Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Manajemen Waktu agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Saat kesibukan demi kesibukan mendera, waktu 24 jam terasa tidak cukup untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di rumah. Manajemen waktu merupakakn kunci menjalani hidup yang lebih teratur, bebas dari keruwetan.
Manajemen waktu yaitu mengelola waktu yang dimiliki untuk melakukan aktivitas tertentu. Untuk urusan pekerjaan rumah dan segala pernak-perniknya dapat dilakukan dengan efektif bila Anda mengetahui cara manajemen waktu dengan baik

Apa tujuan manajemen waktu pekerjaan rumah? Tentunya agar suasana rumah selalu bersih, rapi dan nyaman bagi seluruh penghuninya. Untuk mencapai tujuan manajemen waktu,ikuti tips manajemen waktu berikut ini agar pengorganisasian pekerjaan rumah berjalan dengan baik.

  1. Buat jadwal aktivitas mingguan. Salah satu contoh manajemen waktu yang dapat diterapkan adalah dengan membuat perencanaan. Buat jadwal mingguan serta buat juga rencana aktivitas Anda. Mulailah dengan menyusun rencana kegiatan yang memiliki waktu spesifik, misalnya mengantar jemput anak sekolah, jadwal ke gym, janji dengan dokter, dll. Lanjutkan dengan menyusun jadwal kegiatan dengan waktu yang lebih fleksibel misalnya jadwal beres-beres rumah atau makan di luar rumah bersama keluarga.
  2. Rapikan segera. Saat melihat ada sesuatu yang tidak rapi atau tidak pada tempatnya, segera rapikan dan bereskan. Beres-beres dalam skala kecil seperti ini akan membuat rumah Anda senantiasa rapi. Contohnya, lap meja segera setelah makan dan bereskan mainan anak setiap malam. 
  3. Libatkan keluarga. Melibatkan keluarga merupakan contoh manajemen waktu yang efektif. Delegasikan sejumlah tugas kepada pasangan dan anak-anak. Jika dilakukan sesuai dengan usia, tugas rumah dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab merawat berbagai isi rumah.
  4. Buat jadwal bersih-bersih bulanan untuk setiap ruang. Untuk setiap ruang di rumah Anda, buat jadwal bulanan untuk membersihkannya secara menyeluruh. Sebagai contoh, jadwal membersihkan dapur secara menyeluruh adalah setiap hari Minggu pertama setiap bulan, taman di minggu kedua setiap bulan, dan seterusnya.
  5. Stok bahan dan alat pembersih. Cara manajemen waktu yang efisien adalah memastikan bahan dan alat pembersih tersedia saat Anda akan bersih-bersih. Periksa lemari penyimpan bahan dan alat pembersih secara rutin untuk memastikan bahan dan alat pembersih yang habis masuk dalam daftar belanjaan Anda.
  6. Buat jadwal mencuci. Tentukan hari mencuci Anda. Penjadwalan ini juga akan membantu Anda merencanakan aktivitas lain yang berhubungan dengan mencuci, misalnya melipat pakaian dan menyeterika.
  7. Atur tempat dokumen. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan berbagai dokumen yang datang lewat pos, misalnya tagihan kartu kredit, atau juga yang diedarkan dari pintu ke pintu, misalnya pengumuman kegiatan dari kompleks rumah tempat Anda tinggal. Jika ada tempat khusus, dokumen ini tidak akan bertebaran dan memakan waktu Anda untuk membereskannya.
  8. Susun menu makanan. Salah satu tujuan manajemen waktu adalah untuk membuat aktivitas terlaksana dengan lebih efisien. Mengatur menu akan menghindarkan Anda dari urusan memikirkan menu setiap hari. Buat jadwal menu mingguan selama satu bulan. Membuat menu mingguan juga akan membuat jadwal belanja mingguan atau bulanan Anda lebih efektif karena Anda sudah tahu apa yang harus dibeli.
  9. Buat anggaran bulanan. Pengertian pengelolaan waktu adalah mengatur agar waktu dipakai secara efisien. Dengan membuat anggaran bulanan, Anda dapat merencanakan kegiatan apa yang mungkin dilakukan di bulan tertentu. Apakah bulan ini ada anggaran untuk memanggil profesional untuk mengecat ulang dinding dapur yang berjamur? Jika ya, maka waktu yang biasanya Anda pakai untuk membersihkan dinding, dapat dialihkan untuk kegiatan yang lain.
  10. Beri ruang untuk adaptasi dan improvisasi. Manajemen waktu adalah sesuatu yang seyogianya dapat selalu disesuaikan. Sediakan ruang untuk mengimprovisasi manajemen waktu yang Anda susun agar keterampilan Anda dalam mengelola waktu juga semakin terasah.

Langkah-langkah penting yang perlu diperhatikan.

  1. Siapkan buku catatan, whiteboard, atau aplikasi gawai untuk membuat jadwal kegiatan.
  2. Libatkan seluruh isi rumah (pasangan, anak-anak, ART, dll.) agar manajemen waktu berjalan lebih efektif.
  3. Sesuaikan dan improvisasi manajemen waktu Anda dari waktu ke waktu.

Kini Anda telah memiliki referensi informasi tentang pengertian pengelolaan waktu dalam mengurus pekerjaan rumah. Mari bersih-bersih...dan Semoga bermanfaat.