Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tangan Kering Akibat Terlalu Sering Cuci Tangan

Di tengah pandemi virus corona kita diimbau untuk melakukan langkah pencegahan penularan penyakit dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Sehari-hari, kita dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan supaya virus yang mungkin tersentuh bisa mati dan enggak sampai masuk ke dalam tubuh. Nah, sayangnya penggunaan sabun cuci tangan yang teramat sering bisa membuat tangan kita jadi kering dan iritasi.

Biasanya bagian tangan yang jadi kering adalah punggung tangan dan sela jari karena kulit pada bagian tersebut lebih tipis daripada area kulit di telapak tangan.

Selain kering, efek yang parah bahkan bisa sampai membuat tangan kita mengelupas, pecah-pecah, timbul ruam atau luka. Lalu, sebaiknya apa yang harus kita lakukan saat mengalaminya? Bagaimana pula langkah pencegahannya?

1. Pakai Pelembap

Cuci tangan pakai sabun memang sangat penting, tapi kita juga perlu merawat kondisi tangan kita supaya tetap sehat.

Nah, supaya kulit enggak jadi kering bahkan teriritasi, sebaiknya jaga kelembapan tangan kita dengan menggunakan pelembap.

Oleskanlah krim atau salep pelembap kulit yang bisa membantu menghalangi penguapan air dari lapisan kulit.

Kalau kondisi tangan kita sangat kering, saat sebelum tidur, coba pakai sarung tangan berbahan katun setelah diolesi pelembap.

Hal itu bisa membantu menjaga kondisi tangan kita supaya di pagi hari nanti bisa ekstra lebih lembap.

Selain menggunakan pelembap, sebaiknya kita juga melakukan tips lain seperti berikut ini untuk mencegah tangan jadi kering.


2. Cuci tangan

Di tengah ancaman wabah seperti sekarang ini, kita memang dituntut untuk selalu cuci tangan dengan sabun secara disiplin.

Nah, karena kita harus sering-sering memakai sabun cuci tangan, jadi sebaiknya kita enggak asal memilihnya.

Pilih sabun tangan yang mempunyai kandungan glisering dan lanolin karena bisa memberikan kelembapan pada kulit.

Selain itu, kamu juga bisa memilih sabun cair daripada sabun batang, soalnya, biasanya sabun batang mempunyai kandungan pH yang tinggi sehingga bisa bikin kulit tangan kita jadi kering.

3. Hindari Air Panas

Saat cuci tangan, cukup pakai air mengalir biasa supaya enggak jadi kering bahkan iritasi. Enggak perlu pakai air hangat atau panas karena malah bisa menghilangkan kandungan minyak alami yang ada di kulit tangan kita.

Minyak tersebut berguna untuk menjaga kandungan air yang ada di lapisan kulit dan membuat kulit tetap lembap. Selain itu, air yang terlalu panas juga bisa membuat tangan kita jadi iritasi. Air hangat yang masih aman adalah yang suhunya cukup hangat suam-suam kuku.

4. Keringkan Tangan

Kalau kulit tanganmu termasuk sensitif dan gampang terluka, sebaiknya jangan menggosokkannya pada kain, handuk, atau tisu, ya. Sebagai gantinya, kamu cukup menepuk-nepukkan salah satu dari alat tersebut ke tangan.

Oiya, menggunakan bahan tersebut lebih dianjurkan daripada menggunakan alat pengering tangan, lo. Soalnya, alat tersebut lebih enggak higienis dan justru bisa bikin tangan jadi kering, kasar, bahkan iritasi akibat udara panas diembuskan.