Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 fitur Android yang berguna yang harus Anda coba hari ini

Kebanyakan dari kita tidak benar-benar menggunakan smartphone kami untuk potensi penuh mereka. Untuk banyak perangkat luar biasa ini sedikit lebih dari mesin Facebook portabel. Tetapi bagi mereka yang ingin menjelajahi lebih banyak, kami telah menyusun daftar fitur smartphone favorit kami yang kurang terkenal yang akan menuntun Anda pada langkah pertama Anda untuk menjadi seorang master Android.

1. Buka kunci opsi tersembunyi

Mengaktifkan Opsi Pengembang mungkin terdengar menakutkan, tetapi mereka adalah gerbang menuju banyak hal keren di Android Anda: debugging USB, peluang untuk memberikan rasa kecepatan pada ponsel Anda dengan menonaktifkan animasi, meningkatkan kinerja GPU dalam game, dan banyak lagi.

Cukup buka Pengaturan> Tentang Ponsel dan ketuk Buat nomor tujuh kali. Sekarang Anda akan memiliki akses ke opsi Pengembang di Pengaturan.

2. Rekam apa yang terjadi di layar

Kami sudah dapat menyaring catatan selama bertahun-tahun di Android, tetapi mengejutkan beberapa orang, di luar YouTuber dan pembuat tutorial Android, benar-benar menggunakan fitur ini. Rekaman layar, dengan bantuan sejumlah aplikasi apa pun di Play Store, sangat bagus untuk memamerkan keterampilan permainan Anda yang luar biasa kepada teman-teman, berbagi bug Android yang sangat mengganggu atau sekadar menangkap sesuatu sekilas di ponsel Anda.

Aplikasi pilihan kami untuk tugas ini? The Screen Recorder AZ yang selalu dapat diandalkan.

3. Sederhanakan keamanan Anda

Smart Lock diperkenalkan di Android Lollipop dan memungkinkan Anda untuk membuka kunci ponsel Anda, atau membiarkannya tetap terbuka, melalui beberapa pengaturan yang sangat sederhana – dan otomatis -:

Buka Pengaturan> Keamanan> Agen Kepercayaan dan nyalakan Smart Lock. Setelah diaktifkan, Anda akan melihat Smart Lock sebagai sub-judul dalam Keamanan. Anda dapat memilih dari Perangkat Tepercaya (seperti smartwatches atau speaker Bluetooth), Trusted Places (seperti rumah atau kantor Anda), Wajah Tepercaya, Suara Tepercaya atau Deteksi Tubuh.

4. Cari tahu aplikasi mana yang memperlambat ponsel Anda

Statistik Proses adalah salah satu dari banyak fitur hebat dalam opsi Pengembang (lihat langkah 1). Ini menyediakan seluruh host statistik culun tentang proses yang berjalan pada perangkat Android Anda. Anda akan melihat daftar semua proses yang sedang berjalan. Mengetuk salah satu dari mereka akan memunculkan penggunaan RAM, menjalankan waktu dan menjalankan daftar proses. Anda juga dapat memaksa menghentikan proses apa pun di sini.

5. Gunakan kaca pembesar Android

Fitur sederhana namun sangat berguna ini dapat ditemukan di pengaturan Aksesibilitas Android. Setelah diaktifkan, ketukan tiga kali pada layar akan memungkinkan Anda memperbesar setiap bagian dari sistem Android, yang sangat bagus untuk lebih dekat dan pribadi dalam aplikasi berbagi foto atau untuk membaca cetak halus yang tidak dapat Anda perbesar.

Anda dapat melakukan triple-tap dan tahan untuk zoom sementara, atau menggunakan triple-tap untuk masuk ke mode pembesaran dan ketukan tiga detik untuk keluar. Anda harus menggunakan geseran dua jari untuk menavigasi dalam mode pembesaran. Cukup buka Pengaturan> Aksesibilitas> Visi> Sentuh Zoom (atau Pengaturan> Aksesibilitas> Isyarat Pembesaran) untuk mengaktifkan fitur ini.

6. Dapatkan telepon Anda untuk membacakan untuk Anda

Text-to-Speech adalah alat lain yang sedikit diketahui yang membuat interaksi hands-free menjadi jauh lebih sederhana. Saya menyimpan banyak artikel ke Pocket untuk dibaca secara offline, tetapi saya sangat sibuk sehingga saya tidak selalu punya waktu untuk duduk dan benar-benar membacanya. Jadi saya menggunakan fitur text-to-Speech Android untuk menceritakan artikel-artikel itu kepada saya ketika saya sedang menyiapkan makan malam atau melakukan hal-hal di sekitar rumah.

7. Pinjam data orang lain

Saya selalu terkejut dengan berapa banyak orang yang gagal menggunakan fungsi hotspot di ponsel Android mereka. Bahkan jika Anda tidak memiliki kebiasaan untuk berbagi data berharga dengan teman-teman pelit Anda, Anda harus tahu cara mengaktifkan hotspot Wi-Fi sehingga Anda dapat meminjam data teman Anda saat Anda sedang kehabisan uang.

Buka Pengaturan> Lainnya> Peranggitan dan Hotspot Portabel dan balikkan sakelar. Anda dapat mengatur kata sandi sehingga setiap Tom, Dick dan Harry tidak mengunyah tunjangan data Anda, dan juga menggunakan Bluetooth untuk berbagi koneksi data Anda dengan orang lain.

8. Menghemat konsumsi data

Fitur kompresi Chrome adalah salah satu dari kiat dan trik peramban Chrome kami dan kami sedikit terkejut dengan banyaknya orang yang tidak menyadarinya. Dulu disebut Mengurangi Data Konsumsi tetapi sekarang ini disebut Data Saver.

Cukup buka browser Chrome Anda, ketuk tombol overflow di kanan atas, pilih Pengaturan dan ketuk Penghemat Data. Putar sakelar dan perhatikan penghematan data Anda tumbuh. Penghemat Data bekerja dengan mengompresi halaman web sebelum memuatnya. Ini dapat membuat beberapa situs sedikit lebih lambat untuk dimuat, tetapi penghematan data sering kali sekitar sepertiga – Anda memutuskan apa yang lebih penting bagi Anda.

9. Manfaatkan opsi kamera

Smartphone hadir dengan banyak pilihan kamera, termasuk segala hal mulai dari memperlambat waktu hingga menambahkan efek aneh ke potret. Kami merekomendasikan bermain dengan pengaturan HDR kamera Anda untuk menghidupkan foto lanskap dan mengaktifkan garis grid untuk memastikan gambar Anda selalu lurus dan dalam perspektif. Anda akan menemukan akses ke opsi ini, dan lebih banyak lagi, di aplikasi kamera Anda.

10. Gunakan pintasan layar kunci

Dengan pintasan kunci, Anda dapat meluncurkan aplikasi kamera tanpa membuka kunci ponsel Anda. Anda juga dapat membuka pencarian suara. Cukup gesek dari sisi kanan bawah atau kiri perangkat Anda. Mudah.