Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami

Hari ini Hand Sanitizer mengalami peningkatan penggunaan setelah kemunculan virus corona yang meresahkan masyarakat. Ada yang rela membeli Hand Sanitizer walaupun sekarang sudah dibanderol dengan harga yang mahal. Untuk mengatasi hal ini, Anda membutuhkan kumpulan cara untuk membuat Hand Sanitizer sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Sebagaimana yang kita tahu mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara terbaik untuk terhindar dari virus dan kuman, namun masyarakat tetap menyukai penggunaan Hand Sanitizer. Beberapa di  antaranya lebih percaya bahwa menggunakan cairan antiseptic ini lebih ampuh dan aman untuk terhindar dari virus corona. Tutorial membuat hand sanitizer sendiri sekarang sudah banyak diulas di berbagai sumber.

Anda bisa menemui tips dan trik pembuatan cairan antivirus ini di video youtube, internet melalui website ataupun media pemberitaan yang turut berupaya mengantisipasi korban penyakit covid 19 ini. Virus corona memang bisa diatasi hanya kalau kita menjaga kebersihan dan berada di titik aman dengan tempat terinfeksi virus corona. Untuk itu, berikut  kumpulan cara praktis untuk membuat hand sanitizer sendiri tanpa harus membeli. Mari simak.

Bahan-bahan Alami untuk membuat Hand Sanitizer


1. Lidah Buaya


Kita semua sudah tahu khasiat lidah buaya yang begitu beraneka ragam. Mulai dari untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut sampai kandungannya yang baik untuk dikonsumsi. Tanaman ini sendiri sudah kerap disebut sebagai tanaman ajaib. Nah, ternyata bahan alami ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan Gel hand sanitizer loh yang ampuh loh. Apalagi lidah buaya memiliki manfaat lain dalam menjaga kulit tetap lembut dan lembut.

Anda juga bisa memadukannya dengan berbagai bahan lainnya seperti daun kemangi dan daun jeruk sebagai pewanginya. Cara membuatnya cukup mudah, Anda bisa menghancurkan lidah buaya yang sudah dikupas dengan daun kemangi dengan blender. Lalu saring dan ambil ekstraknya setelah itu tambahkan bubuk dau jeruk dan air secukupnya. Masukkan ke dalam botol spray dan selesai.

2. Minyak Atsiri

Bahan alami selanjutnya adalah minyak atsiri. Dari dahulu sampai dengan sekarang bahan ini memang sudah digunakan untuk kepentingan mengusir berbagai macam penyakit dan infeksi loh. Bahan ini juga kerap dipuji karena memiliki sifat yang antibakteri, antijamur, antimikroba dan lain sebagainya. Cara memanfaatkannya bisa dengan bahan lainnya seperti cuka putih, lidah buaya yang sudah disaring dan alkohol.

Untuk takarannya Anda bisa menyiapkan 120 ml lidah buaya, 120 ml cuka putih, 12 tetes minyak atsiri dan satu sendok isopropil alkohol serta colloidal. Campurkan semua bahan sampai dengan merata lalu masukkan dalam botol spray. Tidak sulit bukan?

3. Cuka Putih

Kalau sebelumnya cuka putih digunakan sebagai bahan campuran bahan lainnya, cuka putih juga bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan hand sanitizer loh. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih tersebut dengan air sedikit lalu masukkan ke dalam sebuah botol spray. Sederhana sekali bukan? Untuk menjaga kualitasnya Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu dalam lemari es.

4. Lemon

Bahan selanjutnya yang juga ampuh digunakan sebagai Hand sanitizer adalah lemon. Buah yang satu ini adalah buah dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan di dalamnya ini mampu membasmi kuman yang ada di tangan Anda dan terlebih lagi mampu menjadikan kulit Anda tetap lembut dan cerah. Cara pembuatannya juga sangat mudah dimana perasan lemon ditambah dengan air secukupnya dan masukkan dalam botol spray. Mudah bukan?

