Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Jamur Pada Lemari Pakaian

Banyak sekali saran dan tips agar lemari tidak berjamur serta cara pembersihannya. Tetapi kebanyakan saran dan tips tersebut terlalu fokus kepada jenis jamur yang biasa muncul di dapur dan kamar mandi.

Sedikit sekali sumber yang membahas cara menghilangkan jamur pada lemari. Padahal, sangat penting bagi kita untuk menyadari bahwa jamur bisa tumbuh di mana-mana. Termasuk di lemari pakaian di antara baju-baju bersih Anda!

Jamur yang tumbuh di dalam lemari dapat sangat bermasalah dan cara menghilangkan jamur pada lemari baju pun dapat terbilang rumit. Namun intinya Anda ingin semua spora hilang tanpa merusak struktur lemari pakaian Anda. Bagaimana caranya? Berikut adalah petunjuk untuk memahami jenis jamur dan cara menghilangkan jamur di lemari.

Mengapa menghilangkan jamur pada lemari membutuhkan perhatian khusus?

Ketika membasmi jamur di jendela atau tembok, cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan produk pemutih. Selalu ikuti petunjuk penggunaan produk pada kemasan dan uji coba produk terlebih dahulu di bagian kecil jendela atau tembok. Anda bisa memakai produk pemutih semprot atau mencampur sedikit pemutih cair dengan air, dan gosok dengan sikat di bagian yang berjamur (jangan lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan dan masker).

Namun, ketika jamur ada di lemari, produk pemutih tidak bisa digunakan untuk perabotan berbahan kayu. Meskipun sudah dicampur dengan air, produk pemutih masih tetap sangat keras dan dapat merusak lapisan kayu lemari serta memudarkan warna lemari. Untuk permukaan kayu dan bahan-bahan yang rentan, akan lebih baik dibersihkan menggunakan cairan produk pembersih yang seringan mungkin. Inilah mengapa cara menghilangkan jamur di lemari pakaian membutuhkan sedikit perawatan ekstra.

Cara menghilangkan jamur di lemari pakaian

Langkah pertama agar jamur tidak semakin banyak adalah membersihkan semua jamur yang sudah ada di dalam lemari. Alternatif lain untuk menggantikan penggunaan pemutih di lapisan kayu adalah menggunakan cuka putih. Selalu mencoba terlebih dahulu produk-produk tersebut di bagian area kecil sebelum melanjutkan proses cara menghilangkan jamur pada lemari. 

Pertama-tama, jamur harus diberikan campuran 50% air dan 50% cuka. Cairan ini akan menghilangkan lapisan paling luar jamur, dan menghilangkan sisa-sisa jamur berwarna hitam. Untuk melakukan ini, cukup dengan mencelupkan kain ke dalam cairan cuka dan lap seluruh bagian yang berjamur. Awalnya akan terlihat seperti jamur sudah menghilang, tetapi mungkin akan ada sisa-sisa jamur di bagian lebih bawah ke dalam.

Bagian ini harus ditangani dengan memberikan cairan cuka asli, dan biarkan hingga kering. Permukaan laci dapat dibilas dengan air dingin dan dikeringkan menggunakan handuk. 

Jika Anda dengan teliti menghilangkan jamur pada lemari dengan cara di atas, seharusnya sekarang semua jamur yang ada di lemari sudah mati.

Apa penyebab lemari berjamur?

Jamur di lemari dapat disebabkan dari berbagai macam faktor, tetapi terdapat dua penyebab utama yang dapat dijelaskan. Penyebab-penyebab inilah yang harus pertama-tama ditangani ketika melakukan proses cara menghilangkan jamur di lemari pakaian.

Pengembunan. Pengembunan merupakan masalah yang umum diresahkan, khususnya di sekitar jendela dan di tembok. Hal ini dapat menaikan tingkat kelembapan di rumah Anda dan menciptakan suasana yang baik untuk jamur terbentuk. Jamur juga dapat tumbuh jika lemari Anda menempel dengan tembok. Jika lemari Anda berjamur, cegah ini dengan menjauhkan sedikit lemari dari tembok agar menciptakan lebih banyak aliran udara dan sirkulasi udara yang baik.

Pakaian yang lembap. Bayangkan, pakaian yang dijemur hampir kering dan mesin cuci Anda baru saja selesai mencuci pakaian babak kedua. Bukannya menunggu, Anda malah menanggalkan pakaian lembap dari gantungan dan memasukkannya ke dalam lemari – mereka akan tergantung dan mengering di sana. Ini adalah kesalahan besar.

Apa yang Anda lakukan adalah memasukkan pakaian lembap ke dalam lingkungan yang tertutup. Selain itu, isi dalam lemari akan cenderung gelap. Lembap dan kondisi yang gelap adalah tempat berkembang biak yang ideal untuk jamur dan lumut.

Jamur akan mudah dibasmi jika metode cara menghilangkan jamur pada lemari baju di atas dilakukan dengan teliti. Baca juga artikel selanjutnya untuk mengetahui tips menghilangkan jamur di jas hujan.

Ketika mengatasi jamur di lemari, selalu baca petunjuk yang tersedia di kemasan dan lakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian-bagian kecil lemari sebelum menggunakan produk pembersih.