Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghindari Cedera Saat Olahraga

Kebugaran tubuh dibutuhkan setiap insan untuk menjaga kesehatannya. Berolahraga merupakan cara untuk menjaga kebugaran jasmani.
Olahraga apapun yang Anda jalani tujuannya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Jangan sampai olahraga malah membikin kita sakit karena cedera.

Cedera dalam olahraga sering terjadi dikarenakan banyak hal. Untuk meminimalkan cedera yang terjadi saat olahraga Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Pemanasan

Sebelum olahraga yang lebih berat Anda lakukan alangkah baiknya Anda mulai dengan pemanasan supaya otot tubuh menyesuaikan dengan gerakan - grakan tang Anda lakukan. Cedera otot berbahaya bagi tubuh paling fatal Anda tidak bisa bergerak.

2. Minum

Dehidrasi atau kurang cairan saat olahraga berakibat banyak hal. Anda akan lemas dan jatuh tanpa sadar dan pasti anda akan cedera ringan ataupun berat karena jatuh.

3. Makan

Lebih baik Anda makan dulu sebelum olahraga sama dengan minum tanpa makan dan minum tubuh Anda akan lems lunglai dan mudah jatuh dan cedera.

Lakukan olahraga dan latihan gerak tubuh dengan benar. Carilah instruktur olahraga yang tepat untuk membimbing Anda menjadi olahragawan.

Cegah kefatalan cedera dengan menjalani olahraga dengan mengikuti step - stepnya jangan asal berolahraga. Misalkan langsung ikut main bola tanpa latihan dulu atau memahami cara bermain bola karena olahraga yang tidak benar dan baik akan sangat rawan cedera.

Kalau sudah cedera untuk berobat tentu juga tidak murah biaya penyembuhannya dan akan terjadi trauma pada diri Anda untuk berolahraga.

Demikian yang saya sarankan untuk Anda. Semoga bermanfaat. Amiin.