Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Hidup Sehat Menurut Para Pakar Kesehatan

Hidup sehat menjadi dambaan setiap insan di dunia ini. Tiap orang ingin hidup sehat, fit, dan bugar. Menjalani pola hidup sehat merupakan cara dan gaya hidup sehat.
Beberapa gaya hidup sehat yang perlu dijalani antara lain:

1. Makan makanan yang halal dan baik komplit empat sehat lima sempurna

Makan setiap hari bagian dari kehidupan, mulai sarapan, makan siang, dan makan malam. Makan harus memenuhi 4 sehat lima sempurna. Kalau Anda beragama Islam maka paling utama makan makanan yang dihalalkan oleh agama, dan tidak boleh makan makanan yang diharamkan oleh syariat Islam. Islam juga mengajarkan untuk makan makanan yang baik tidak hanya halal. baik bahannya, baik pengelolaannya dan produksinya serta baik cara memperolehnya. 

4 sehat terdiri atas makanan pokok, sayur-mayur, lauk pauk, buah-buahan dan yang ke-5 yaitu susu. Jadi makanan yang Anda konsumsi memenuhi unsur tersebut. Tidak baik mengonsumsi mie instan saja, lauk pauk (tahu, tempe, telur, ayam, kerupuk) saja, sayuran saja atau daging saja, atau buah-buahan saja.

Minum pun juga baiknya minum susu, tidak hanya kopi setiap hari atau teh terus-terusan apalagi minuman milenial yang mengandung gula berlebih. lebih baik minum air putih sebanyak-banyaknya.

2. Olahraga yang cukup


Mulai membiasakan bangun pagi, jalan - jalan pada pagi hari, lari-lari pagi, dan senam pagi hari untuk menjaga badan fit dan bugar. Memiliki jadwal olahraga yang pasti minimal 1 minggu sekali misalnya olahraga sepak bola, volli atau futsal untuk menjaga stamina tubuh tetap sehat.

3. Istirahat cukup


Menyegerakan pekerjaan dan segera istirahat dari aktivitas yang menyibukkan. Menyegerakan tidur siang guna mengembalikan energi tubuh sehabis beraktivitas di pagi hari hingga siang hari. Menyegerakan tidur malam untuk istirahat yang cukup dan berkualitas.

4. Berpikir positif tidak stress

Berusaha positiv dalam berpikir tidak berlarut larut dalam lelahnya pikiran. Tidak stres berarti mampu mengelola pikiran dengan baik.

5. Kontrol kesehatan dengan medical check up


Medical ceck up perlu dilakukan secara rutin minmal 3 bulan sekali untuk mengetahui kondisi tubuh. Dengan mengetahui kondisi tubuh Anda bisa mengukur dan mengira-ngira kemampuan Anda. Tidak berlebih dan kurang dalam mengonsumsi makan, minum, istirahat, dan olahraga serta bekerja.

Demikian gaya hidup sehat menurut para pakar kesehatan. Semoga bermanfaat.