Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jerawat Menggunakan Bahan Alami

Jerawat memang sudah tidak asing lagi bagi kita, jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang seringkali membuat kita tidak percaya diri untuk keluar rumah, berpergian, atau melakukan suatu aktivitas.
Bagi banyak orang penyebab munculnya jerawat bisa karena adanya datang bulan, makan kacang-kacangan, atau karena kita jarang membersihkan wajah, dan lain sebagainya.

Banyak juga produk kecantikan yang menjanjikan untuk menghilangkan masalah jerawat, jangan sampai kalian salah pilih produk ya, ketika produk yang digunakan tidak sesuai dengan wajah atau bisa saja produk tersebut mengandung bahan berbahaya bisa-bisa wajah kalian malah rusak, selalu hati-hati dan waspada.

Nah daripada kalian bingung memilih produk-produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat, memakai bahan alami sangatlah aman bagi kulit wajah kalian karena pastinya tidak mengandung bahan berbahaya untuk kulit. Mari simak beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

1. Madu

Madu dapat mempercepat penyembuhan jerawat pada kulit karena memiliki efek antiradang dan antibakteri, madu ternyata juga bisa loh membuat wajah cerah selain mengatasi masalah jerawat.

Ketika madu dioleskan pada kulit, madu akan melindungi kulit dengan melembapkan dan memberikan nutrisi pada kulit untuk mepercepat proses penyembuhan. Bisa juga mencampur madu dengan yogurt lalu oleskan pada kulit wajah kemudian diamkan sekita 20 menit dan setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal sering dijadikan sebagai produk kecantikan karena mengandung mineral dan berbagai jenis vitamin. Beberapa fungsinya di dunia kecantikan adalah sebagai antiradang yang dapat meredakan jerawat, selain itu juga berfungsi sebagai antibakteri pada kulit. Bekas jerawat juga dapat dihilangkan dengan lidah buaya karena kandungan zat yang mempercepat pembentukan kolagen.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan lidah buaya yang sudah dicuci dan dikupas bagian luarnya kemudian oleskan pada kulit wajah, biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air.

3. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, mineral, dan asam kafeik yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga berfungsi untuk mengatasi masalah pada jerawat seperti meredakan iritasi pada jerawat tanpa menimbulkan kulit kering dan perih selain itu juga dapat menyejukkan atau mendinginkan peradangan pada kulit wajah yang berjerawat.

Caranya menggunakannya adalah dengan menghaluskan mentimun kemudian menjadikannya sebagai masker wajah, bisa juga hanya dengan irisan mentimun kemudian tempelkan pada kulit wajah, lalu diamkan sekitar 10-15 menit setelah itu bilas dengan air.

4. Tomat

Tomat memiliki tingkat keasaman yang sangat seimbang dan pastinya baik bagi kulit, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah tingkat keasamannya. Kandungan asam salisilat pada tomat dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

Tomat juga berfungsi sebagai bahan eksfoliasi alami pada kulit untuk mengangkat kotoran pada pori-pori wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah munculnya jerawat baru. Cara mengaplikasikan pada kulit adalah dengan menghaluskannya kemudian tempelkan pada kulit wajah sebagai masker kemudian diamkan dan bilas dengan air.

5. Putih telur

Kandungan enzim lysozim pada putih telur secara efektif dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat, selain itu juga berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih dan menarik kotoran pada kulit wajah yang dapat menimbulkan jerawat.

Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan putih telur sebagai masker wajah atau bisa juga dengan merebusnya kemudian dimakan, vitamin yang terdapat didalamnya akan bekerja di dalam tubuh dan menjadikan kulit yang sehat.