Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju

Lipstik salah satu ‘senjata’ yang paling efektif mengubah penampilan wajah. Namun, terkadang lipstik tidak sengaja bisa menodai baju kesayangan Anda, padahal sepertinya Anda sudah berhati-hati menggunakan lipstik.

Beruntung jika Anda mengetahui cara menghilangkan noda lipstik di baju karena semakin cepat Anda bertindak, semakin mudah baju kembali bersih seperti semula. Sebelum mengetahui cara menghilangkan lipstik di baju, perlu diketahui lipstik terbuat dari bahan minyak atau lilin.

Oleh sebab itu, Anda harus menghilangkan minyak terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

Jika Anda menghadapi masalah yang lebih serius seperti ketumpahan cairan kutek, Anda akan membutuhkanmetode yang berbeda, simak cara menghilangkan noda kutek di berbagai permukaan.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk penggunakan produk pembersih sebelum memulai proses cara menghilangkan bekas lipstik di baju dan coba terlebih dahulu pada bagian kecil untuk memastikan cairan pembersih tidak akan merusak pakaian kesayangan Anda.

Setelah berhasil menghilangkan noda lipstik di baju, cuci baju Anda seperti biasa dengan mesin cuci menggunakan detergen. Jangan lupa untuk memeriksa label perawatan pakaian.

Cara menghilangkan noda lipstik di baju tanpa dicuci

Cairan pembersih detergen


  • Jika noda terlalu tebal menempel di pakaian, awali dengan menghilangkan noda tersebut. Gunakan sendok untuk mengikis gumpalan lipstik. Anda dapat menggunakan tisu dapur untuk membersihkan noda tersebut.
  • Kemudian semprotkan air pada bagian yang ternoda, dan gunakan sedikit Rinso atau cairan pembersih lainnya. Biarkan selama kurang lebih 15 menit untuk cairan tersebut bekerja dan menghancurkan noda.
  • Selanjutnya, gunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi cairan pembersih atau Rinso. Secara perlahan gosok area yang kotor dengan arah melingkar dari luar ke dalam agar noda tidak menyebar.
  • Bilas dengan menyemprotkan lebih banyak air lalu keringkan.


Alkohol gosok

Salah satu cara menghilangkan noda lipstik di baju tanpa di cuci adalah menggunakan alkohol gosok. Tapi jangan lupa untuk mencoba pada bagian kecil terlebih dahulu agar tidak merusak baju.


  • Letakkan baju di atas permukaan keras yang dilapisi tisu dapur dan atur posisi noda menghadap ke tisu.
  • Gunakan kapas atau cotton bud yang sudah diberikan sedikit alkohol gosok untuk mengolesi bagian baju yang ternoda (jangan digosok atau baju akan rusak).
  • Bilas dengan menyemprotkan air di bagian yang kotor dan keringkan. Balikkan baju dan periksa apakah bagian depan juga sudah kering.


Cara menghilangkan noda lipstik di baju putih

Lipstik atau lip tint yang menodai baju putih akan memerlukan teknik pembersihan yang berbeda. Cara menghilangkan lip tint di baju putih tidak bisa dengan hanya menggunakan tisu dapur saja.

Perhatikan cara menghilangkan noda lipstik di baju putih berikut ini:


  • Pertama, semprotkan produk pengeras rambut atau hairspray ke bagian yang ternoda.
  • Gunakan lap dan air hangat untuk menggosok noda lipstik yang sudah diberikan cairan pembersih di langkah pertama. Lalu bilas dengan air.
  • Pastikan noda sudah memudar atau bahkan hilang sepenuhnya.
  • Rendam baju putih di dalam ember berisi air hangat dan cairan pemutih selama 30 menit.
  • Cuci baju dengan mesin dan Rinso.
  • Selain hairspray, Anda juga dapat menggunakan cuka putih, pasta soda kue, pasta gigi, Rinso, atau cairan pemutih dalam cara membersihkan lip tint di baju putih.


Cara menghilangkan noda lipstik di sofa

Untuk menghilangkan lipstik di sofa, Anda dapat menggunakan teknik yang sama dengan cara menghilangkan lipstik di baju.

Bersihkan bagian yang ternoda dan hanya gunakan sedikit cairan pembersih agar tidak membuat permukaan sofa menjadi terlalu basah.

Jika memungkinkan, keringkan sofa di luar rumah untuk mempercepat proses pengeringan. Jangan lupa untuk memeriksa label perawatan sofa sebelum memulai proses pembersihan.

Jika Anda tidak yakin dengan teknik di atas dalam cara menghilangkan bekas lipstik di baju dan di sofa, hubungi jasa binatu langganan Anda agar pakaian dan sofa diatasi oleh para ahli.

Setelah Anda mengetahui cara menghilangkan bekas lipstik di baju, Anda tidak perlu khawatir lagi jika kejadian malang ini terjadi. Baca artikel selanjutnya untuk mengetahui cara membersihkan beauty blender.