Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khat, Pelajaran Menulis Bahasa Arab

Apa itu khat? Khat adalah pelajaran menulis bahasa Arab yang diajarkan mulai kelas 1 sampai kelas 6 KMI di Pondok Pesantren Modern.

Pelajaran khat diajarkan oleh ustadz yang ahli di bidang tulis menulis bahasa Arab yang indah. Santri diajari menulis Arab mulai dari menulis tingkat dasar yaitu menulis huruf hijaiyah Alif sampi ya dengan metode yang baik dan benar.

Menulis Arab yang baik dan benar sesuai kaidah penulisan bahasa Arab disebut Khat. Pengembangan tulis Arab di dunia santri menjadi karya tulis Arab indah yang disebut kaligrafi.

Seni menulis kaligrafi arab merupakan salah satu dari banyaknya jenis karya seni rupa di dunia ini yang menonjolkan keindahan pada setiap garis dan bentuk-bentuk hurufnya. Banyak orang yang mengaguminya, terutama sebagian besar orang-orang Islam.

Pengertian Kaligrafi Islam

Jika kamu bertanya tentang apa itu Kaligrafi? Kaligrafi adalah sebuah tulisan berbahasa arab yang ditulis dengan indah, susunan variasi dari khat(garis garis bentuk pada tulisan arab)yang terlahir dari para khathat(para pembuat kaligrafi) dahulu kala untuk membentuk sebuah seni indah dari tulisan arab.

Tujuan dari sebuah kaligrafi sendiri pada awalnya adalah untuk memudahkan para ummat Muslim untuk membaca tulisan arab. Lalu dalam pengembangan yang terjadi sekarang, kaligrafi menjadi sebuah karya seni yang indah dan dikagumi.

Perlu anda ketahui, khat merupakan salah satu model seni dari model tulisan arab. Jadi bukan termasuk bagian dari agama. Dan yang paling penting, dalam membuat sebuah seni kaligrafi kalian jangan pernah mengubah arti dan kaidah yang ada pada tulisan arab tersebut.

Jadi bagi kalian yang ingin belajar dan menulis kaligrafi yang diambil dari ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist Rasulullah, sangat ditekankan untuk memperhatikan kembali arti dari setiap kalimat yang ditulis agar tidak menambah atau menghilangkan huruf yang telah ada.

Macam-macam Khat Kaligrafi Islam Arab

Sebelum lanjut untuk membuat kaligrafi arab, alangkah baiknya jika kita belajar untuk mengetahui khat atau bentuk dasar huruf beserta fungsi dari tulisan arab. Misalnya untuk kaligrafi pada isi sebuah surat, bentuknya akan berbeda dari kaligrafi sampul yang biasanya menjadi hiasan.

Karena memang dalam membuat kaligrafi, harus sesuai dengan dasar-dasar dan tetap pada kaidah pembuatan. Berikut adalah macam-macam khat kaligrafi yang bisa kalian ketahui diantaranya :

Kaligrafi Khat Naskhi

Khat Naskhi merupakan tulisan yang paling sering dipakai di dalam penulisan bahasa arab karena bentuknya yang sangat mudah untuk dibaca dan dibuat. Biasanya akan kalian temukan pada penulisan sebuah buku dan juga kaligrafi.

Kalian juga bisa menemukannya di dalam Al-Qur’an Indonesia di mana khat naskhi dipakai agar masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah membacanya.

Kaligrafi Khat Kufi

Kaligrafi dengan menggunakan khat kuufi biasanya cenderung berbentuk persegi dan garis lurus. Bentuknya yang sederhanan membuat membuat kaligrafi dengan khat kuufi sangat mudah dibuat. Biasanya kaligrafi khat kuufi digunakan pada hiasan dinding Masjid dan rumah.

Kaligrafi Khat Riq’ah

Khat ini jika dilihat sekilas tidak jauh beda dengan khat naskhi, namun jika dilihat seksama akan terlihat lebih tebal. Bentuknya juga lebih kecil dan miring daripada khat naskhi, dan apabila kalian langsung melihat pada buku penulisan. Kebanyakan khat Riq’ah ditulis di atas garis tulis.

Kaligrafi khat riq’ah ini biasanya digunakan oleh para ulama dan guru pada gaya penulisan mereka, penulisan yang cepat dan mudah menjadi alasan bagi mereka menggunakannya. Sebenarnya memang cukup mudah dalam penulisan, namun jika belum terbiasa akan merasa kesulitan dengan penggunaan kaligrafi khat riq’ah

Kaligrafi Khat Diwani

Kaligrafi khat diwani merupakan salah satu khat yang diminati oleh para seniman karena mempunyai karakteristik yang unik. Namun karena sulitnya dalam pembacaan dan penulisan, membuat khat ini menjadi jarang dipakai. Dalam penulisannya, khat diwani ditulis secara tegak lurus dan cara penulisannya seperti khat riq’ah.

