Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara WFH yang Efektif dan Mengatasi Rasa Bosan Ketika WFH

Istilah Work from Home (WFH) mulai familiar di telinga kita sejak semakin bertumbuhnya industri start up. Dimana pekerja yg mayoritas adalah generasi 'Millenial' lebih tertarik dengan perusahaan - perusahaan yang mengijinkan karyawan mendapat 'flexible working time' , 'work from home' dan istilah baru lainnya.

Dengan keadaan saat ini di Indonesia yang penyebaran virus Covid-19 semakin meluas, pemerintah dan perusahaan- perusahaan berusaha mengantisipasi agar para pekerjanya tidak berada di dalam situasi yang membahayakan diri mereka dan keluarganya.

Berikut tips work from home yang efektif:

1. Jadikan rutinitas

Siapa bilang kita merasa seperti liburan ketika WFH? Kenyataanya malah sebaliknya batas antara kerja dan personal time jadi semakin rancu, yang awalnya 8-5 atau 9-6 sampai di rumah sudah bisa benar-benar tutup laptop dan enjoy family time. Sekarang karena WFH tentunya ada distraction baik dari anggota keluarga ataupun hal teknis membuat kita sulit terlepas dari laptop ataupun handphone.

Pastikan kita selalu konsisten ketika memulai dan menyelesaikan pekerjaan meski dalam kondisi WFH. Konsisten memulai dan menyelesaikan pekerjaan dan juga tidak lupa tetap menjaga kesehatan tentunya. Intinya dengan adanya habit / kegiatan yang dilakukan secara berulang dan konsisten dengan sendirinya akan menjadi rutinitas.

2. Dress up

Layaknya hendak ke kantor, kita juga perlu memperhatikan penampilan yang rapih dan bersih meski dalam WFH mode. Hal ini bisa menjadi mood booster dan membuat kita lebih professional di masa perlunya komunikasi intensif dengan tim ataupun jajaran board. Ingat pendengar telepon di ujung sana dapat menangkap suasana / mood pendengarnya, apalagi jika sedang video conference, malu juga dengan tampilan baju tidur atau muka mengantuk.

3. Benahi work space

Agar membuat kita nyaman bekerja tentunya suasana ruangan perlu dibuat fungsional, nyaman dan bersih. Ada baiknya memilikki ruang terpisah dari ruang tidur sebagai work space Anda. Jika sudah ada workspace memadai waktunya, selanjutnya yaitu kita bisa mendapat akses internet lancar dan tidak menganggu penghuni rumah lainnya ketika kita memakai ruang tersebut ketika teleconference atau video conference. Work space nyaman membuat pikiran  tenang dan juga kreatif.

Cara Mengatasi Rasa Bosan Ketika WFH

Bekerja dari rumah pasti ada positif dan negatifnya. Positifnya, kamu tidak memerlukan effort untuk pergi ke kantor menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum dan dihadapi dengan berdesakan Bersama penumpang lain atau menghadapi kemacetan.

Negatifnya jika kamu tidak disiplin maka perkerjaan dan waktu kamu bekerja menjadi terbengkalai. Seperti ada gangguan-gangguan dari lingkungan sekitar atau bahkan diri sendiri yang ter-distract oleh handphone, jajan, dan yang pastinya rebahan. Tapi bekerja dari rumah akan lebih mudah bosan karena tidak ada teman kantor yang mendampingi dan juga suasanya yang biasanya bikin mager.

Untuk mengatasi rasa bosan yang bisa kapan saja muncul, aku mau kasih beberapa tips biar kerjanya enggak gampang bosan :

1. Mencoba Make Up Look Dan Outfit Berbeda Sebelum Mulai Kerja

Jangan mentang-mentang kamu kerja dari rumah, jadi bikin kamu malas mandi, malas bangun dari kasur, apalagi malas tampil rapi padahal mau conference call sama client. Bosan sama warna lipstik yang itu-itu aja? Coba main-main sama lipstik warna lain deh, atau coba pake wing eyeliner? Boleh banget dong. Biasanya rambut dicepol aja? Coba model gaya rambut yang lain aja, selain mengatasi kebosanan bisa membuat tampilan kita juga jadi lebih fresh loh. Atau biasnaya kamu senang memakai baju atau dresscode berwarna hitam, coba pakai warna lain seperti peach atau warna cerah lainnya.

2. Masak Masakan Sendiri

Bosan makan makanan warteg atau pesan lewat aplikasi online? Coba deh sesekali masak masakan sendiri. Simpel aja, boleh nasi goreng, ayam goreng atau makanan favoritmu lainnya. Makan masakan sendiri itu sudah pasti lebih terjamin kebersihannya, selain itu kita pasti menjadi lebih hemat karna uang 1x makan bisa untuk 2x makan dan juga ada kepuasan tersendiri ketika kita makan masakan sendiri loh.

3. Menyiapkan dan Mendekor Tempat Kerja

Yess, positive vibe, rapi, nyaman dan bersih pasti akan ningkatin mood kita, dalam hal ini ya kerja. Coba kamu dekor deh meja kerja atau ruang kerjamu sesuai apa yang kamu mau. Boleh di kamar, ruang tamu atau bahkan di halaman belakang rumah agar suasana asri makin menambah sejuk sekitar, dan me-refresh fikiran kita. Coba bayangin kalau kondisi ruangan seperti kapal pecah, barang ada dimana-mana pasti ada merasaan malas yang menghampiri. Oh iya, menjauh dari kasur ya, kasur memang nyaman tapi bukannya ngebuat kamu kerja malah bikin kamu tidur.

4. Menyelipkan Kegiatan Hobi Sebagai Selingan

Gak usah kamu kerja di rumah, kamu kerja di kantor aja pasti sering merasa bosan atau jenuh jikalau tidak diselingin kegiatan-kegiatan yang kamu sukai atau mengobrol dengan teman kantormu. Nah sama halnya dengan WFH ini, coba deh selingin sama kegiatan-kegiatan yang kamu sukai seperti baca buku, nonton series di Netflix, makan cemilan atau apapaun yang membuatmu senang. Jika dirimu, keadaan sekitar dan juga jiwamu merasa senang niscaya rasa bosan yang datang akan segera hempas.

Yuk jadi pribadi yang lebih positif dan memberikan dampak positif ke lingkungan sekitar.

Selamat Mencoba ya..