5. Daun Sirih

Daun sirih kemungkinan sudah seringkali Anda dengar khasiatnya untuk bahan antiseptik bukan? Pembuatan Hand sanitizer ini pun sudah tidak jarang dengan menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Nah, dalam pembuatannya sendiri akan lebih efektif apabila dibantu dengan bahan alami lainnya. Salah satunya adalah campuran antara daun sirih dan kulit rambutan.

Cara membuatnya begitu sederhana dengan cara merebus kedua bahan tersebut tapi tidak bersamaan. Setelah selesai direbus, ambil kedua ekstraknya masing masing yang direbus secara terpisah.  Selanjutnya campur kedua ekstrak tersebut lalu tambahkan air secukupnya. Untuk membuat kulit Anda tetap lembut, Anda bisa menambahkan minyak zaitun beberapa tetes.

6. Minyak Essensial Lavender

Cara membuat hand sanitizer berikutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan minyak essensial lavender. Penggunaannya sendiri dianggap ampuh sebagai bahan cairan antiseptik yang ampuh. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minyak alami ini berperan sebagai antibakteri dan antijamur secara alami. Minyak essensial lavender bisa dijadikan alternatif hand sanitizer yang bagus.

7. Tea Tree Oil

Tea Tree oil juga memiliki khasiat yang baik untuk berperan sebagai antibakteri dan antivirus. Dalam pemanfaatanya sendiri sering digunakan untuk pencegahan dan penyembuhan jerawat loh. Kandungannya memang sangat baik untuk menangkal kuman, bakteri dan juga virus. Karena khasiatnya ini membuat Tea tree oil juga dapat dijadikan sebagai hand sanitizer yang baik.

8. Minyak Essensial Kayu Manis

Bahan selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan dalam daftar ini adalah minyak essential dari kayu manis. Selain memiliki aroma yang wangi, di dalamnya kayu manis ini memiliki kandungan dengan sifat antibacteri serta mikroba yang efektif dalam menghalangi segala jenis organisme yang menyebabkan penyakit. Tentu saja penggunaannya akan sangat praktis sebagai hand sanitizer.

9. Minyak Essensial Jeruk

Minyak essensial jeruk adalah salah satu sumber antioksidan alami yang bisa meregenerasi sel sel kulit ditangan sehingga akan memungkinkan kulit tangan Anda terasa lembut dan kenyal. Namun, terlepas dari manfaatnya yang bagus itu, minyak essensial dari buah jeruk ini juga mampu mencegah adanya bakteri dan virus loh. Antioksidan yang dimilikinya juga mampu sebagai tameng bagi tubuh dibagian luar.

10. Daun Sereh

Daun sereh yang biasanya dijadikan sebagai bumbu dapur juga memiliki khasiat yang bagus untuk dijadikan sebagai hand sanitizer loh. Tumbuhan dengan aroma yang spesifik ini mampu dijadikan sebagai cairan pembersih tangan yang efektif tanpa bantuan dari alkohol. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Cara pertama adalah dengan merendam daun sereh dengan air panas. Hindari dengan merebus. Lakukan pengukusan pada daun sereh tersebut. Apabila sudah selesai, saring dan ambil ekstraknya. Dalam hal ini untuk bekerja lebih baik Anda bisa menambahkan 2% trikolosan dan ekstrak lidah buaya sekitar 10%. Bahan tersebut juga akan lebih mudah untuk membantu pengaplikasian di tangan.


Inilah uraian yang dijabarkan secara lengkap tentang tutorial membuat hand sanitizer dengan mudah dan cepat. Bahannya pun tidak akan sulit ditemukan sebab sudah ada di sekitar Anda. Anda mungkin tidak menyadari bahwa bahan tersebut ternyata mampu diolah menjadi cairan antivirus yang ampuh dan berhasil.

Cara ini penting untuk Anda ketahui sebab hand sanitizer yang biasanya dengan mudah kita temukan di toko, sekarang sudah menjadi barang yang langka. Kalau ada pun harganya sudah sangat mahal dibandingkan dengan harga terdahulu sebelum ada coronavirus. Semoga dengan upaya ini kita turut mengatasi permasalahan covid 19 yang sedar menyebar di banyak negeri. Lindungi diri Anda dan keluarga dengan pemanfaatan bahan alami yang ampuh. Semoga bermanfaat.