Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peningkatan Pembelajaran Melalui Podcasting

Pengertian Podcast

Podcast adalah rekaman audio yang dapat didengarkan oleh banyak orang. Banyak yang bilang podcast mirip seperti radio, tapi sebenarnya sangat berbeda. Perbedaan paling utama adalah tempat untuk mendengarkannya. Jika radio kita harus mendengarkannya di frekuensi tertentu sedangkan podcast tidak. Dan biasanya radio merupakan siaran langsung, sedangkan podcast merupakan rekaman audio yang bisa diputar berulang-ulang dan biasanya terdiri dari beberapa episode.

Sejarah Podcast

Perekaman audio sebenarnya sudah ada dari dulu. Podcast sendiri mulai muncul sejak tahun 2005. Namun podcast baru mulai populer dan banyak didengarkan oleh orang-orang semenjak tahun 2007.

Podcast berasal dari singkatan “iPod” dan “Broadcasting”. Ipod merupakan salah satu produk dari Apple, sebuah brand yang sangat terkenal dengan inovasinya di dunia teknologi.

Meskipun awalnya hanya bisa didengarkan melalui itunes (yang juga merupakan produk Apple), sekarang sudah banyak layanan musik yang juga menyediakan fasilitas untuk mendengarkan podcast, seperti soundcloud, spotify, anchor, google podcast.

Cara Membuat Podcast

Setelah mengetahui tentang podcast, dan kelebihan dari podcast, pasti kamu langsung ingin membuat podcast. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat podcast dan bisa diakses secara online, kamu membutuhkan hosting. Ada banyak hosting podcast yang bisa kamu gunakan, contohnya ada soundcloud, anchor, dan pippa.io. Tapi yang saya gunakan adalah anchor. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan proses membuat podcast menggunakan anchor. Pada prinsipnya sistem penggunaan dari setiap hosting tidak berbeda jauh.

Kamu bisa langsung menuju website anchor.fm, melalui anchor kamu juga bisa langsung melakukan perekaman audio, atau apabila sebelumnya kamu sudah mempunyai file audio yang mau diposting, kamu bisa langsung menguploadnya di sisi bagian kanan anchor.

Setelah selesai merekam audio atau mengupload file audionya, kamu bisa melakukan beberapa pengaturan seperti “Judul podcast”, “penjelasan podcast”, “kategori”, dan “cover podcast”.

Setelah proses upload selesai, maka kamu tinggal menunggu saja. Selain proses upload yang mudah, kelebihan lain dari anchor yang saya sangat suka adalah podcast yang kita upload di anchor otomatis terupload juga di berbagai penyedia hosting podcast lainnya. Jadi seperti melakukan satu proses pengerjaan sekaligus di satu waktu dan tempat.

Sekali kamu mengupload file audio kamu, maka anchor otomatis akan memposting di beberapa hosting lainnya.

Anchor akan mengirim email pemberitahuan kepada kamu apabila podcast kamu sudah di posting di hosting lainnya.

Pada email tersebut, dapat diketahui bahwa podcast kamu sudah publish di spotify, dan kamu bisa mendengarkannya di spotify.

Setelah podcast kamu tersedia di semua hosting podcast, kamu bisa berpromosi agar podcast kamu di ketahui dan didengarkan oleh banyak orang.

Tips Membuat Podcast


  • Tentukan konten podcast. Podcast yang kamu buat sebaiknya fokus di satu topik. Ini akan membantu pendengar untuk mudah mengenal siapa kamu. Dan akan menunjukkan kalau kamu memang ahli di bidang tersebut. Apabila kamu ingin membuat konten yang berbeda, sebaiknya buat podcast secara terpisah.
  • Buat jadwal rutin kapan kamu memposting podcast kamu, dan disiplin dalam menjalankannya.
  • Dengarkan banyak podcast yang sudah populer untuk merasakan gaya dan kontennya.


Cara Mendengarkan Podcast

Jika kamu menggunakan produk apple (Iphone, Ipod, Ipad, Mac) kamu bisa mendengarkan podcast melalui aplikasi “podcast” bawaan yang ada di gadget kamu. Kamu tinggal buka dan browsing channel apa yang menjadi favorit kamu. Kamu juga bisa mencarinya berdasarkan kategori yang ada di podcast tersebut.

Jika kamu kurang suka dengan tampilan yang ditawarkan oleh aplikasi bawaan Apple tersebut, kamu bisa mencoba aplikasi berbayar seperti Downcast atau Pocket Casts.

Serta jangan lupakan spotify, karena spotify sekarang juga menjadi aplikasi favorit untuk mendengarkan musik dan podcast di Indonesia. Kamu bisa menjadi member premium di spotify agar ketika mendengarkan podcast tidak dipotong oleh iklan yang sangat mengganggu.

Apabila kamu menggunakan perangkat android, kamu bisa mendengarkan podcast di aplikasi yang berbayar maupun yang gratis.

Yang gratis ada “podcast republic” dan “podcast & radio addict”. Sebetulnya aplikasi tersebut tidak sepenuhnya gratis, jadi mari kita sebut saja semi gratis. Karena kedua aplikasi tersebut tetap harus bayar untuk menghilangkan iklan di aplikasinya.

Sama seperti spotify, di mana kamu harus menjadi anggota premium terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan musik dan podcast tanpa diganggu iklan.

Karena saya menggunakan perangkat android, saya lebih suka mendengarkan podcast melalui aplikasi spotify.

Kelebihan Podcast

Berikut ini adalah 3 kelebihan podcast :


  • Podcast bisa didengarkan sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Bahkan kamu bisa mengulang.
  • Tersedia banyak pilihan channel podcast terbaik yang bisa kamu dengarkan dari berbagai kategori.
  • Tidak terdapat iklan yang mengganggu.


Cara Guru meningkatkan pembelajaran melalui podcasting 


  1. Menyiapkan bahan materi ajar dengan baik, memgumpulkan bahan - bahan materi ajar yang relevan dengan tema yang akan disampaikan.
  2. Menulis materi ajar dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran melalui podcasting. Diawali dari salam pembuka sampai penutup.
  3. Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk proses rekaman.
  4. Memulai rekaman podcast dengan rasa percaya diri dan mengakhirinya dengan penuh semangat.
  5. Mengedit hasil rekamannya pada sofware editor.
  6. Mengevaluasi hasil rekaman awal tentang kelebihan dam kekurangannya dan apa yang perlu ditingkatkan dan bagian mana yang perlu dipoles serta perlu mendapat sentuhan kreativitas dan improvisasi.
  7. Menyiapkan bahan untuk rekaman kedua dengan memperhatikan catatan haail evaluasi rekaman yang pertama.
  8. Mengulangi proses 1 sampai 7 setiap hari.
  9. Mengupload dan mengeshare hasil pembuatan podcast di berbagai platform media untuk memudahkan siswa mendengarkannya.