Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pengertian Pembelajaran Bahasa Indonesia 

Pembelajaran bermakna sebagai upaya untuk pembelajaran seseorang atau kelompok orang melalui berbagai upaya dan berbagai strategi, metode dan pendekatan kearah pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Pembelajaran juga dapat pula dipandang sebagai kegiatan guru secara terprogram dalam desain istruksional untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Sehingga dengan adanya pembelajaran proses belajar akan tersusun dengan baik dan tujuan dalam belajar akan tercapai secara maksimal.  Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan, dengan melakukan proses pembelajaran maka akan tercapai tujuan pembelajaran. Dalam melakukan pembelajaran bahasa Indonesia siswa diharapkan mampu menguasai 4 aspek keterampilan berbahasa yang terdiri dari mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Aspek keterampilan tersebut merupakan satu kesatuan dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 

Tujuan yang diharapkan dan dapat tercapai dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah agar siswa dapat :

  1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara,
  3. Memahami bahasa Indonesia dan dapat menggunakan dengan tepat dan efektif dalam berbagai tujuan.
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  5. Menikmati dan memanfaatkan kaeya sastra untuk memperluas wawasan, menghaluskan budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


Ruang Lingkup Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI

Pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra meliputi 4 aspek:

  1. Mendengarkan 
  2. Berbicara 
  3. Membaca 
  4. Menulis