Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trend Blog Tahun 2020 yang Harus Diketahui

Blog menjadi tempat sarana orang-orang membagikan berbagai informasi. Mulai dari blog pribadi atau blog lainnya yang membahas mengenai berbagai macam topik dengan perspektif serta pandangan yang berbeda-beda.
Pada umumnya, perhatian dan kebiasaan publik selalu fluktuatif, membuat blogger sebagai penulis dari blog tersebut juga harus memahami tren yang sedang terjadi di saat itu. Blogger harus tau sekarang publik sedang menyukai blog seperti apa?

Di artikel ini kami mau berbagi ke kalian semua apa aja tren menulis blog di tahun 2020, jangan kemana-mana ya guys!

Penyampaian suatu blog haruslah informatif dan berkualitas agar pembaca juga senang membaca blog kamu. Artikel yang panjang identik dengan informasi yang lengkap, setidaknya 1.000 – 7.000 kata membuat pengunjung tertarik untuk membaca artikel kamu.

Dengan begitu, postingan blog kamu bisa menjadi mini e-book untuk para pembaca blog. Jika pembaca sudah mengenal blog kamu dan merasa terbantu dengan artikel yang kamu tulis, pembaca akan mengunjungi blog kamu lagi untuk mendapatkan informasi lainnya. Tetapi, artikel yang panjang tidak ada gunanya jika topik yang disampaikan tidak terarah. Konten artikel harus terorganisir dengan baik, relevan dan bermanfaat bagi para pembaca.

Membuat Blog Secara Konsisten

Kamu pastinya menginginkan traffic website kamu tidak menurun dan terus meningkat dari hari ke hari. Untuk menjaga traffic website kamu, Kamu harus menjaga engagement dengan pembaca blog kamu dengan mengupdate postingan blog secara konsisten/rutin.

Pemasaran Blog

Menulis artikel dengan tema yang bagus adalah langkah yang sangat baik untuk kamu lakukan. Tetapi, artikel juga perlu dikenal lebih banyak orang lagi agar lalu lintas website kamu stabil atau meningkat.

Platform sosial media bisa kamu gunakan sebagai tempat kamu untuk memulai memasarkan blog kamu. Bisa dengan menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya. Dengan kamu sering post artikel kamu melalui platform sosial media juga akan menarik perhatian pembaca agar membaca artikel kamu yang langsung diarahkan ke website.

Bisa dengan menggunakan iklan berbayar di Instagram agar publik tahu website kamu dan tertarik membaca artikel kamu dengan klik link website nya. Kamu juga bisa memfokuskan audiens yang akan melihat iklan website kamu, agar iklan tersebut tepat sasaran kepada orang yang tepat.

Konten Video

Jangan salah sangka guys, konten visual video juga penting di dunia blogging. Video akan membantu kamu memikat lebih banyak pembaca untuk mengunjungi blog kamu. Video biasanya digunakan untuk menampilkan highlight informasi yang nanti nya akan dijelaskan lebih rinci dan detail melalui artikel.

Tidak ada salahnya dengan menggabungkan video dan tulisan dalam sebuah konten blog, selain lebih menarik, konten video juga dapat memberikan highlight informasi yang ingin kamu sampaikan dalam tulisan secara lebih singkat, menarik dan mudah dimengerti.

Mini-Blog akan menjadi populer

Selain konten yang panjang, konten yang berbentuk pendek pun juga bisa kamu explore di tahun 2020. Ada banyak pembaca blog yang tidak punya banyak waktu dan lebih memilih untuk membaca konten yang singkat dan padat. Konten yang pendek atau mini-blog cenderung mudah untuk diserap oleh publik, biasanya banyak orang membaca konten yang sekilas ini sambil di perjalanan atau sambil melakukan aktivitas lainnya. Untuk konten mini blog, dalam satu postingan blog mengandung 300 – 1.000 kata dengan penyampaian materi yang cepat dan langsung to the point.

Mini-blog juga menjadi favorit banyak orang karena informasi yang cepat untuk mereka baca juga cepat untuk mereka konsumsi, seperti makanan cepat saji. Walaupun hal tersebut membuat mini-blog tidak mengandung informasi yang lengkap, tapi setidaknya mereka mendapat informasi yang hanya mereka butuhkan.

Pengoptimalan Mobile-Friendly   

Di tahun 2002, akan semakin banyak orang yang membaca artikel sambil melakukan aktivitas mereka. Pastinya mereka membaca artikel kamu melalui smartphone  mereka karena jauh lebih mudah dan praktis. Di tahun 2020, postingan suatu blog akan menjadi lebih terstruktur dalam tampilan format yang sederhana dan mudah dibaca. Dengan menampilkan bab-bab yang sudah tertata agar pembaca dapat membaca lebih mudah.

Penting untuk kamu memahami bahwa tren blogging akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Kamu harus tetap up to date dan juga konsisten dalam pembuatan setiap artikel agar menjadi peringkat tinggi di mesin pencari. Good luck! dan sampai jumpa di artikel berikutnya!