Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Perhiasan Perak Kembali Cerah dan Berkilau Seperti Baru

Perhiasan perak merupakan pelengkap yang anggun dan cantik untuk setelan apa pun – namun waktu dan penanganannya dapat menyebabkan perubahan warna.

Panduan lengkap cara mencuci perhiasan perak ini akan membantu Anda mengembalikan kecerahan dan kilau perhiasan kalung, cincin, jam tangan, gelang, dan anting Anda.

Simpanlah perak dengan sepotong kapur – kapur akan menyerap uap, dan membuat perhiasan Anda tetap aman dan kering!

Yang Harus Diingat saat Membersihkan Perhiasan Perak

Saat membersihkan perhiasan perak, sangat penting untuk menghindari penggunaan larutan yang keras. Sikat perhiasan Anda menggunakan pasta gigi atau garam yang dapat menghilangkan noda, namun berhati-hatilah karena hal ini juga dapat menyebabkan goresan – atau lepaskan seluruh lapisan perak, jika perhiasan Anda hanya dilapisi perak.

Jika perhiasan perak Anda tidak terlalu mahal dan Anda membutuhkan cara yang cepat, Anda dapat menggunakan adonan air dan baking soda untuk membersihkan perak, namun berhati-hatilah pada potensi kerusakan pada perhiasan.

Cara Membersihkan Perhiasan Perak Menggunakan Aluminium Foil

Walaupun cara ini sangat efektif untuk membersihkan perhiasan perak di rumah, namun ingatlah jika perhiasan perak Anda mengandung lem, maka cara ini mungkin dapat merusaknya.

Demikian juga, Anda seharusnya tidak menggunakan aluminium foil pada batuan yang lembut atau keropos.

Hati-hatilah dengan perhiasan yang sensitif – lebih baik bertindak aman daripada menyesal kemudian. Tanyakan pada produsen tentang panduan membersihkan atau bawa ke ahlinya jika Anda ragu.

Jika Anda ingin membersihkan perhiasan sederhana seperti cincin perak atau anting, maka cara ini dapat diandalkan:


  1. Letakkan sebuah mangkok dengan aluminium foil (bagian bersinar menghadap ke atas) dan taburkan satu sendok baking soda ke atasnya. Letakkan perak Anda di dalam mangkok.
  2. Didihkan air panas secukupnya untuk menutupi perhiasan dan tuang ke dalam mangkok. Ini akan menyebabkan reaksi kimia yang dapat membantu memindahkan noda dari perak ke foil.
  3. Biarkan perak dalam larutan tersebut beberapa detik – semakin banyak noda pada perak, maka semakin lama Anda harus membiarkannya.
  4. Keluarkan perhiasan menggunakan jepitan – berhati-hatilah agar tidak terkena tangan saat mengeluarkannya. Bilas dan biarkan mengering. Sekarang Anda akan mendapatkan perhiasan perak berkilau seperti baru!

Ada banyak variasi teknik yang dapat dicoba – jika Anda mencari cara yang berbeda, ada banyak tutorial yang bisa ditemukan dengan mudah secara online.

Jika Anda tidak bisa menggunakan cara membersihkan perak – misalnya pada jam tangan atau barang yang terlalu bernilai untuk digosok dengan baking soda – maka pilihlah pembersih khusus perak, atau pertimbangkan untuk membawa perhiasan tersebut ke ahlinya.

Gunakan campuran baking soda, rebusan air, dan aluminium foil untuk membersihkan perak. Setelah dibersihkan, Anda dapat memoles perhiasan perak dengan kain lembut dan bersih untuk memastikan kilaunya tetap terjaga.

Ingatlah untuk menghindari penggunaan larutan keras serta berkonsultasi dengan ahli perhiasan jika Anda tidak tahu cara membersihkan perhiasan perak di rumah.