Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica.
Buah pepaya, juga dikenal sebagai Pawpaw, berasal dari Amerika, kemungkinan berasal dari Meksiko. Buah yang lezat ini menjadi favorit banyak orang karena dagingnya yang lezat. Ini dikonsumsi secara luas di seluruh dunia tetapi, sayangnya, tidak banyak orang yang sadar akan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Pepaya adalah buah lezat manis yang kaya vitamin A, C serta vitamin E dan beta karoten. Ini mudah dicerna dan pepaya matang penuh dengan gula alami yang meningkatkan energi.

Manfaat pepaya bagi kesehatan :


  1. Antioksidan yang sangat kuat dalam pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol. Ketika kolesterol menjadi teroksidasi, ia menempel pada pembuluh darah untuk membentuk plak berbahaya. Ketika itu terjadi, itu dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.
  2. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang sangat membantu dalam pencernaan terutama untuk memecah protein yang kita konsumsi ke dalam asam amino yang penting untuk fungsi sehat tubuh kita. Enzim yang sama ini dikombinasikan dengan nutrisi antioksidan sangat membantu mengurangi peradangan. Orang-orang yang menderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis bisa mendapatkan beberapa bantuan dari kondisi medis mereka dengan mengkonsumsi pepaya dalam makanan sehari-hari mereka.
  3. Makan pepaya setelah makan membantu pencernaan dan mencegah kembung. Ini juga sangat baik sebagai pencahar atau makanan alami untuk menyingkirkan sembelit. Serat dalam buah pepaya juga dapat membantu meringankan gejala mereka yang menderita sindrom iritasi usus.
  4. Untuk membantu mencegah kanker usus besar, serat tinggi dalam buah ini mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan menyebabkan racun harus disingkirkan dari badan kita melalui gerakan usus.
  5. Jika Anda menderita gangguan usus, papain dalam buah pepaya muda akan merangsang produksi asam lambung dan membantu menyingkirkan kelebihan lendir yang tidak sehat di lambung dan menenangkan iritasi usus.
  6. Jus dari buah pepaya mentah juga dikenal bermanfaat untuk masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis
  7. Menstruasi tidak teratur dapat diatur dengan minum jus pepaya mentah karena ini menyebabkan otot-otot di dalam rahim berkontraksi untuk menghasilkan aliran menstruasi yang teratur.
  8. Buah Pepaya rendah kalori dan sodium. Ini bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.
  9. Meningkatkan daya tahan tubuh karena, salah satu sumber terbaik dari Vitamin C sebenarnya tidak selalu berasal dari jeruk atau tomat tetapi dari pepaya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pepaya benar-benar memberi Anda 200% dari asupan harian Anda yang disarankan untuk Vitamin C. Oleh karena itu, buah pepaya meningkatkan sistem daya tahan tubuh secara signifikan. Tubuh kita mengandalkan sistem kekebalan untuk perlindungan dari penyakit dan infeksi. Buah ini membuat tambahan yang ideal untuk diet Anda dan kesehatan kekebalan tubuh yang lebih baik.
  10. Buah pepaya baik untuk orang yang memiliki kulit berwarna terang, dan sering dibuat menjadi krim pelembab yang membantu melindungi kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Dengan semua manfaat yang ada pada buah pepaya, cara apa pun yang Anda pilih untuk mengiris dan memakannya, berbagai macam nutrisi yang tersedia dalam buah pepaya membantu mendukung tubuh yang sehat.

Ini adalah salah satu dari banyak buah yang dapat membantu Anda menikmati kehidupan dan kesehatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.