Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Badminton Baik untuk Kecerdasan Otak

Secara umum olahraga baik bagi kesehatan fisik dan juga mental. Terkait hal tersebut khususnya olahraga badminton dilaporkan oleh studi terbaru ternyata bermanfaat melatih kecerdasan otak.

Dilansir dari detik.com, Tim peneliti dari  Jepang yang dipimpin oleh Shinji Takahashi dari Tohoku Gakuin University mengatakan badminton menuntut kemampuan pengambilan keputusan dan koordinasi pemain. Otak harus berpikir cepat memprediksi arah shuttlecock dan postur tubuh yang sesuai untuk memukulnya.

Laporan dalam jurnal PLOS One melihat data tes kognitif dari sekitar 20 responden orang dewasa mengalami peningkatan setelah mereka bermain badminton selama 10 menit. Tes melibatkan para responden untuk mencocokkan kata-kata dengan gambar. Sebagai kontrol para responden juga diminta untuk lari di treadmill.

Tuntutan kognitif dalam olahraga badminton dapat mengaktifkan daerah otak yang berkaitan dengan fungsi eksekutif. Efek besar badminton terhadap fungsi eksekutif otak adalah karena olahraga ini menuntut kemampuan kognitif untuk memainkannya.

Terakhir peneliti menyebut masih perlu studi lebih jauh untuk memastikan bahwa efek sama juga terjadi pada orang-orang yang latihan badminton jangka panjang.

Untuk itu bagi Anda yang memiliki bakat dan hobi ber,main bulu tangkis sebaiknya terus ditingkatkan dan dipertahankan untuk terus bermain secara rutin karena sangat membantu dan bermanfaat meningkatkan kemampuan kinerja otak dan pikiran Anda.