Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Screen Recording Dengan Wondershare Filmora

Selain melalui artikel online, Anda dapat belajar tutorial komputer melalui video. Anda dapat dengan mudah menemukan video tutorial di internet, khususnya di situs berbagi video YouTube. Video tutorial menampilkan secara visual langkah demi langkah sehingga lebih mudah diikuti. Video tutorial umumnya dibuat dengan software khusus screen recording seperti Camtasia, FlashBack Pro, Bandicam, Movavi Screen Recorder Studio dan masih banyak lagi yang lain.
Anda mungkin pernah mendengar software Wondershare Filmora. Anda mungkin mengenal software sebagai video editor. Kebanyakan orang mengetahui Wondershare Filmora sebagai software untuk mengedit video. Namun Filmora juga memiliki fitur screen recording untuk merekam layar komputer dengan kualitas yang sangat bagus. Bila Anda memiliki software Filmora, Anda dapat melakukan screen recording dan mengedit video dalam satu software sekaligus.

Ketika selesai melakukan screen recording dengan Filmora, selain video yang dihasilkan disimpan di folder penyimpanan yang telah Anda tentukan, video juga akan diletakkan di project Filmora untuk bisa langsung diedit. Ini akan lebih memudahkan Anda tanpa perlu lagi mengambil di folder penyimpanan. Berikut ini adalah cara untuk memulai melakukan screen recording dengan software Wondershare Filmora:

Buka atau jalankan aplikasi Wondershare Filmora terlebih dahulu, di jendela yang muncul pilih New Project.

Melakukan rekam layar komputer (screen recording) dengan Wondershare Filmora
Di aplikasi Wondershare Filmora yang muncul, klik menu File (1), pilih submenu Record Media (2) dan kemudian pilih Record PC Screen... (3).

Melakukan rekam layar komputer (screen recording) dengan Wondershare Filmora
Di jendela Wondershare Filmora Srcn yang muncul, klik ikon SETTINGS (1) dan kemudian atur parameter untuk membuat video dan hasil videonya seperti tempat menyimpan video, frame rate, quality, record timer, mouse click in recording dan mouse click sound dan juga hotkey untuk pause/resume dan start/stop atau Anda dapat menggunakan default-nya. Minimize semua jendela yang muncul untuk persiapan melakukan screen recording (2).

Melakukan rekam layar komputer (screen recording) dengan Wondershare Filmora
Tekan tombol keyboard (hotkey) F9 untuk mulai melakukan screen recording. Anda dapat melihat angka yang berjalan mundur sebagai tanda persiapan untuk screen recording dengan Wondershare Filmora. Bila Anda ingin berhenti melakukan screen recording, tekan kembali tombol keyboard F9. mudah bukan..mari mencoba merekam layar komputer kita dan mengeditnya.