Khat Diwani Jali

Kaligrafi khat diwani jali sebenarnya merupakan pengembangan dari khat diwani. Hanya saja dalam penulisannya lebih bervariasi dan biasanya membentuk sebuah bangun datar seperti lingkaran dan sejenisnya.

Khat Tsuluts

Kaligrafi khat Tsuluts juga merupakan bentuk kaligrafi yang paling diminati baik dari para seniman maupun orang-orang yang masih baru belajar. Cara penulisannya hampir sama seperti khat nakhi, namun penulisannya dibuat lebih panjang dan tetap bisa dibaca oleh khalayak umum.

Khat Farisi

Khat farisi merupakan gaya penulisan kaligrafi yang jarang dipakai oleh para seniman. Ini dikarenakan khat ini memerlukan ketrampilang yang sangat tinggi dalam pembuatannya. Biasanya ada garis-garis lengkungan yang panjang pada akhir susunan kaligrafi di setiap kalimat. Dan membuat kaligrafi ini menjadi sulit dibaca.

Alat Tulis Kaligrafi

Oke, setelah mengetahui jenis-jenis khat dalam kaligrafi. Tentunya kita sudah mempunyai gambaran yang sesuai dengan kreatifitas kita. Tentang khat apa yang bisa kita pakai untuk desain kaligrafi kita nantinya.

Lalu setelah itu kalian bisa memulai untuk mempersiapkan peralatan untuk membuat kaligrafi mulai dari alat tulis, kertas atau media untuk membuat kaligrafi, dan juga tintanya jika kalian menggunakan pen bertinta.

Di bawah ini, Obatrindu akan menyertakan tentang beberapa macam pensil yang biasa digunakan dalam penulisan kaligrafi :

Pensil Tunggal

Pensil ini merupakan pensil khusus yang biasa digunakan dalam penulisan kaligrafi. Untuk menggunakannya, anda harus memotong ujung pensil ini dengan ukuran sudut 35 sampai 40 derajat. Ini dimaksud untuk memudahkan penulisan kaligrafi.

Pensil Carpenter

Pernah melihat tukang kayu memakai pensil yang gepeng? Seperti itulah pensil carpenter. Kalian bisa membelinya di toko bangunan terdekat. Ciri-ciri dari pensil ini adalah ujungnya yang lebar dan berbentu persegi. Usahakan membeli pensil dengan tipe H karena pensil ini sangat keras.

Dalam memotong pensil ini, ujungnya juga harus diperhatikan. Capai sudut kemiringan 30 sampai 45 derajat pada pensil untuk memudahkan kalian dalam membentuk tulisan kaligrafi.

Pulpen Khusus Khat

Jika sebelumnya diatas kalian mengetahui pensil-pensil umum yang banyak dijumpai di sekitar kita penggunaannya. Sekarang baiknya anda tahu bahwa sebenarnya untuk menulis seni kaligrafi ada alat tulis khusus sendiri yang dipergunakan dalam membentuk setiap khat. Yaitu Bulpen Khat.

Bulpen khat bentuknya sudah sesuai standar pada umumnya dan menggunakan tinta yang terpisah sebagai bentuk keluarnya. Namun jika kurang pas dengan gaya penulisan anda, anda bisa memotongnya dengan cutter. Diharapkan untuk hati-hati agar mata pena yang ada pada bulpen tidak rusak.

Cara untuk Langkah-langkah Membuat Kaligrafi Islam Arab

Sekarang anda sudah mengetahui jenis-jenis khat dalam penulisan kaligrafi arab dan juga alat tulis yang diperlukan untuk mewujudkannya. Setelah itu, kita belajar untuk langkah-langkah membuat kaligrafi. Tentunya sangat diperlukan cara yang benar, tepat, dan metode yang pas baik dari sisi teknik penulisan itu sendiri maupun dari kreatifitas penulis untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Berikut Obatrindu sertakan langkah-langkah dan juga metode yang bisa kalian praktekkan untuk membuat seni kaligrafi :

Membuat Garis Sketsa Terlebih Dahulu

Jika kalian masih pemula dalam penulisan kaligrafi, alangkah baiknya kalian membuat garis sketsa terlebih dahulu pada kertas yang akan dipakai. Usahakan garis yang dibentuk membentuk bayang-bayang tipis agar nantinya bisa dihapus kembali.

