Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara berkebun di rumah saat pandemi covid 19

Sebetulnya banyak sekali kegiatan yang bisa kits lakukan di rumah saat anjuran stay at home. SAlah satunya berkebun.

Berkebun dapat dilakukan di kebun ataupun fi rumah. Kalau Anda memiliki kebun lebih baik bercocok tanam di kebun. Tetapi jika Anda tidak memiliki kebun Anda dapat melakukannya fi rumah.

Bercocok tanam secara hidroponik mungkin sudah sangat mewabah di jagad ini berbagai buku panduan, artikel bahasan, dan video tutorial tentang hidroponik sangat banyak.


Mumpung sekarang ini kita banyak menghabiskan waktu di rumah alangkah baiknya waktu itu kita manfaatkan untuk berkebun.

Tidak usah Anda repot-repot membeli bahan manfaatkan saja benda benda yang sudah tidak terpakai fi rumah Anda.

Banyak bahan bahan plastik yang sudah tidak dipakai misalnya bekas botol minuman air mineral. Mainan anak anak, dan berbagai plastik yang sudah dipakai. Semua bahan tersebut dapat kita manfaatkan untuk bercocok tanam di rumah. Tidak perlulah membeli polybag atau pot.

Media tanam juga tidak usah muluk - muluk harus beli cukup ambil tanah di sekitar rumah. Terapi jika terpaksa harus beli ya beli di toko bunga di sekitar lingkungan Anda.

Benih Anda bisa dapatkan di dapur seperti cabai, bawang, dan yang lainnya. Tetapi jika Anda berkeinginan menanam jenis sayuran atau tanaman lainnya yang tidak ada di dapur Anda bisa membeli benih tansman di toko pertanian terdekat.

Untuk pupuk Anda bisa memanfaatkan ampas teh yang sudah dipsksi, sayuran sayuran yang sudah tidak dipakai dengan cara dipotong kecil kecil arsu fihancurkan, dan micin juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk.

Sudah tidak ada alasan untuk tidak bisa berkebun. Cukup ada kemauan dan memanfaatkan barang barang bekas sebagai bahan dan media tanam Anda sudah bisa berkebun di rumah.

Selain hasil panen yang Anda tanam saat ini kepuasan batin ketika tansman tumbuh berkembang dsn menghasilkan buah yang dapat dipanen.

Rasa syukur terucap tanpa sadar atas segala karunia Allah SWT sang  Penumbuh tanaman. Semoga berguna sebagai motivasi bagi Anda.