya nama asli yakni MS-903, dan dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot tempat dia produksi.

2. Alasan Doraemon Tak Miliki Telinga

Penggemar saat ini melihat, jika Doraemon adalah sebuah tokoh kartun animasi bulat tanpa telinga. Padahal, awalnya Doraemon adalah robot yang juga memiliki telinga lengkap.

Doraemon harus kehilangan telinganya saat ia selalu ceroboh dalam seluruh tes pelatihan robot. Sehingga akhirnya ia ditugaskan untuk menjadi penjaga bayi. Setelah bayi itu besar, ia membuat robot tikus.

Tapi, ternyata robot tikus tersebut justru memakan telinga Doraemon hingga ia harus menjalani operasi. Sayang telinganya tidak bisa dikembalikan, meski tidak lagi mempunyai telinga pendengaran Doraemon sama sekali tidak terganggu.

3. Perubahan Warna Doraemon karena Ditinggal Pacar

Doraemon dalam kisahnya ternyata mempunyai pacar bernama Noramyako. Tapi, hubungan mereka harus berakhir setelah kecelakaan yang mengakibatkan Doraemon.

Saat itu, Noramyako memutuskan Dorameon karena dianggap terlalu pendek darinya. Setelah pulih, Doraemon terus meratapi bentuk tubuhnya yang tidak sempurna, dan terus manangis. Kemudian sang adik, Dorami mengusulkan Doraemon untuk memium cairan penyemangat. Akan tetapi, karena kecerobohannya, ia malah meminum cairan penyedih.

Akibatnya Doraemon selalu menangis dan mengakibatkan warna aslinya yang tadinya kuning menjadi luntur hingga berubah menjadi biru. Tidak hanya itu, suaranya pun menjadi serak karena menangis terlalu kencang.

4. Kapastitas Kantong Ajaib dan Angka Keberuntungan Doraemon

Kantong ajaib Doraemon memang telah menjadi andalan bagi tokoh animasi asal Jepang yang satu ini. Kurang lebih telah ada 4500 alat telah dikeluarkan dari kantongnya dari episode pertama hingga saat ini. Alat yang paling popular adalah "Doko Demo Doa" (Pintu ke mana saja), Take Copter (Baling-baling Bambu), dan Time Machine (Mesin Waktu).

Tidak hanya itu rupanya Doreaemon juga memilik angka keberuntungannya sendiri yakni 129,3. Hal ini terbukti dari Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) dan tingginya 129,3 cm (4’3 “). Ia bisa berlari sampai 129,3 km/jam (80,3 mph).

Bahkan ketika ketakutan dan melompat juga mencapai 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar dadanya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia juga diproduksi pada September 3/9/2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.

5. Hari Ulang Tahun Doraemon

Meski para penggemar kurang lebih telah satu abad menikmati aksi tokoh animasi kartun Doraemon di layar televisi, pada kenyataannya Doraemon sebenarnya ternyata belum lahir.

Seperti diketahui, Doraemon merupakan sebuah robot kucing yang berasal dari masa depan. Doraemon sendiri dibuat oleh perusahaan robot Matsushiba yang baru akan selesai diproduksi pada 2 September 2112.