Cara ini dilakukan untuk latihan pertama kali sebelum kalian terbiasa nantinya dalam menulis kaligrafi tanpa baris. Baru kalau sudah bisa terekam setiap garis khat dalam pikiran, kalian bisa mulai menulis seni kaligafi tanpa garis bantu.

Memegang Alat Tulis dengan Nyaman

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan sesuai keinginan kreativitas kalian, dalam menulis khat kaligrafi tentunya usahakan dengan posisi yang nyaman. Mungkin kalian saat diawal akan merasa kesulitan untuk mengatur dan mendapatkan posisi tersebut, namun seiring berjalannya waktu, kalian akan menjadi terbiasa dan mendapatkan posisi yang pas.

Mulai Membuat Contoh Kaligrafi

Sebelum menetapkan untuk menghasilkan kaligrafi yang bagus dan maksimal sesuai  kreatifitas anda. Alangkah lebih baik anda membuat beberapa contoh setiap huruf yang akan ditulis, contoh ini juga bisa menjadi sketsa sebelum merangkai kaligrafi. Gunanya untuk meminimalisir kesalahan saat pembuatan.

Dalam merangkai setiap khat kaligrafi, Obatrindu sarankan juga agar anda tidak cukup lambat dalam dalam menulis agar tinta yang keluar tidak terkumpul pada satu garis hingga menyebabkan becek. Setelah selesai, biarkan tinta dalam kertas sampai mongering sebelum mulai memegang tulisan kaligrafi agar apa yang sudah tertulis tidak tercoreng.

Berikan Tekanan yang Pas untuk Lebar setiap Garis

Menulis kaligrafi haruslah sesuai kaidah, tidak boleh sembarangan membentuk garis disaat menulis khat. Gunakan sudut alat tulis yang kalian pakai dengan tekanan yang cukup dan stabil untuk mendapatkan garis khat yang maksimal. Miliki pula alat tulis yang mempunyai mata pena berbeda untuk membantu kalian membentuk ketebalan baris yang berbeda di setiap sisi.

Gunakan Urutan yang Benar

Dalam menulis huruf arab, kita harus menulisnya sesuai urutan yang benar. Dan pada setiap huruf arab biasanya mempunyai gerakan dasar sendiri membuat kalian juga harus tahu dan belajar bagaimana menulis huruf arab yang baik dan benar. Hasil penulisan dengan dasar yang benar memberikan hasil kaligrafi yang bagus begitu pula sebaliknya.

Mempelajari Teori Warna
Mempelajari warna adalah hal opsional yang bisa kalian ambil maupun tidak untuk dipelajari karena hanya dengan memanfaatkan alat tulis satu warna pun bisa menghasilkan seni kaligrafi yang indah.

Gunanya pewarnaan dalam penulisan kaligrafi sendiri adalah untuk menghasilkan kaligrafi yang indah, mempunyai efek 3 dimensi, lebih berwarna, dan tidak membosankan. Karena memang ada sebagian orang yang lebih memilih pewarnaan dalam setiap benda yang dimilikinya.

Lakukan berulang-ulang

Seperti halnya belajar dalam bidang apapun. Dalam menulis khat kaligrafi, kalian juga harus melakukannya secara berulang-ulang untuk membentuk karakter kalian dan menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Dengan belajar secara Istiqomah, saya yakin kalian akan menjadi mahir dalam menulis kaligrafi.

Belajar dari Karya Orang Lain

Saat belajar kaligrafi di awal-awal, kalian bisa belajar dari mencontoh karya orang lain. Tidak usah malu, karena pada awalnya semua yang mahir pun belajar dari mencontoh. Baru jika kalian sudah terbiasanya untuk menulis kaligrafi, buatlah sebuah karya untuk bisa jadikan contoh bagi pelajar lainnya.

Menggunakan Kertas Tebal

Dalam menulis khat kaligrafi, Obatrindu sarankan untuk kalian menggunakan kertas yang cukup tebal. Ini dimaksudkan agar hasil anda tidak meluber, tinta yang keluar juga mudah terserap oleh kertas, sehingga menghasilkan karya yang luar biasa.

Contoh Gambar Tulisan Kaligrafi Islam Arab

Berikut ini saya sertakan beberapa contoh gambar Kaligrafi Islam Arab baik dari model sederhana sampai yang rumit untuk sebagai alat bantu belajar teman-teman di rumah.

Itulah artikel yang bisa saya ulas tentang Kaligrafi dan bentuk Khat yang biasanya digunakan beserta pula beberapa contoh Kaligrafi untuk bahan belajar. Semoga artikel ini dapat membantu.